Seoul Story #1 ~ Intro

22 Juni 2013…adalah hari yang cukup bersejarah dalam hidupku karena itu adalah hari dimana aku akan terbang ke tempat impianku, Seoul yang jauh disana. Sebenarnya rencana ini sudah ada sejak beberapa tahun sebelumnya, tapi sayang tidak ada teman yang bisa diajak kesana. Di pertengahan bulan maret aku iseng buka fp Claudia Kaunang & dari situ aku dapat info tentang travelling ala backpaker ke Korea yang diadakan oleh my new friend, Anggie. Aku langsung menghubungi contact numbernya, dan mengundangnya di bbm…akhirnya dalam waktu singkat aku sepakat untuk join di travelling yang diadakannya di musim summer karena aku juga kerja jadi aku harus menyesuaikan dengan waktu liburan, yaitu di akhir juni.

Selain modal finansial yang harus mendukung, juga dibutuhkan keberanian yang tinggi. Kenapa? karena orang-orang yang akan kutemani travelling kali ini adalah orang-orang yang baru akan aku kenal setelah sampai disana, begitu banyak pemikiran & pertimbangan-pertimbangan tapi aku yakin ini akan jadi awal bagiku untuk menetapkan Korea sebagai negara terjauh sekaligus sebagai tempat aku menghabiskan masa-masa liburanku. Minimal sekali setahun aku harus memanjakan diriku ke tempat yang aku sukai. Dan aku meyakinkan diriku bahwa ini akan jadi hal yang menyenangkan & tidak akan terlupakan meski aku kesana tidak bersama orang-orang terdekatku.

Hal pertama yang aku siapkan tentu saja membeli tiket. Karena aku member AirAsiaId aku dengan mudah mendapatkan info promo. Dan kebetulan pada saat itu ada promo untuk periode terbang mulai bulan maret hingga agustus 2013. Aku lalu hunting…ada 3 kota tujuan yang aku cek. Jakarta-Seoul-Jakarta, Bali-Seoul-Bali, dan Surabaya-Seoul-Surabaya. Hmm..kenapa aku tidak memilih saja penerbangan langsung Makassar? karena tohh semua akan transit di KL? Berhubung aku tidak memakai credit card, dan aku bingung dengan cara pembayarannya maka aku memutuskan berangkat dulu dari salah 1 kota dari 3 kota tersebut. Dan setelah kucek ternyata semua harganya sama. Akhirnya aku memutuskan berangkat dari Surabaya. Selain aku ingin mengunjungi tanteku yang berdomisili disana, jarak tempuh penerbangan Makassar-Surabaya yang paling singkat jadi aku memutuskan untuk lewat Surabaya. Lalu bagaimana dengan tiketku dari Makassar ke Surabaya? Hmm…itu urusan nanti…tunggu aja promo selanjutnya, insya Allah pasti ada.

Akhirnya dengan Bismillah aku membeli tiket PP Surabaya-Seoul-Surabaya yang akan transit di Kuala Lumpur. Lalu aku menghubungi kembali Anggie untuk mengkonfirmasi tentang tiketku yang sudah issued. Yeah…1 langkah telah dilakukan…masih ada waktu untuk menabung dan mari kita menabung sampai bulan juni…^^

Lalu soal visa, aku mengurus visa di awal bulan mei. Itu semua pun dibantu sama Anggie yang berdomisili di Bekasi. Biayanya 500 ribu rupiah. Cukup murah ketimbang aku harus ke Jakarta. Dokumen-dokumen yang diminta pun tidak ribet. Trus tentang tabungan, banyak rumor yang mengatakan jika ingin visa Korea kita goal kita harus punya tabungan minimal belasan juta di tabungan. Hmm,, itu tidak benar. Itu terbukti dengan visa teman saya, Tika yang isi tabungannya hanya 4 juta rupiah & paspornya masih bersih alias belum pernah keluar negeri, tapi Alhamdulillah visanya bisa keluar. Aku juga baru tahu waktu di Seoul. Kebetulan Tika itu solo traveller, dan tidak ikut bersama rombongan kecil kami. Tapi salah 1 dari temanku yang berangkat duluan sehari ke Seoul bertemu dengan Tika & akhirnya kami berkenalan & dia pun bercerita tentang visanya. Dia bahkan mendapat visanya 4 hari sebelum berangkat ke Seoul…Jadi asal syarat-syarat terpenuhi tidak perlu juga terlalu heboh dengan tabungan yang musti belasan bahkan puluhan juta baru bisa kesana. So what u’re waiting for….go pack your bag n let’s go travelling around South Korea, esp. Seoul ^^

Gambar

Advertisements

3 comments

  1. aduh unni pngen bngt ka jg ikuut. kapan2 klo ada lgi ksih tau ka jg nah unn, pngen.bngt ka jg kyak gtu.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s