Tentang Sungkyunkwan

logo Sungkyunkwan University
logo Sungkyunkwan University

Penggemar kdrama pasti cukup familiar dengan kata Sungkyunkwan yang merupakan judul salah satu kdrama yang cukup populer. Drama historikal ini bercerita tentang kehidupan sekelompok pemuda yang mengenyam pendidikan di Sungkyunkwan yang merupakan lembaga pendidikan tinggi tertua yang terkenal di masa pemerintahan dinasti Joseon. Secara historis, kampus ini sebenarnya telah ada di masa akhir pemerintahan dinasti Goryeo. Awalnya Raja Seongjong mendirikan lembaga pendidikan tinggi kerajaan yang disebut Gukjagam (국자감) di bulan November 992. Kemudian di bulan Juni 1304 namanya diubah menjadi Sungkyunkwan. Lalu di tahun 1367 di masa akhir pemerintahan Raja Gongmin, kampus ini dipindahkan lokasinya ke Seongmun-gwan. Pada masa pemerintahan dinasti Joseon, Raja Taejo pun memindahkan kampus ini ke Hanseong Sungkyunkwan, Seoul pada tahun 1398.

Kampus yang dulunya beraliran konfusius memiliki 4 (empat) motto, yaitu Kemanusiaan/Humanity () yang terdapat dalam hati yang pengasih; Kebenaran/Righteousness () yang terdapat dalam hati yang bisa membedakan antara yang benar dan yang salah; Kesopanan/Propriety () yang terdapat dalam hati yang penyabar, dan Kebijaksanaan/Wisdom () yang terdapat dalam hati yang bisa merasakan. Keempat aspek ini mencerminkan semangat dasar Konfusianisme yang menegaskan bahwa manusia memiliki kualitas kebaikan bawaan dan pada saat yang sama hal ini harus tetap dijaga dan dipelihara. Selain itu, simbol utama kampus yang mewakili konfusianisme yaitu 2 batang pohon ginkgo raksasa yang terletak di salah satu area kampus lama Sungkyunkwan. Konon pohon yang ditanam di tahun 1519 oleh salah seorang guru besar Sungkyunkwan, Yun Tak  ini adalah pohon jantan sehingga tidak bisa berbuah. Pohon-pohon ini juga mewakili umur yang panjang dan pencerahan yang keduanya adalah hal penting dalam budaya Korea.

pohon ginkgo

Karena aliran itu pula maka di masa dinasti Joseon, kampus ini sangat ketat dalam menerima mahasiswa yang akan mengenyam pendidikan di sini. Yang paling tegas adalah adanya aturan untuk tidak menerima siswa perempuan, bahkan perempuan tidak diijinkan untuk berada di area kampus. Tes masuknya pun sangat sulit dan hanya putra pejabat tinggi (Yangban) yang mendapat prioritas untuk mengikuti tes masuk di kampus ini. Meskipun begitu, diberlakukan pula sistem pemberian beasiswa penuh untuk salah satu calon mahasiswa yang beruntung dari 150 – 200 tempat yang disediakan. Banyak yang ingin bersekolah di sini agar bisa menjadi pejabat negara (pegawai negeri), menjadi penerjemah literature Cina, belajar matematika, dan mempelajari ideologi yang berhubungan dengan konfusianisme.

Di tahun 1895 ketika mulai memasuki masa modernisasi, kampus ini membuka program diploma 3 tahun untuk bidang sejarah, geografi, dan matematika.  Namun di tahun 1911 pada masa invasi Jepang, kualitas kampus ini memburuk dan akhirnya berganti nama menjadi Kyonghagwon. Di tahun 1945 ketika Korea Selatan telah merdeka, kampus ini dibuka kembali dan berganti nama menjadi Myeongnyun College. Lalu setahun kemudian, kampus ini mendapat akreditasi sebagai Sungkyunkwan College dan disahkan secara resmi di tahun 1953 sebagai Sungkyunkwan University. Sejak itu, kampus ini terus berkembang dan menjadi salah satu universitas di Korea Selatan dengan kualitas dan standar yang baik. Hal ini bisa dilihat dengan tingginya minat calon mahasiswa untuk berkuliah di kampus ini. Sehingga di tahun 1979, dibukalah kampus yang berlokasi di Suwon yang diperuntukkan untuk mahasiswa yang berkuliah di jurusan ilmu alam (natural sciences). Sedangkan mahasiswa jurusan kemanusiaan dan ilmu sosial (humanities and social sciences) tetap berkuliah di kampus yang berlokasi di distrik Jongno tepatnya di area Hyewa, Seoul.

kampus Sungkyunkwan University di Seoul
kampus Sungkyunkwan University di Seoul
photo source : skku.edu
kampus Sungkyunkwan University di Suwon

Sebenarnya di tahun 1950, bangunan utama kampus dan perpustakaan pernah mengalami musibah kebakaran sehingga rekonstruksi pembangunannya pun dilakukan secara bertahap. Sedangkan bangunan-bangunan asli dari kampus ini telah dihancurkan di masa invasi Jepang. Setelah diperbaiki berkali-kali, akhirnya rekonstruksi untuk bangunan asli yang lama dibangun di tahun 1988. Kampus lama Sungkyunkwan di masa dinasti Joseon memang tak ubahnya seperti sebuah istana kecil dengan beberapa unit tempat/area antara lain :

1. Myeongnyundang (명륜당) : ruang kuliah utama di masa dinasti Joseon. Bangunan ini juga menjadi latar yang terdapat di mata uang ₩1000 (KRW).

Myeongnyundang, SKKU
Myeongnyundang (명륜당)

2. Jongyeonggak (존경각) : perpustakaan pertama di Korea yang dibangun pada tahun 1475 dan terletak di belakang bangunan Myeongnyundang.

Jongyeonggak, SKKU
Jongyeonggak (존경각)

3. Daeseongjeon (대성전) : kuil peringatan untuk para ahli Konfusius dari Sungkyunkwan.

Daeseongjeon, SKKU
Daeseongjeon (대성전)

4. Tangpyeongbigak (탕평비각) : sebuah monumen yang berisi pesan dari Raja Yeongjo (1694–1776).

Tangpyeongbigak, SKKU
Tangpyeongbigak (탕평비각)

5. Bicheondang (비천당) : aula ujian.

Bicheondang, SKKU
Bicheondang (비천당)

6. Dongsammun (East Three Gate) : pintu gerbang yang terdapat di sudut tenggara kampus.

 Dongsammun, SKKU
Dongsammun (East Three Gate)

Dan beginilah letak area-area dari kampus Sungkyunkwan yang asli berdasarkan peta yang dibuat pada tahun 1785 :

photo source : wikipedia
map of old Sungkyunkwan

Untuk menuju ke kampus yang historikal ini cukup dengan menggunakan subway menuju Hyewa Station (Line 4, Exit 4) dan berjalan sekitar 10 menit.

Referensi-referensi :

Sungkyunkwan 1Sungkyunkwan 2 | Sungkyunkwan 3 | Sungkyunkwan 4

kdrama Sungkyunkwan Scandal
kdrama Sungkyunkwan Scandal
kdrama Sungkyunkwan Scandal
kdrama Sungkyunkwan Scandal

#WowKoreaSupporters

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s