Short Stories About My 1st Short Traveling in KL & SG

29 Agustus 2012 adalah hari dimana aku memulai traveling pertamaku keluar negeri. Walaupun hanya di negara tetangga terdekat dari Indonesia tapi tetap saja hal itu memberi banyak pengalaman berharga buatku karena aku melakukannya secara mandiri tanpa ikut dengan travel tour. Aku berangkat bersama sepupuku, Umroh & Ulfah.

Aku menggunakan maskapai penerbangan AirAsia yang tiketnya kubeli beberapa bulan sebelumnya tepatnya pada saat promo. Tiket seharga sekitar 700rb PP (MKS-KL-MKS) sudah termasuk airport tax, skybus dari LCTT-KL Sentral-LCTT, bagasi 15kg, serta asuransi.

Aku berangkat dari Makassar tepat jam 7.30 pm, seharusnya penerbangannya jam 6.30 pm, jadi delay selama 1 jam. Penerbangan berlangsung sekitar 3 jam 10 menit, dan aku tiba di LCCT KL jam 10.50 pm. Lalu melewati pemeriksaan imigrasi Malaysia sekitar 3 menit, setelah itu aku istirahat beberapa jam di LCCT sambil menunggu sky bus terakhir yang beroperasi pada jam 2.45 am dan akan tiba di KL Sentral pada jam 4.00 am. Perlu diketahui, jika kita tiba di KL pada tengah malam sebaiknya memang beristirahat saja dulu di mushallah LCCT dan menaiki skybus yang berangkat paling terakhir yaitu jam 2.45 am dan akan tiba di KL Sentral jam 4 am, karena KL Sentral sendiri berhenti beroperasi pada malam hari sejak jam 12 malam dan tidak ada tempat istirahat disana.

Setibanya di KL Sentral aku langsung menuju ke kounter KLIA transit menuju ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS) tempat beroperasinya bus-bus yang akan ke daerah-daerah Malaysia bagian selatan karena aku akan ke Singapore dengan tujuan Johor Baru (daerah bagian Malaysia yang paling dekat dengan Singapore) dengan menggunakan bus yang paling pertama yaitu jam 7.15 am. Sebenarnya di KL Sentral kita juga bisa menggunakan kereta api (KTM) tapi baru beroperasi pada pukul 08.00 am dengan jarak waktu yang lebih lama dibandingkan bus. Dan tetap akan turun di Johor Sentral tempat imigrasi Malaysia di daerah perbatasan lalu kita bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus seperti SBS 170 atau SJE (Singapore Johor Express). Setelah melewati pemeriksaan di imigrasi Malaysia ambillah bus SBS 170 dengan biaya yang lebih terjangkau (2.40RM) dengan tujuan Johor Baru – Queen Street Terminal Singapore. Simpan karcisnya karena setelah melewati imigrasi Malaysia, beberapa menit kemudian bus akan mengantarkan kita ke Woodlands, tempat imigrasi Singapore berada. Jangan lupa sediakan pulpen karena kita akan mengisi beberapa data & disitu tidak disediakan pulpen sementara orang-orang cukup banyak.

Setelah melewati pemeriksaan imigrasi, lalu turun ke bawah dan naik kembali bus SBS 170 dengan hanya memperlihatkan karcis yang telah dibeli sebelumnya kita bisa tetap melanjutkan perjalanan sampai ke kota Singapore. Perjalanan sekitar 1 jam dan akan turun di daerah Queen Street yang sangat dekat dengan Bugis MRT & berada di kawasan Bugis. Tidak perlu takut tersesat di Singapore karena petunjuk arah sangat jelas. Jika bingung cukup bertanya pada orang yang ditemui karena mereka cukup welcome & akan menjelaskan sejelas-jelasnya.

Seperti halnya aku, bertemu dengan seorang bapak warga melayu singapure yang bekerja di malaysia & kebetulan saat itu dia pulang ke singapore. Kami bertemu sejak di bus SBS 170 lalu di imigrasi & akhirnya bertemu lagi di bus SBS 170 yang sama, namanya bapak Abd. Rahim. Sepanjang perjalanan dia menceritakan padaku tentang Singapore, bahkan dia bersedia mengantarkanku sampai di depan jalan menuju penginapanku saat kami sama-sama turun di Queen Street Terminal. Tuhan memang Maha baik & memberikan pertolongan pada hambaNya tepat pada waktunya….^^