Atraksi Wisata di Kota Suwon, Gyeonggi-do

Berkunjung ke kota Suwon yang terletak di propinsi Gyeonggi (Gyeonggi-do) sangat disarankan saat kalian berada di Korea Selatan. Jika diamati dengan baik berdasarkan peta, ternyata Seoul terletak di wilayah Gyeonggi-do. Tetapi sejak tahun 1946 telah dipisahkan secara administratif karena Seoul dijadikan ibukota negara Korea Selatan. Karena pertimbangan letak yang tidak begitu jauh dari Seoul maka kita bisa mengunjungi 2 (dua) atraksi wisata yang terkenal di kota ini, yaitu Hwaseong Fortress dan KBS Suwon Studio. 

Hwaseong Fortress

Sebuah benteng peninggalan dinasti Joseon yang merupakan salah satu warisan budaya dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1997. Benteng ini sempat dihancurkan di masa invasi Jepang dan perang Korea, lalu kemudian direkonstruksi kembali pada tahun 1979 berdasarkan Hwaseongseongyeokuigwe (catatan prosedur rekonstruksi benteng Hwaseong) sehingga pembangunannya dilakukan secara sistematis dan terstruktur dengan baik sesuai dengan aslinya. Benteng ini dibangun di masa pemerintahan Raja Jeongjo yang pembangunannya dimulai pada tahun 1794 – 1796.

Hwaseong Fortress merupakan bukti kemajuan dalam bidang teknik sipil di Korea pada masa itu dengan penggunaan teori teknis dan aplikasi di mana penggunaan sejumlah besar uang dan tenaga kerja dalam skala besar  (±700.000 orang) menjadi bagian dari proyek pembangunan ini  dan hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.

photo source : unesco.org

Terdapat pula istana Haeunggung yang menjadi tempat peristirahatan Raja dan tempat diadakannya upacara peringatan-peringatan.  Istana ini  dibangun atas ide Raja Jeongjo yang ingin menjadikan Suwon sebagai ibukota kedua di masa dinasti Joseon. Istana ini menjadi semakin terkenal dan menjadi atraksi wisata yang populer di Suwon setelah drama Jewel In The Palace (Dae Jang Geum) mengambil setting di istana ini. Salah satu atraksi yang diadakan di istana ini adalah upacara pergantian pengawal Kerajaan yang dilakukan di depan pintu gerbang depan setiap hari minggu mulai dari bulan April hingga Oktober.

Haenggung Palace, Suwon

*) photo source : http://alexfahey.blogspot.com/2013/08/suwon-hwaseong-haenggung-palace.html

Untuk menuju ke tempat ini bisa dilakukan dengan 3 pilihan sebagai berikut :

  1. Menggunakan subway yang menuju ke Suwon Station (Line 1, exit 6), lalu menyeberang jalan, belok kanan, dan berjalan sekitar 100m ke halte bus Yeokjeon Market lalu mengambil bus bernomor kode 7, 7-2, atau 32-1 dan turun di Hwaseong Haeunggung.
  2. Menggunakan bus dari Jamsil Station (Line 2) yang bernomor kode 1.007 dan turun di Hwaseong Haenggung Station. Bus pertama berangkat pukul 05.00 dan datang setiap 8 – 12 menit sekali.
  3. Menggunakan bus dari Gangnam Station (Line 2) yang bernomor kode 3.000 dan turun di Buksu-dong Station. Bus pertama berangkat pukul 06.00 dan datang setiap 20 menit sekali.

Biaya yang dikenakan :

  • Individu : Dewasa 1.500 won / Remaja 1.000 won / Anak-anak 700 won
  • Grup (lebih dari 20 orang) : Dewasa 1.200 won / Remaja 800 won / Anak-anak 500 won

Reference From :

http://english.visitkorea.or.kr/enu/CU/CU_EN_8_8_9_1.jsp

http://www.visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=264410

KBS Suwon Studio

photo source : KTO
photo source : KTO

Tempat berikutnya yang bisa dikunjungi adalah KBS Suwon Studio Center. Tidak bisa dipungkiri jika banyak penggemar Korea mengawali kegemarannya itu dari menonton k-drama. Berkunjung ke studio ini adalah salah satu pilihan yang tepat. Studio yang digunakan oleh stasiun TV KBS untuk keperluan syuting sebagian besar drama-dramanya beralamat di 123, Ingye-ro, Paldal-gu, Suwon-si, Gyeonggi-do . Kita bisa melakukan tur ke studio yang luas ini dan melihat set-set dramanya baik yang indoor maupun yang outdoor. Baik drama bertema historis (saeguk) maupun drama modern.

photo source : http://modernseoul.org/2012/02/08/kbs-television-studios-in-suwon-south-korea/

Tidak dikenakan biaya alias free untuk mengunjungi studio ini tetapi kita harus melakukan reservasi terlebih dahulu paling lambat 3 hari sebelum waktu kedatangan melalui e-mail ke tour@kbs.co.kr dengan menuliskan nama-nama pengunjung beserta rincian kontak.  Tetapi sebelum melakukan registrasi via e-mail, kita harus terdaftar sebagai member dari KBS dan itu juga gratis alias free dengan masuk ke link ini http://sso.kbs.co.kr/SSO/KBSWeb/foreign/OverseaPermission.aspx

Selain itu, bawalah passport sebagai kartu identitas yang harus ditunjukkan saat memasuki  studio ini.  Perlu diperhatikan juga, jika kalian tiba-tiba berubah pikiran atau ingin membatalkan kunjungan ke tempat ini, kalian harus mengkonfirmasi lagi melalui e-mail tentang pembatalan ini minimal 3 hari sebelumnya. Selain itu, pengunjung harus on time jika ingin berkunjung ke tempat ini, serta tiba di tempat ini  minimal 20 menit sebelum waktu yang ditentukan mengingat banyaknya wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini.

Disediakan tour guide yang akan memandu kalian dengan waktu kunjungan sebagai berikut :

  • Untuk individual tour : setiap hari Sabtu, pukul 10.30 / 13.30 /15.30

  • Untuk group tour (minimal 10 orang, maksimal 30 orang)  dengan waktu kunjungan sebagai berikut :

  • Senin : 10.00 / 15.00
  • Selasa – Jum’at : 10.00 / 13.30 / 15.00 / 16.30

Studio ini akan tutup pada hari libur nasional.

Untuk menuju tempat ini dengan menggunakan subway dan turun di Suwon Station (Line 1, Exit 4). Setelah itu naiklah bus bernomor kode 2-1, 9, 82-2, atau 83 dan turun di depan Baeksong Hospital kemudian menyeberang jalan dan sampailah di depan studio KBS Suwon.

Reference from :

http://english.kbs.co.kr/about/faq.html

http://visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=1066109

http://sgkidstravel.blogspot.com/2012/09/kbs-suwon-center-suwon-korea.html

Selain itu, pihak KTO juga memberikan itinerary sebagai bahan referensi bagi kalian yang ingin berkunjung ke Suwon. Jadi, city tour-nya dimulai di Suwon station -> Seojangdae -> Hwaseomun Gate -> Hwahongmun Gate -> Hwaseong Haenggung Palace -> Yeonmudae -> KBS Suwon Center. Info selengkapnya bisa dilihat di link ini : http://english.visitkorea.or.kr/enu/TR/TR_EN_5_5_13.jsp

#WowKoreaSupporters

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s