Dongdaemun History And Culture Park

Gambar
photo source : artsytechture.wordpress.com

Dongdaemun merupakan tempat yang sudah sangat familiar namanya. Jika mendengar kata ini pikiran kita otomatis akan tertuju pada shopping area yang memang sangat terkenal di sana. Tapi tahukah kalian jika di area ini juga terdapat sebuah taman bertema sejarah dan budaya Korea yang bernama Dongdaemun History and Culture Park. Di jaman Dinasti Joseon, bangunan asli taman ini merupakan salah satu bagian dari benteng/tembok yang mengelilingi pusat kota Seoul yaitu Seoul Fortress Wall yang dibangun di masa pemerintahan awal dinasti Joseon di tahun 1396 dan pembangunannya bertahap mulai dari masa pemerintahan King Taejong, King Sejong, dan King Sukjong. Tetapi di masa invasi Jepang di tahun 1925, dinding benteng ini dihancurkan. Lalu setahun kemudian, tentara Jepang membangunnya kembali menjadi stadion Gyeongseong untuk merayakan pernikahan Putra Mahkota Jepang.

Selama bertahun-tahun, stadion akhirnya diubah namanya menjadi Dongdaemun Stadion dan telah menjadi salah satu bagian dari kota Seoul sebelum akhirnya direnovasi pada September 2006 oleh pemerintah kota. Stadion ini dulunya adalah stadion olahraga pertama di Korea Selatan, tetapi karena pada akhirnya tidak terurus sehingga pemerintah kota berinisiatif untuk merenovasinya menjadi sebuah taman. Tujuan pembangunan taman ini adalah untuk melestarikan nilai sejarah dari situs aslinya yang merupakan bagian dari Seoul Fortress Wall serta menyajikan visi masa depan kota sebagai pemimpin industri kreatif di abad ke-21.

Gambar
photo source : english.seoul.go.kr

Lalu pemerintah kota mengadakan kontes pemilihan desain internasional untuk proyek Dongdaemun History and Culture Park yang akhirnya kontes ini dimenangkan oleh seorang arsitek kelahiran Irak-Inggris bernama Zaha Hadid. Juri menilai bahwa desainnya memiliki konsep yang unik. Setelah direnovasi, dilakukan pula penggalian untuk mengembalikan bagian dari dinding benteng yang telah dihancurkan.  Akhirnya  pada 27 Oktober 2009, taman ini pun dibuka secara resmi untuk umum.

Taman dijadikan sebagai area pameran outdoor dan merupakan area restorasi dari Seoul Fortress Wall dimana pada saat penggalian, ditemukan teknik pembangunan benteng yang berbeda dari masa pemerintahan 3 Raja, yaitu King Taejong, King Sejong, dan King Sukjong. Ditemukan pula Hadogam yang dulunya merupakan pusat pelatihan militer dari pengawal kerajaan, dan Igansumun gate, yaitu sebuah pintu air yang dulunya digunakan untuk menampung aliran air dari gunung Namsan.

Gambar

Gambar

*) photo source : http://tour.junggu.seoul.kr

Di sekitar taman terdapat pula beberapa bangunan seperti :

Event Hall

Di tempat ini pengunjung dapat datang bersama-sama dan berbagi ide tentang desain, arsitektur, fashion, seni, budaya, dan sejarah. Setiap bulan diadakan pula pameran  dengan tema yang berbeda. Di luar ruangan terdapat teater mini dan kafe.

Dongadaemun History Hall

Museum ini dibangun untuk melestarikan dan menunjukkan peninggalan sejarah yang telah digali dari situs selama masa konstruksi/renovasi dari Dongdaemun History and Culture Park. Sekitar 2.778 item bersejarah telah ditemukan dari hasil penggalian tersebut.

Dongdaemun Stadium Memorial

Tempat ini dibangun untuk menghidupkan kembali memori masyarakat tentang stadion Dongdaemun dan daerah sekitarnya di masa lalu. Kita juga dapat mengetahui informasi tentang event-event olahraga yang pernah diselenggarakan di tempat ini selama bertahun-tahun yang lalu.

Dongdaemun Design Plaza (DDP)

Tempat yang direncanakan untuk dibuka di bulan Maret 2014 ini dan terletak di bagian barat taman, dibangun dengan tujuan sebagai pusat desain industri kreatif di abad ke-21, seperti fashion, budaya, dan seni. Bangunannya terdiri dari 4 lantai dan 3 basement, dimana nantinya DDP akan terdiri dari ruang seni, museum, pameran, pusat bisnis, dan fasilitas menarik lainnya.  Selain itu, mengingat imej area Dongdaemun sebagai salah satu dari must visit place in Seoul, maka nantinya tempat ini akan dibuka 24 jam lho ^^

Gambar
photo source : english.seoul.go.kr

Dongdaemun History and Culture Park ini, selain difungsikan sebagai sarana relaksasi, juga pengunjung akan mendapatkan pengalaman untuk menghidupkan kembali masa lalu Korea melalui peninggalan sejarah yang berguna untuk studi arsitektur, dan pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kurva berbentuk unik dan garis miring dari bangunan Dongdaemun Design Plaza.

Jadi, jika kalian berada di Seoul, tidak ada salahnya kalian mengunjungi tempat ini. Apalagi tidak dikenakan biaya alias gratis (FREE) untuk mengunjungi tempat yang juga sangat mudah dijangkau dengan menggunakan subway. Cukup mengambil subway dengan tujuan Dongdaemun History and Culture Park Station (line 2, 4, atau 5) dan keluar dari exit 1 atau 2. Sangat mudah kan? Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 10:00 – 21:00, kecuali pada hari-hari perayaan tertentu (new year’s day, Lunar new year’s day, dan Chuseok day). Oh ya, Tempat ini juga dekat dari Cheonggyecheon Stream lho! Jadi jika kalian keluar dari exit 14 di subway station ini, maka kalian akan mendapati Cheonggyecheon Stream yang view-nya juga tidak kalah menarik ^^

Gambar
photo source : rjkoehler.com

Reference From :

http://www.exploringkorea.com/dongdaemun-history-culture-park/

http://english.seoul.go.kr/cav/att/ddp.php

http://tour.junggu.seoul.kr/tour/eng/h03_tour/h31_recom_07.jsp

#WowKoreaSupporters

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s