Taman Di Sepanjang Tepian Sungai Han (Hangang)

Hangang Park

Sungai Han (Han River/Hangang/한강/漢江) terbentang luas sepanjang sekitar 514 km. Sungai ini dulunya menjadi jalur perdagangan dari dan ke China di masa pemerintahan 3 kerajaan terkenal di Korea (GoguryeoBaekje dan Silla). Sungai yang bermuara di laut kuning ini mengalir di sepanjang kota Seoul mulai dari wilayah Gangseo, Nanji, Mangwon, Yanghwa, Seonyudo, Yeouido, Ichon, Banpo, Jamwon, Ttukseom, Jamsil, dan Gwangnaru. Maka tak heran jika di sepanjang aliran sungai ini terbentang jembatan-jembatan yang menjadi penghubung antara wilayah yang berada di bagian utara dan selatan kota Seoul. Selain itu, pemerintah kota Seoul juga membangun taman-taman di setiap wilayah yang dialiri sungai ini. Taman-taman ini umumnya menjadi sarana relaksasi bagi warga kota. Sehingga pembangunannya pun dibuat dengan semaksimal mungkin dengan tersedianya fasilitas-fasilitas yang dapat dinikmati bagi pengunjung taman ini. Nah, jika kalian berada di Seoul maka tak ada salahnya untuk berkunjung ke salah satu taman yang ada di sungai Han. Let’s check it out…. ^^

1. Gangseo Hangang Park

photo source : hangang.seoul.co.kr
photo source : hangang.seoul.co.kr

Taman ini terletak di pinggiran Seoul yaitu di sisi paling barat pada bagian selatan sungai Han, dan hanya berjalan kaki beberapa menit dari Gyeonggi-do dan perbatasan Incheon. Taman seluas 8.5 km ini bertema Wetlands ekologi dan terdiri dari pulau-pulau kecil yang dipenuhi satwa liar. Pulau-pulau ini terhubung dengan jembatan kayu. Terdapat pusat observasi untuk mengamati burung migran, jalur untuk bersepeda, serta fasilitas olahraga lainnya.  Ada 2 (dua) pilihan untuk menuju ke tempat ini :

  1. menuju ke Banghwa Station (Line 5, Exit 1 or 2).
  2. menggunakan bus nomor 6 dan turun di Gangseo Wetlands Ecological Park.

Info lebih lengkap bisa disimak di link ini.

2. Nanji Hangang Park

Taman ini terletak di ujung paling barat di tepian sungai Han. Letaknya dekat dari World Cup Stadium. Fitur yang paling terkenal di taman ini adalah area camping (camping site). Jadi, Jika kalian ingin berhemat, mungkin kalian bisa berkemah di tempat ini karena harganya jauh lebih murah dari penginapan 🙂

photo source : http://german.visitkorea.or.kr/
photo source : http://german.visitkorea.or.kr/

Selain itu, taman ini juga sangat cocok bagi penggemar olahraga karena tersedianya fasilitas olahraga seperti lapangan sepakbola, basket, voli, kolam renang yang dibuka di musim panas, penyewaan sepeda, dan sarana olahraga air. Untuk menuju ke tempat ini bisa dengan menggunakan subway menuju World Cup Stadium Station (Line 6, Exit 1). Info lebih lengkap bisa disimak di link dari KTO dan juga di sini.

3. Mangwon Hangang Park

photo source : http://res.heraldm.com/
photo source : http://res.heraldm.com/

Taman yang berada di wilayah Mapo yang berada di sebelah utara sungai Hanini cukup dekat dari Nanji Hangang Citizen Park dan terhubung dengan sebuah jembatan. Di taman ini pun disediakan fasilitas olahraga seperti sepakbola, basket, voli, baseball, tenis, rental sepeda, serta fasilitas olahraga air seperti kolam renang outdoor. Selain itu, terdapat atraksi wisata budaya di sekitar taman, yaitu paviliun Mangwon dan kuil Jeoldusan.

Mangwon Pavilion

Untuk menuju ke tempat ini bisa menggunakan subway menuju ke Hapjeong Station (Line 2 or 6, Exit 1) dan lanjut dengan naik bus nomor 9 dan turun di halte Mangwon Suyuji. Info lebih lengkap bisa disimak di link dari KTO dan di sini.

