Joo Won, si Dokter Autis di Good Doctor

Joo Won ~ Good Doctor

Serial Good Doctor produksi KBS2 yang mulai tayang sejak  5 Agustus 2013 dan menempati slot penayangan setiap hari senin – selasa dan direncanakan diproduksi sebanyak 20 episode ini lagi-lagi menuai rating yang bagus berkat akting memikat dari Joo Won yang juga dijuluki sebagai “Prince of Rating” karena aktingnya yang total sebagai Park Shi On, seorang dokter ahli pediatrik yang juga mengalami autisme tetapi sangat perduli terhadap pasien-pasiennya meskipun orang-orang di sekelilingnya meragukan kemampuannya.

Walaupun begitu, dia mempunyai kemampuan diagnosa yang tepat yang belum tentu dokter-dokter yang lebih senior darinya bisa mendapatkan diagnosa seperti itu. Mungkin kedengarannya seperti manusia super di balik keterbatasannya sebagai seorang penderita autis sejak kecil. Namun justru pengalaman masa kecilnyalah yang membuatnya ingin menjadi seorang dokter yang benar-benar total dan berdedikasi.

Berawal dari kelincinya yang mati, dan dia mengekspresikan kesedihannya hanya dengan menatap lama si kelinci dan percaya bahwa kelincinya telah hidup tenang di surga. Tidak lama kemudian, kakak laki-laki satu-satunya, yang paling dicintainya meninggal tepat di sampingnya ketika mereka berada di dalam terowongan pertambangan karena kehabisan oksigen. Sang kakaklah yang selama ini menyemangatinya untuk menjadi seorang yang pemberani di balik keterbatasannya. Pada saat ulang tahunnya, sang kakak memberinya 1 set mainan peralatan kedokteran dan berkata, “kau pasti akan bisa menjadi dokter yang hebat.” Sejak saat itulah Park Shi On kecil mulai belajar ilmu kedokteran secara otodidak di bawah bimbingan Dr. Choi yang saat itu bertugas di kampung halamannya.

Dr. Choi akhirnya mengangkatnya sebagai anak yang pada akhirnya saat Park Shi On sudah resmi menjadi dokter residen tahun pertama, dia bertugas di rumah sakit tempat Dr. Choi bekerja sebagai direktur di rumah sakit tersebut. Tentu saja saat Dr. Choi merekomendasikan Park Shi On untuk masuk sebagai dokter residen, hal ini menimbulkan kontroversi. Semua meragukan kemampuan Park Shi On. Akhirnya Dr. Choi memberikan jaminan bahwa dia akan mempertaruhkan jabatannya jika dalam waktu enam bulan, Park Shi On gagal menjalankan tugasnya sebagai dokter residen di departemen bedah anak.

Dalam suatu acara TV Show di KBS2, “Happy Sunday 1 Night 2 Days,” Joo Won membicarakan aktingnya sebagai penderita savant syndrome (autism). Dia berkata bahwa dia berperan sebagai seseorang yang menderita Savant Syndrome dimana kondisinya  mengalami cacat mental yang serius tetapi dapat menunjukkan kemampuan luar biasa yang jauh melebihi apa yang dianggap normal. Karakter Park Shi On, memiliki gangguan autistik dan sosial yang canggung, tetapi juga adalah seorang jenius di bidang kedokteran yang digelutinya. Joo Won telah mewakili karakter yang sempurna, tapi ia mengatakan bahwa ada banyak kesulitan dan membuatnya selalu terus belajar.

Untuk memperkuat aktingnya, 2 bulan sebelum syuting,  Joo Won telah melakukan observasi dengan bertemu seorang dokter spesialis anak yang menangani autisme. Tekadnya sangat kuat untuk memerankan seorang dokter yang bisa mengalihkan pandangan miring orang-orang tentang seorang penderita autisme yang akhirnya bisa menjadi seorang dokter ahli bedah anak.

Dan terbukti, totalitasnya tidak diragukan. Joo Won lagi-lagi berhasil memerankan karakter dokter Park Shi On dan aktingnya menuai pujian dari banyak fans. Ditambah lagi di drama ini dia beradu akting dengan aktris, Moon Chae Won sehingga rating drama ini terus merangkak naik dengan cerita yang selalu membuat penonton tidak sabar untuk menyaksikan kelanjutannya setiap minggunya. Jadi bagi pencinta drama korea, drama ini sangat direkomendasikan ^^

Joo Won~Park Shi On

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s