Mengenal Budaya Korea di Incheon Airport

Incheon Airport adalah bandara internasional di Korea Selatan yang merupakan salah satu dari bandara terbaik di dunia. Mengapa dikatakan demikian? Ini berdasarkan hasil survei dan pengalaman dari orang-orang yang sudah pernah merasakannya. Saat sedang transit berjam-jam di bandara Incheon kita bisa berjalan-jalan di area bandara dan mengunjungi spot-spot kebudayaan Korea yang terdapat di bandara itu, seperti :

korean cultural street at incheon airport

Korean Cultural Street

Lokasi : Terminal penumpang 4F (Passenger Terminal 4F)

Jam operasi : 7:00 – 22:00

Terletak di titik tengah di lantai 4F Terminal Penumpang , Korean Cultural Street mengakomodasi konstruksi tradisional seperti rumah tradisional Giwa yang beratap ubin  dan Jeongja (paviliun). Saat memasuki tempat ini kita akan melihat sebuah taman. Tempat ini menawarkan pemandangan yang luas dari terminal penumpang , Jeongja, dan rest area di mana orang-orang dapat bersantai. Selain itu, kita dapat menikmati makanan ringan food street seperti deokbokki di kafe tradisional. Juga ada  Everysing, toko yang menjual souvenir bintang-bintang Korea. Ini adalah tempat di bandara di mana kita dapat menemukan pengalaman unik tentang tradisi Korea. Acara budaya tradisional juga dijadwalkan secara rutin seperti konser musik klasik Korea dan atraksi Raja dan Ratu yang mengunjungi Putrinya yang menikah dengan keluarga bangsawan. Tempat ini menjadi salah satu tempat simbolis di Bandara Incheon.

atraksi budaya Kerajaan Korea di Incheon Airport
atraksi budaya Kerajaan Korea di Incheon Airport
atraksi budaya Kerajaan Korea di Incheon Airport
atraksi budaya Kerajaan Korea di Incheon Airport

Korean Cultural Museum

Lokasi : Di tengah terminal 4F (Center 4F, Concourse)

Jam operasi : 7:00 – 22:00

Bekerjasama dengan National Museum of Korea, Bandara Incheon mengoperasikan tempat ini sebagai sarana memperkenalkan keagungan budaya Korea dan seni untuk wisatawan asing , sekaligus memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung bandara. The Cultural Museum of Korea terletak di Transfer Lounge 4F di terminal yang baru. Museum ini menampilkan koleksi indah peninggalan 5.000 tahun yang lalu. Tema utama museum ini mencakup budaya kerajaan, kesenian & tradisi, korean alphabet heritage , dan musik tradisional. Dalam pameran budaya kerajaan, barang kehidupan sehari-hari dan kostum dari Dinasti Joseon dipamerkan, serta barang antik dari dalam dan luar istana kerajaan . Beberapa artefak budaya di periode Konfusianisme juga dipamerkan. Pada bagian musik tradisional , kita dapat melihat dan mendengar alat musik tradisional Korea seperti Jang-gu (drum berkepala dua yang terjepit di tengah), Dae-geum (seruling bambu melintang besar), dan Buk (drum) melalui sistem seni media modern.

Pagoda~salah satu atraksi budaya yang ditampilkan di musium kebudayaan Korea di Incheon Airport
Pagoda~salah satu atraksi budaya yang ditampilkan di musium kebudayaan Korea di Incheon Airport

Traditional Culture Experience

Lokasi : 2 lokasi di Terminal Penumpang 3F (Passenger Terminal 3F) & 1 lokasi di Terminal baru

Jam operasi : 7:00 – 22:00

Bandara Incheon telah mengoperasikan Traditional Culture Experience  Zone sejak September 2004 untuk mempromosikan budaya tradisional Korea ke khalayak global. Pada tahun 2008, jumlah pengunjung di tempat ini melebihi 100.000, yang menunjukkan popularitas objek wisata ini di bandara utama. Tempat ini terletak di dekat gate 31 di Duty Free Arcade di lantai 3 terminal penumpang. Dengan adanya terminal baru di sebelah barat, Bandara Incheon telah menambah satu Traditional Culture Experience  Zone di dekat gate 24. Di tempat ini kita dapat belajar bagaimana membuat artefak tradisional seperti pensil , kipas , dan ” tas keberuntungan ” dari Korea Cultural Heritage Foundation, dan kerajinan yang telah dibuat itu bisa dibawa pulang. Kita juga dapat menikmati pertunjukan tradisional, termasuk tari topeng dan pertunjukan 12 senar harpa Korea. Tidak dipungut biaya/gratis untuk semua penumpang yang akan berangkat dari bandara Incheon dan penumpang yang transfer/transit di bandara Incheon. 

pertunjukan harpa 12 senar di Traditional Culture Experience, Incheon Airport
pertunjukan harpa 12 senar di Traditional Culture Experience, Incheon Airport

#WowKoreaSupporters

Referensi dari :

http://www.airport.kr/iiacms/pageWork.iia?_scode=C2605010500

http://darjapan.blogspot.com/2013/05/incheon-international-airport.html#.UmOKfHB5D-8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s