4. Yanghwa Hangang Park

photo source : http://farm5.staticflickr.com/
photo source : http://farm5.staticflickr.com/

Taman sepanjang 11 km ini terletak di sebelah selatan sungai Han. Dari taman ini kita bisa menuju ke Seonyudo Island dengan berjalan kaki melewati jembatan penyeberangan. Di taman yang hijau ini ditumbuhi pula sejumlah bunga mawar yang berwarna-warni. Terdapat pula air mancur piala dunia (World Cup Fountain) dan sarana olahraga lainnya. Ada 2 pilihan subway untuk menuju ke tempat ini :

  1. menuju ke Dangsan Station (Line 2 or 9, Exit 4 dan berjalan sekitar 5 menit)
  2. menuju ke Seonyudo Station (Line 9, Exit 2 dan berjalan sekitar 10 menit).

Info lebih lengkap bisa disimak di link dari KTO dan di sini.

5. Seonyudo Hangang Park

photo source : exploringkorea.com
photo source : exploringkorea.com

Merupakan salah satu taman yang paling terkenal di Seoul yang terhubung dengan jembatan yang berarsitektur menarik, yaitu Senyudo Bridge yang dikenal pula dengan nama Rainbow Bridge (jembatan pelangi). Dari taman ini kita bisa melihat pemandangan kota Seoul. Banyak hal menarik yang bisa didapatkan saat mengunjungi taman ini ini karena terdapat Hangang Museum yang buka mulai pukul 09.00 – 18.00, ada taman bermain untuk anak-anak, ada aquatic botanical garden, rumah kaca, dan masih banyak lagi. Ada beberapa pilihan subway untuk berkunjung ke tempat ini, seperti :

  • menuju ke Hapjeong Station (Line 2 or 6, Exit 6), ambil bus bernomor 5714 dan berhenti di depan pintu masuk taman ini (Yanghwadaegyo Bridge bus stop).
  • menuju ke Dangsang Station (Line 2 or 9, Exit 1), ambil bus bernomor 5714 dan berhenti di depan pintu masuk taman ini (Yanghwadaegyo Bridge bus stop).
  • menuju ke Dangsan Station (Line 2 or 9, Exit 1), ambil bus  bernomor 605, 6623, 6631, 6632, atau 6633 dan berhenti di Hanshin Apt lalu menyeberang di Seonyudo Bridge.
  • menuju ke Hapjeong Station (Line 2 or 6, Exit 8), ambil bus  bernomor 605, 6623, 6631, 6632, atau 6633 dan berhenti di Hanshin Apt lalu menyeberang di Seonyudo Bridge.

Info selengkapnya bisa dilihat di link dari KTO dan di sini.

Info tambahan untuk kalian yang juga Kpopers khususnya YG biased (esp Big Bang & 2NE1). Kalian bisa sekalian berkunjung  atau sekedar lewat di depan kantor YG Entertainment. Jadi dari Hapjeong Station kalian keluar dari exit 8 –> berjalan lurus dan belok kanan setelah melewati SK Gas Station dan terus berjalan sampai melihat kantor YG Entertainment yang berada di sebelah kiri.

photo source : mizsafie.blogspot.com
photo source : mizsafie.blogspot.com

(sumber : di sini dan di sini.)

6. Yeouido Hangang Park

photo source : wikipedia
photo source : wikipedia

Pulau Yeouido yang luas dikenal pula sebagai pusat bisnis dan pemerintahan di Seoul. Banyak kantor-kantor penting berpusat di sana, seperti gedung Majelis Nasional (National Assembly), stasiun TV KBS, MBC, dan SBS, bahkan kedutaan besar Indonesia juga berada di pulau ini. Terdapat taman yang dibangun untuk mengimbangi kesibukan orang-orang yang beraktifitas di sini. Salah satunya adalah Yeouido Hangang Park. Taman yang luas ini dibagi menjadi beberapa tema seperti :

  • The Traditional Korean Forest (hutan tradisional Korea) di mana hanya terdapat tanaman/pohon tradisional, serta terdapat kolam dan paviliun segi delapan.
  • Grass square  yang memiliki bukit yang rendah dengan lapangan rumput, dan di dekatnya ada pepohonan yang menggambarkan perubahan musim.
  • Culture Square di mana diadakan pertunjukan budaya di tempat ini.
  • Nature’s Ecosystem Forest (ekosistem hutan alam) di mana pengunjung dapat mengamati dan belajar tentang ekosistem alam, karena di tempat ini terdapat daerah rawa, daerah permukaan air, daerah padang rumput, dan hutan.
photo source : tripadvisor.com
photo source : tripadvisor.com

