Spot Wisata Gratis : Unhyeon-gung Royal Residence, Seoul

Gambar
photo source : KTO

Berdasarkan info dari KTO hari ini, maka bertambah lagi spot wisata gratis bagi wisatawan yang berkunjung ke Korea Selatan karena mulai 20 Maret 2014 kita bisa masuk ke kediaman kerajaan Unhyeon-gung Royal Residence tanpa dipungut biaya alias gratis. Tentunya hal ini bisa menambah daftar kunjungan saat berada di sana yang pastinya akan menambah wawasan tentang budaya dan tradisi kehidupan keluarga Kerajaan dari dinasti Joseon di masa lalu.

Berdasarkan catatan sejarah, Unhyeon-gung adalah sebuah kediaman Kerajaan dari dinasti Joseon yang terakhir (1392 – 1910). Tempat ini adalah kediaman pribadi milik Heungseon Daewongun, ayah dari Raja Gojong (Raja ke-26). Raja Gojong sendiri pernah tinggal di sini sampai ia naik tahta di usia 12 tahun. Kediaman ini dulunya juga menjadi tempat kegiatan berpolitik dari Heungseon Daewongun di saat Korea menuju era modern. Beliau memainkan peran yang cukup penting dalam mereformasi sistem politik rezim Kerajaan. Namun beliau berpihak pada Jepang dan hal ini menimbulkan perselisihan mendalam dengan sang menantu, Ratu Myeongseong. Di masa invasi Jepang di tahun 1912, kediaman ini diambil alih dan semua properti Kerajaan diserahkan kepada negara. Di tahun 1948, kepemilikan diserahkan kembali kepada keturunan keluarga Heungseon Daewongun meskipun setelahnya sempat terjadi sengketa antara pemerintah Korea Selatan dengan keturunan keluarga ini yang akhirnya diserahkan kembali kepada Lee Cheong sebagai generasi kelima dari keluarga ini. Di tahun 1991, karena mengalami kesulitan dalam merawat bangunan ini, Lee Cheong pun menjual hak kepemilikan kepada pemerintah kota Seoul. Lalu di tahun 1993, kediaman ini pun direnovasi dan dijadikan sebagai salah satu atraksi wisata budaya di kota Seoul. Terdapat sejumlah unit bangunan di kediaman ini, seperti Sujiksa, Noandang, Norakdangdan Irodang.

Gambar
photo source : official site of Unhyeongung

Sejumlah program kegiatan ditawarkan untuk menarik minat wisatawan yang tentunya menarik dan bermanfaat. Seperti pameran seni dan pertunjukan, dan yang tidak boleh dilewatkan adalah seremonial pernikahan kerajaan antara Raja Gojong dan Ratu Myeongseong. Seremonial ini biasanya berlangsung di akhir April sampai akhir September setiap pukul 2 siang (2 pm). Selain itu ada pula pagelaran busana Kerajaan (Fashion show). Kegiatan lainnya adalah event untuk merayakan hari libur nasional seperti tahun baru dan chuseok (lunar new year). Jangan lewatkan pula untuk mencoba kostum tradisional, hanbok dengan membayar sewa sebesar ₩3.300 selama 10 menit dan berfotolah di sekitar bangunan kediaman ini. Info selengkapnya di sini. Kegiatan bernuansa edukasi juga disediakan di tempat ini tentunya diperuntukkan bagi masyarakat di sana atau wisatawan yang menetap cukup lama di sana. Info selengkapnya di sini.

Kediaman ini berlokasi di area Jongno yang merupakan area sejumlah spot wisata budaya di kota Seoul, dan dekat dari beberapa spot wisata budaya lainnya, seperti Insa-dongJongmyo Shrine dan Changgyeonggung Palace. Jika tertarik untuk mengunjungi tempat ini cukup dengan menggunakan subway menuju Anguk Station (Line 3, Exit 4) lalu berjalan sekitar 50m dari stasiun, atau bisa juga menggunakan subway menuju Jongno 3-ga Station (Line 5, Exit 4) lalu berjalan sekitar 300m melewati Anguk Station. Jadi bagi kalian yang hendak berwisata ke Seoul, Korea Selatan jangan lewatkan untuk mengunjungi tempat ini. Happy traveling!

#WowKoreaSupporters

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s