Campus Tour Di Area Sinchon, Seoul

Bagi penggemar kdrama Reply 1994 pasti sudah sangat familiar dengan Sinchon. Yaa… karena area inilah yang menjadi latar dari drama yang bercerita tentang kehidupan sekelompok anak muda di tahun 1994. Sinchon sendiri adalah salah satu area di Seoul yang dikenal sebagai tempat di mana kita dapat menemukan kehidupan kultur anak muda yang dinamis karena di sini berdiri sejumlah kampus ternama dan yang paling terkenal adalah Yonsei University dan Ewha Woman’s University.

photo source : scan from visitseoul.net tourist guide book
photo source : scan from visitseoul.net tourist guide book

Nah,, bagi kalian yang ingin mengeksplor kota Seoul, tidak ada salahnya jika berjalan-jalan di seputar area ini sekaligus merasakan kehidupan lokal anak muda di sana. Rasakan kedinamisan tempat ini dengan berjalan kaki mulai dari ketika turun dari subway yang berhenti di Sinchon Station (Line 2) dan keluar dari Exit 2 atau 3, maka kita akan menemukan sebuah jalan yang akan membawa kita menuju Yonsei University di mana  jalan yang disebut Yeonsero (연세로 / Yonsei University Street) merupakan jalan utama yang memiliki beberapa jalan-jalan persimpangan di sisi kiri dan kanannya. Di sepanjang jalan itu kita akan mendapati sejumlah restoran, kafe, toko-toko, dan food street. Berdasarkan informasi dari KTO, setelah kegiatan renovasi dirampungkan di jalan ini, maka baru-baru ini pemerintah kota Seoul telah menetapkan bahwa jalan ini adalah jalan bebas hambatan dan aman untuk pejalan kaki  karena kendaraan tidak lagi diperbolehkan untuk melewati jalan ini. Jadi jalan ini hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki tetapi kendaraan umum tetap diperbolehkan untuk melewati jalan ini. Jadi jika malas berjalan kaki, kita bisa mengambil bus dari Sinchon Station menuju ke gerbang Yonsei University. Ada sekitar 14 bus yang beroperasi di area ini, 11 bus antarkota dan 3 shuttle bus. Mobil van berpenumpang 16 orang atau lebih juga diperbolehkan melewati jalan ini. Begitu pula sepeda dan taxi mulai pukul 12 malam – 4 pagi (12.00 – 4 am).

photo source : KTO

Setelah berjalan lurus sekitar 10 – 15 menit serta menikmati suasana di sepanjang jalan, maka sampailah kita di kampus Yonsei University yang terkenal dan memiliki bangunan kampus paling cantik di Seoul. Jangan lupa berfoto di antara bangunan-bangunannya yang juga bergaya klasik dan telah menjadi salah satu landmark kota Seoul ^^

Yonsei University Building
photo source : wikimedia

Gambar

Photo source : K T O

Dari Yonsei University, kita bisa menuju ke Ewha Woman’s University dengan berjalan melewati gedung Migliore Shopping Mall yang ditandai dengan sebuah bioskop Megabox yang merupakan bagian yang terdapat dari gedung itu. Shopping mall ini juga cukup dekat dengan Sinchon Old Station, yaitu sebuah stasiun kereta api lama yang kini telah berubah fungsi sebagai salah satu tempat wisata di Seoul sekaligus sebagai pusat informasi wisata (tourism information center). Berdasarkan informasi dari exploringkorea, dipaparkan secara singkat bahwa stasiun ini juga bisa mengantarkan kita ke area DMZ (Demilitarized Zone) antara Korea Selatan dan Utara.

Sinchon Old Station, Seoul

Kampus Ewha Woman’s University terletak tidak jauh dari tempat ini. Kampus yang diperuntukkan untuk wanita ini adalah salah satu kampus yang bergengsi dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, kampus ini menjadi salah satu kampus dengan arsitektur terbaik di Korea Selatan. Banyak wisatawan yang berkunjung ke kampus ini hanya untuk sekedar berfoto di area kampus yang juga menjadi salah satu landmark kota Seoul.

photo source : K T O
photo source : K T O

Jika telah puas berkeliling di kampus ini jalanlah di sepanjang jalan Ewhayeodae-gil karena di sepanjang jalan ini terdapat banyak toko, butik, kedai kopi, kafe, dan lainnya dengan harga yang cukup bersahabat sesuai kantong mahasiswa. Banyak baju-baju dan barang-barang unik untuk wanita yang tersedia dengan harga yang terjangkau. Jadi area ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk berbelanja fashion. Info lengkap tentang area ini bisa dilihat di –> Ewha Woman’s University Station Seoul Youth Culture In Edae 

Happy traveling guys ^^

#WowKoreaSupporters

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s