Memasuki musim semi ini, jangan lupa untuk melewati Yunjunro Street yang terletak di belakang Gedung Majelis Nasional. Tempat ini sangat populer di musim semi yaitu di pertengahan bulan April karena di sepanjang jalan sekitar 6 km ini ditumbuhi bunga sakura (cherry blossom) terindah yang berusia sekitar 30 sampai 40 tahun. Untuk berkunjung ke taman ini bisa dengan menggunakan subway dengan beberapa pilihan :

  • menuju National Assembly Station (Line 9, Exit 1)
  • menuju Yeouido Station (Line 5, Exit 3), berjalan sekitar 5 menit melewati gedung Majelis Nasional.
  • menuju Yeouinaru Station (Line 5, Exit 2 or 3).

Info selengkapnya bisa dilihat di link dari KTO dan di sini.

7. Ichon Hangang Park

photp source : http://magazine.seoulselection.com/
photp source : http://magazine.seoulselection.com/

Taman ini terletak di sisi utara sungai Han antara Jungrangcheon Bridge
dan Wonhyo Bridge. Tersedia sarana dan fasilitas untuk bersantai di taman ini seperti adanya  Teen Square, X-Game Center untuk bermain skateboard dan sepatu roda. Tersedia pula sarana olahraga seperti lapangan basket, tenis, sepakbola, area untuk bersepeda, kolam renang, dan lainnya. Terdapat pula sebuah pulau buatan yaitu Nodle Island (Nodleseom) dengan view yang indah. Untuk berkunjung ke tempat ini bisa dengan menggunakan subway menuju  Ichon Station (Line 1 or 4, Exit 4) dan berjalan sekitar 500m melewati sungai Han. Info selengkapnya bisa dilihat di link dari KTO dan di sini.

8. Banpo Hangang Park

photo source : http://www.worldofdesigners.com/
photo source : http://www.worldofdesigners.com/

Ini adalah taman yang sangat populer yang berada  di sisi selatan sungai Han yang berpusat di Banpo Bridge yang terletak di antara Hannam Bridge dan Dongjak Bridge. Di kedua sisi Banpo Bridge terdapat air mancur yang sangat indah, yaitu Rainbow Fountain yang pernah dinobatkan oleh Guinness Book Of Record di tahun 2008 sebagai jembatan dengan air mancur terpanjang di dunia. Pertunjukan air mancur diadakan setiap malam mulai bulan April – Oktober. Selain itu di taman ini dibuat sebuah pulau buatan yang indah, yaitu Seorae Island (Seoraeseom). Di mana pada musim semi diadakan festival di tempat ini, seperti Searaeseom Butterfly dan Rate Flowers Festival. Selain itu berbagai fasilitas dan sarana rekreasi disediakan pula di tempat ini. Ada 2 (dua) pilihan subway untuk menuju ke tempat ini :

  1. menuju ke Dongjak Station (Line 4, Exit 1 or 2).
  2. menuju ke Express Bus Terminal Station (Line 3,7, or 9, Exit 8-1), berjalan sekitar 250m dan belok kanan di persimpangan Express Bus Terminal dan berjalan lurus sekitar 400m melewati underpass untuk tiba di taman ini.

Info selengkapnya bisa dilihat di link dari KTO di sini dan di sini.

9. Jamwon Hangang Park

photo source : exploringkorea.com
photo source : exploringkorea.com

Taman ini terletak di bagian selatan sungai Han yang membentang dari Yeongdong Bridge ke Dongho, Hannam, serta Banpo Bridge. Taman ini dekat dari distrik Gangnam dan Seocho. Fasilitas rekreasi dan berolahraga pun disediakan di taman ini. Juga jalan untuk bersepeda di  sepanjang sisi sungai di mana kita dapat menikmati view keindahan Sungai Han sambil bersepeda.  Ada 2 (dua) pilihan subway untuk menuju ke tempat ini :

  1. menuju ke Apgujeong Station (Line 3, Exit 1) lalu berjalan sekitar 800 m.
  2. menuju ke Sinsa Station (Line 3, Exit 5) lalu berjalan sekitar 1 km.

Info selengkapnya bisa dilihat di link dari KTO dan di sini.

