Menikmati Suasana Tradisional Korea Di Sepanjang Jalan Insa-dong, Seoul

Insa-dong yang berada di distrik Jongno menjadi salah satu tempat yang popular di kalangan wisatawan saat berada di Seoul. Di masa Dinasti Joseon (1392-1910), jalan ini didominasi oleh pelukis (Dohwawon), dan hal itu masih berlangsung sampai sekarang. Sehingga di sepanjang jalan ini sering diadakan acara festival seni yang diadakan setiap akhir pekan, yaitu di setiap hari Sabtu dari pukul 14:00-22:00 dan Minggu dari pukul 10:00-22:00. Di mana pada hari itu kendaraan tidak diperbolehkan melewati jalan ini agar wisatawan dapat melihat-lihat dengan puas atraksi wisata bernuansa tradisional yang terdapat di tempat ini. Wisatawan asing pun banyak yang ikut terlibat dalam kemeriahan sukacita festival jalanan ini.

Gambar

Gambar

Insa-dong street (Insa-dong gil) adalah jalan utama di area ini yang terbentang sekitar 700 meter antara Anguk-dong dan Tapgol Park (Jongno 2-ga). Walking street dapat dilakukan dengan berjalan dari Anguk Station (Subway Line no. 3, exit 6). Berjalan lurus melewati Jongno Police Station dan mulailah menyusuri jalan-jalan kecil  (gang) di sekeliling Insa-dong street  dimana kita bisa merasakan atmosfir tradisional Korea lewat toko-toko antik yang unik yang menjual barang-barang tradisional seperti hanbok (pakaian tradisional), hanji (kertas tradisional), teh tradisional, keramik, dan kerajinan khas Korea. Juga terdapat sekitar 100 galeri seni, kedai teh tradisional, dan restoran-restoran khas Korea yang semuanya terdapat di gang-gang itu.

Gambar

Gambar

Gambar

Ada pula sebuah kompleks perbelanjaan yang populer, yaitu Ssamzie-gil  yang dirancang sedemikian rupa dengan interior yang unik dan terdapat toko-toko, café, restoran, dan sebuah taman kecil di lantai paling atas (lantai 4).

Gambar

Gambar

Tahu dengan lagu Seoul Song yang dipopulerkan oleh Super Junior dan SNSD?, nah tempat ini juga menjadi salah satu lokasi syutingnya di mana member Super Junior yang terlibat di lokasi ini adalah Sungmin, Donghae, Ryeowook, serta SooYong SNSD.

scene Donghae & SooYoung di Ssamziegil, Insadong

Info selengkapnya tentang Ssamzie-gil bisa dilihat di link ini http://discoveringkorea.com/110706/insadongs-cheerful-ssamzie-gil-complex/ .  Ada pula alternatif lain untuk memulai walking street, yaitu dengan memulainya dari Jonggak Station (Subway line 1, exit 3) dengan berjalan lurus melewati gedung Jongno Tower dan mulailah bereksplorasi di area yang penuh dengan nuansa tradisional Korea ini.

Selain itu, terdapat pula peninggalan sejarah di area Insa-dong ini,  seperti :

Jogyesa Temple

Gambar

Untuk menuju tempat ini ada 3 jalur subway yang bisa dilewati, yaitu :

  1. Jonggak Station (line 1, exit 2). Jalan ke depan sekitar 70m, kemudian menyeberang jalan dan berjalan lagi sekitar 100m untuk sampai di kuil ini.
  2. Anguk Station (line 3, exit 6). Jalan sekitar 50m ke depan, kemudian menyeberang jalan di depan Dongduk Galery, lalu berjalan lagi sekitar 50m untuk sampai di kuil ini.
  3. Gwanghwamun Station (line 5, exit 2). Jalan sekitar 150m ke depan di mana kuil ini terletak antara YTN Parkir Tower dan Hana Bank.

Info selengkapnya : http://visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=264352

Unhyeongung Palace merupakan kediaman pribadi keluarga Kaisar Gojong. Ada beberapa event yang sering diadakan di istana ini, seperti atraksi pernikahan keluarga kerajaan antara King Gojong dan Queen Myeongseong, fashion show  pakaian ala kerajaan, dan beberapa atraksi lainnya. Info selengkapnya : http://www.visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=264223

Gambar

Gambar

Untuk mencapai tempat ini dengan menggunakan subway yang menuju ke Anguk Station (line 3, exit 4) dan berjalan sekitar 50m dari stasiun.  Atau bisa pula dengan subway yang menuju ke Jongno 3 (sam)-ga Station (line 1, 3, 5, exit 4) dan berjalan sekitar 300m menuju Anguk Station.

Tapgol Park dikenal pula sebagai Pagoda Park, terletak di lokasi bekas Kuil Weongaksa di era dinasti Joseon dan merupakan taman modern pertama yang dibangun di Seoul.

Gambar

Untuk mencapai tempat ini dengan menggunakan subway yang menuju ke Jongno 3 (sam)-ga Station (line 1, 3, 5, exit 1). Berjalan sekitar 5 menit menuju Jonggak. Info selengkapnya : http://visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=264603

#WowKoreaSupporters

Other Reference :

http://www.visitkorea.or.kr/enu/SH/SH_EN_7_2_2_1.jsp

http://id.wikipedia.org/wiki/Insadong

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s