Suncheon Open Film Set

Image
photo source : http://acouplevagabonds.com/suncheon-open-film-set/

Ingin melihat set film terbesar yang berlatar Korea Selatan khususnya Seoul di masa lalu? Berkunjunglah ke kota Suncheon (순천) yang terletak di propinsi Jeolla (Jeollanam-do) tepatnya di Suncheon Open Film Set. Tempat ini terdiri dari 3 area yang masing-masing mewakili era yang berbeda dari tahun 1950-an hingga 1970-an dan terdapat sekitar 200 rumah.

Bangunan-bangunan di masa lalu itu dibuat dengan sempurna. Ada teater utama, toko, pabrik, stasiun, dan lain sebagainya. Kita juga bisa melihat bangunan-bangunan kota Seoul, seperti area daldongne (kota perumahan bagi keluarga miskin di daerah yang menanjak di Seoul) dan area-area belanja di pinggiran kota. Kita bisa menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di sepanjang jalan yang menanjak, berjalan di antara rumah yang satu dengan yang lainnya, dan merasakan pengalaman hidup sebagai orang Korea di masa lalu. Pemandangan dari atas bukit akan nampak fantastis. Bangunan-bangunan tersebut memang real walaupun ada juga beberapa yang dibuat hanya dari busa plastik (plastic foam) dan itupun nampak sangat real 😀

Image

Image
photo source : http://tours.suncheon.go.kr/tour/thema/0003/0001/0001/

Kita juga bisa masuk ke dalam bangunan rumah tua dan melihat kamar tidurnya sambil mencicipi buchimgae (makanan yang ditumis/digoreng) dan dotorimuk (acorn gelatin) di kedai makanan tradisional Korea. Di musim semi (spring), Woldeung Orchard yang berada di luar menampilkan view yang indah dan menarik dengan aprikot dan bunga berwarna peach yang mekar di musim ini.

Gambar-gambar lain yang menarik dari set film ini bisa dilihat di link di bawah ini :

http://acouplevagabonds.com/suncheon-open-film-set/

http://travellerelf.blogspot.com/2013/10/day-trip-out-of-seoul-suncheon-suncheon.html

Beberapa drama dan film yang mengambil setting di tempat ini antara lain :

  • Love and Ambition
  • East Of Eden
  • Baker King Kim Tak Gu (Bread, Love, and Dreams)
  • Love Rain
  • Sunny (Korean Movie)
  • Running Man Ep. 116 (Variety Show)

Tempat ini beroperasi mulai pukul 09:00 – 18:00 dengan biaya masuk :

  • Dewasa : 3.000 won / Remaja : 2.000 won / Anak-anak : 1.000 won (per individu)
  • Dewasa : 2.500 won / Remaja : 1.500 won / Anak-anak : 800 won (per grup, minimal 20 orang ke atas)

Cara untuk menuju ke tempat ini :

  • Naik subway menuju ke Express Bus Terminal Station (Line 3, 7, atau 9), Exit 1 atau 2. Begitu tiba di sana, ikuti tanda jalur Gyeongbuseon yang terdapat di mana-mana. Line 3 menawarkan rute yang lebih mudah menuju ke terminal bus antar kota (Intercity Bus). Setibanya di terminal bus antar kota tersebut, ambillah bus yang menuju ke terminal bus Suncheon (Suncheon Intercity Terminal). Perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam.
  • Setibanya di Suncheon Intercity Terminal,menyebranglah di jembatan penyebrangan yang terletak di sebelah kiri terminal untuk menuju ke halte bus dan ambillah bus bernomor 77, 99, atau 777 dan turunlah di Suncheon Open Film Set yang beralamat di 22 Jorye-dong, Suncheon-si, Jeollanam-do (전라남도 순천시 비례골길 22 (조례동).

Tempat ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Ini tidak hanya berlaku bagi penggemar drama Korea saja tapi bagi semua orang, karena di tempat ini, selain kita bisa bernostalgia dengan drama Korea yang pernah kita tonton, kita juga bisa mendapatkan pengalaman kehidupan di masa lalu sekaligus bisa belajar banyak tentang sejarah Korea.

Bagi yang ingin menghabiskan waktu lebih banyak di Suncheon, selain mengunjungi set film ini, kalian juga bisa berkunjung ke tempat wisata lain yang ada di sana, seperti Suncheon Bay Ecological Park, Naganeupseong Folk Village, Seonamsa Temple, Songgwangsa Temple, dan lainnya. Jika bingung dengan itinerary-nya, bisa dilihat di info tour Suncheon di link dari KTO ini : http://english.visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_4_10_10.jsp

#WowKoreaSupporters

References From :

http://www.visitkorea.or.kr/enu/SI/SI_EN_3_1_1_1.jsp?cid=681433

http://www.lomography.com/magazine/locations/2011/09/03/a-glimpse-into-the-past-suncheon-open-film-set-south-korea

http://www.skynews.co.kr/article_view.asp?mcd=344&ccd=6&scd=9&ano=199

http://www.korea.net/NewsFocus/Travel/view?articleId=107238

 

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s