10. Ttukseom Hangang Park

photo source : exploringkorea.com
photo source : exploringkorea.com

Taman ini adalah sebuah resort yang terkenal dan terdapat berbagai fasilitas, seperti music fountains, riverside square yang menghadap sungai Han, di mana area ini digunakan untuk pertunjukan screenwater yang menggunakan teknologi di mana cahaya akan memantulkan air, taman mawar, taman bermain, dan pusat pembelajaran alam. Selain itu terdapat area Jabeolle (J-Bug) di mana terdiri dari kafe, kedai teh, toko souvenir, dan lainnya. Taman ini buka sepanjang tahun dan setiap musim ada saja hal menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung di tempat ini, seperti :

  • di musim semi (spring) dan musim gugur (autumn) pengunjung dapat melihat pameran bunga musiman.
  • di musim panas (summer) pengunjung dapat menikmati kegiatan windsurfing, ski air, dan perahu motor.
  • di musim dingin, pengunjung dapat mencoba sleeding hill dan kegiatan skating.

Ada beberapa pilihan untuk berkunjung ke tempat ini :

  • menuju ke Ttukseom Resort Station (Line 7, Exit 2 or 3). Taman terletak di sisi kanan stasiun.
  • menuju ke Konkuk University Station (Line 2, Exit 5). Belok di belokan kanan pertama dan berjalan lurus sekitar 15 menit sepanjang jalan.
  • menggunakan bus bernomor 2014 dan turun di  Noyu Nadeulmok (노유나들목).
  • menggunakan bus bernomor  2221, 2222, 2223 or 2415 , dan turun di Jayang Yukgammun (자양 육갑문).

Info selengkapnya bisa dilihat di link dari KTO dan di sini.

11. Jamsil Hangang Park

photo source : exploringkorea.com
photo source : exploringkorea.com

Terletak di bagian selatan sungai Han antara Jamsil Iron Bridge dan Yeongdong Bridge. Taman ini berdekatan dengan kompleks olahraga Jamsil (Jamsil Sport Complex), Lotte World, dan Olympic Park. Salah satu fitur terbesar  yang terdapat di taman ini adalah kolam ikan (fishway) yang berada di Jamsil Water Reserve. Jika ingin menikmati pemandangan malam yang fantastis dari sungai Han, kita bisa melihatnya dari sebuah kafe yang terdapat di Jamsil Bridge. Selain itu sarana rekreasi lainnya dan olahraga disediakan pula di taman ini.  Ada beberapa pilihan subway untuk menuju ke tempat ini :

  • menuju ke Jamsillaru Station (Line 2, Exit 3 or 4)
  • menuju ke Jamsil Station (Line 2, Exit 6)
  • menuju ke Sincheon Station (Line 2 or 8, Exit 7)

Info selengkapnya bisa dilihat di link dari KTO dan di sini.

12. Gwangnaru Hangang Park

photo source : exploringkorea.com
photo source : exploringkorea.com

Taman ini terletak di ujung paling timur Seoul yang dialiri Sungai Han. Taman seluas 12km ini menjadikanya sebagai taman terluas dari taman-taman di tepi sungai Han lainnya. Taman ini dijadikan sebagai tempat pelestarian air di Seoul sehingga semua perahu dan olahraga air dilarang di taman ini. Namun ada sebuah kolam renang outdoor yang terletak di dekat tepi sungai, juga sarana untuk bersepeda dan in line skate. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas budaya dan sebuah taman ekologi.  Ada 2 (dua) pilihan subway untuk menuju ke tempat ini :

  1. menuju ke Cheonho Station (Line 5 or 8, Exit 1), lalu berjalan lurus menuju taman ini.
  2. menuju ke Amsa Station (Line 8, Exit 4).

Info selengkapnya bisa dilihat di link dari KTO dan di sini.

Nah… itulah ke-12 taman yang terdapat di tepi sungai Han yang mengalir di sepanjang kota Seoul mulai dari ujung paling barat sampai ujung paling timur.

#WowKoreaSupporters

Advertisements

6 comments

  1. Hai ka ^^ aku mau tanya, kali aja kaka tau ya ka.. aku pengen banget ke taman yang ada di drama High School Love On.. kaka tau ga? yang waktu sepedahan itu, yang waktu woohyun nembak seulbi.. kali aja kaka tau itu dimana ya tempatnyaa?? hemm makasih kaa 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s