Spot Wisata Di Area Jamsil, Seoul

Jamsil merupakan salah satu area di distrik Songpa yang berada di Seoul. Secara historis, dulunya area ini merupakan tempat peternakan ulat sutra di jaman dinasti Joseon. Tetapi ribuan tahun yang lalu, di area ini juga pernah berdiri salah satu Kerajaan terbesar di Korea, Baekje. Sekarang ini Jamsil identik dengan stadion olahraga utama di Korea Selatan yaitu Olympic Stadium yang merupakan tempat penyelenggaraan event-event olahraga berskala besar dan sejumlah konser grup kpop papan atas. Tetapi sebenarnya selain itu, Jamsil area juga masih memiliki sejumlah spot wisata menarik lainnya. Adapun spot-spot wisata yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi di area ini antara lain :

1. Olympic Park

Olympic Park, Seoul
photo source : visitseoul & KTO

Olympic Park yang terdapat di kompleks olahraga Olympic (Jamsil) merupakan tempat yang tepat untuk rekreasi dan refreshing. Tempat ini adalah sebuah taman yang ditandai dengan pintu gerbang perdamaian (peace gate). Taman ini cukup besar dan perlu waktu sekitar 3 jam untuk mengeksplor area-area yang terdapat di dalamnya. Untuk menghemat waktu, kita bisa naik kereta Hodori (Hodori road train) yang terdapat di sebelah pintu gerbang perdamaian. Taman ini dibagi menjadi beberapa zona, yaitu :

  • Cultural Art Park (Taman Seni Budaya) : di taman ini kita dapat menikmati pengalaman budaya yang beragam serta pertunjukan. Taman ini juga dilengkapi dengan beberapa spot menarik, seperti : Olympic Museum yang terbagi menjadi 5 zona, yaitu (Harmony, Prosperity, Hope, Glory, Peace). Lalu ada pula Seoul Olympiade Museum of Art (SOMA) yang merupakan pusat seni dan budaya  dan terdiri dari berbagai ruang pameran, taman patung yang menampilkan sekitar 200an patung di ruang terbuka, studio untuk kelas seni, dan sejumlah fasilitas lainnya. The Soma juga menjalankan program pendidikan seni dan akademi seni untuk anak-anak dan orang dewasa. Museum-museum ini beroperasi setiap hari Selasa – Sabtu mulai pukul 10 pagi (10 am) sampai pukul 6 sore (6 pm).
  • Leisure Sport Park (Taman Rekreasi Olahraga) : di taman ini kita bisa menikmati sejumlah sarana untuk melakukan sejumlah kegiatan olahraga seperti di area Square Sports dan area Peace Square. 
  • Environmental Eco Park (Taman Lingkungan Hidup) : di taman ini kita bisa melihat sejumlah satwa seperti bebek, bangau putih, burung, tupai Korea, tupai, dan katak, di mana satwa-satwa ini jarang terlihat di lingkungan perkotaan. Taman ini mengangkat keharmonisan dan keseimbangan alam antara manusia dengan lingkungan hidup (flora dan fauna).
  • History Experince Park (Taman Pengalaman Sejarah) : di taman yang luas ini ini kita bisa belajar secara langsung tentang sejarah Korea di era Kerajaan Baekje melalui Mongchontoseong Fortress yang merupakan sebuah benteng peninggalan Kerajaan Baekje yang sekarang menjadi bagian dari Olympic Park dan Museum Baekje di mana sejumlah peninggalan dari masa Kerajaan Baekje dapat kita lihat di museum ini.
Mongchontoseong Fortress
photo source : visitseoul.net

Cara untuk menuju ke tempat-tempat di atas yaitu dengan menggunakan subway menuju Olympic Park Station (Line 5, Exit 3) atau menggunakan subway menuju Mongchontoseong Station (Line 8, Exit 1). Info berupa artikel disertai gambar yang menarik bisa disimak di sini.

2. KPop Music Exhibition Hall (Olympic Hall)

kpop exhibition hall

Masih di dalam kompleks olahraga Jamsil, terdapat sebuah tempat yang sangat cocok bagi penggemar kpop. Tempat ini dirancang sebagai museum untuk memajang sejumlah memorabilia kpop. Selain itu sesekali diadakan event khusus yang didedikasikan untuk suatu era tertentu dari kpop. Di sini penggemar kpop bisa belajar tentang sejarah kpop mulai tahun 1920an sampai 2000an melalui gambar-gambar, video, dan rekaman yang terpajang di ruang pameran ini. Tempat ini beroperasi setiap hari Selasa – Sabtu mulai pukul 10 am sampai 7 pm. Untuk menuju ke tempat ini bisa dengan menggunakan subway menuju Olympic Park Station (Line 5, Exit 3). Info selengkapnya di sini.

3. Hanseong Baekje Palace Road

Hanseong Baekje Palace Road
photo source : visitseoul.net

Tidak banyak yang tahu jika di area Jamsil dulunya adalah tempat di mana wilayah kekuasaan Kerajaan Baekje berada. Baekje merupakan 1 dari 3 Kerajaan terbesar di Korea yang pernah berdiri sekitar 2000 tahun lamanya. Tempat ini banyak meninggalkan sisa-sisa dari kejayaan Kerajaan Baekje, salah satunya adalah benteng Pungnaptoseong (Pungnaptoseong Fortressyang merupakan salah satu tempat terbaik untuk berjalan-jalan karena cukup dekat dengan sungai Han (Hangang). Berdasarkan penelitian dari sejumlah sejarawan, benteng ini dulunya adalah sebuah istana yang digunakan untuk pertahanan. Bahkan sampai sekarang penelitian tentang hal ini masih berlanjut. Sebenarnya, Mongchontoseong Fortress juga merupakan bagian dari Hanseong Baekje, namun karena letaknya berada di area kompleks olahraga Jamsil, maka benteng tersebut juga menjadi bagian dari Olympic Park. Selain benteng Pungnaptoseong, masih banyak lagi peninggalan Kerajaan Baekje di tempat ini. Jadi jika kita berjalan-jalan di sini, secara tidak langsung kita akan mendapatkan gambaran tentang kisah kejayaan Kerajaan Baekje ribuan tahun yang lalu. Untuk menuju ke tempat ini bisa dengan menggunakan subway menuju Cheonho Station (Line 5 or 8, Exit 10). Info selengkapnya di sini.

Hanseong Baekje Palace Road Map
photo source : visitseoul.net

4. Lotte World

Lotte World
photo source : visitseoul.net

Ini adalah tempat yang terkenal dan menjadi salah satu pilihan untuk dikunjungi saat berada di sana. Bisa dikatakan jika tempat ini adalah all in one karena hampir semuanya ada di sini, mulai dari pusat perbelanjaan, taman bermain indoor dan outdoor, museum rakyat (the folk museum), juga taman beserta danaunya ada di siniSudah banyak pula bahasan lebih rinci tentang tempat ini. Info selengkapnya bisa disimak di link dari visitseoul dan KTO. Untuk menuju ke tempat ini bisa dengan menggunakan subway menuju Jamsil Station (Line 2 or 8, Exit 4).

Nah,, jika kalian berkesempatan untuk berkunjung ke Seoul, Jamsil area bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebagai salah satu destinasi jika kalian ingin mengeksplor  kota Seoul lebih dalam. Happy traveling ^^

#WowKoreaSupporters

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s