Walking Tour di Lokasi Syuting Drama You Who Came From The Stars

[kdrama] You Who Came From The Stars
[kdrama] You Who Came From The Stars
You Who Came From The Stars…. Siapapun pencinta kdrama pasti tidak melewatkan drama yang sangat popular ini. Saking populernya, drama yang mulai tayang sejak 18 Desember 2013 sampai 27 Februari 2014 ini pun dibuat versi sinetron Indonesianya yang memulai tayangan perdananya sejak Senin, 28 April 2014 dan tentu saja hal ini telah menimbulkan kontra di kalangan pencinta kdrama dan hal ini pun telah dikupas habis dan sangat menarik di blog teh Erry Andriyati –> Drama Korea menjadi Sinetron Kau yang Berasal dari Bintang, yang juga tak kalah menimbulkan kehebohan dan kontra manakala tulisannya juga di plagiat oleh sebuah fanpage *be patient teh…. it means your writing was so cool! hwaiting! ^^ Lepas dari masalah itu, mari kita berimajinasi sejenak untuk berjalan-jalan ke negeri ginseng dan memulai perjalanan yang seru dengan mengunjungi lokasi-lokasi syuting dari drama ini berdasarkan info terbaru dari KTO…. let’s go!

LOKASI BERTEMA KAFE & RESTORAN

1. I’m Home Cafe

I'm Home Cafe
I’m Home Cafe

Di episode ke-2 dari drama ini, ada adegan dimana Do Min Joon melewati jalan depan kafe ini. Kafe ini sendiri terletak di sebuah gang yang merupakan bagian dari 3 kafe yang terletak disitu tepatnya di 3-1 Pangyoyeok-ro 10 beogil, Bundang-gu, Seongnam-si, Gyeonggi-do (Baekhyeon-dong 578-8). Kafe ini bergaya retro dan telah lama dikenal dengan kenyamanan tempatnya meskipun kecil. Menu-menu yang ditawarkan di kafe ini mulai dari Egg tart, shaved ice bingsu, brunch set, sandwich, beer, and wine.

Untuk menuju ke kafe ini bisa menggunakan subway LINE 2 menuju GANGNAM STATION yang juga merupakan jalur pergantian ke SHINBUNDANG LINE dan lanjutkan perjalanan sampai di PANGYO STATION (SHIBUNDANG LINE, EXIT 2) lalu berjalanlah sekitar 20 menit di sepanjang jalan utama atau bisa dengan menggunakan bus #602-1, #602-2, atau #71.

2. The Flower-Scented Cartoon Cafe

The Flower-Scented Cartoon Cafe
The Flower-Scented Cartoon Cafe

Kafe bertema buku komik yang menjadi tempat Cheon Song Yi curhat kepada teman sekolahnya ini beralamat di B1, 50-6, Changcheon-dong, Seodaemun-gu, Seoul. Terletak di kawasan anak muda yaitu sekitar Ewha Woman’s University, kafe ini menawarkan pengunjung untuk membaca komik-komik yang disewakan dengan biaya 2.000 ₩ selama sejam dan 5.000 ₩ selama 3 jam. Untuk menuju ke kafe ini bisa dengan menggunakan subway menuju SINCHON STATION (LINE 2, EXIT 3 or 4). Dari Sinchon Uplex Department Store, berjalan luruslah ke arah Ewha Woman’s University atau sebuah restoran BBQ, Hyengje Galbi dan berbelok di gang Artbox (Artbox Alley).

3. Hangnim Dabang Cafe

Hangnim Dabang Cafe
Hangnim Dabang Cafe

Kafe bertema retro ini ada di episode 8 dimana Do Min Joon dan pengacara Jang sedang bermain Janggi (catur Korea). Kafe ini sendiri telah ada sejak tahun 1956 dan menjadi tempat pertemuan yang populer di kalangan mahasiswa Seoul National University serta orang-orang terkenal seperti musisi dan seniman. Kafe yang beralamat di 94-2, Myeongnyun 4-ga, Jongno-gu, Seoul ini diatur senyaman mungkin dengan tetap mempertahankan interior dari masa lalu sehingga memberikan kesan yang kuno sekaligus unik. Kafe ini menghidangkan menu-menu ringan seperti kopi, teh, dan yang terkenal adalah kue krim keju. Dan pengunjung akan diperdengarkan lagu-lagu lama saat berada di kafe ini. Untuk menuju ke kafe ini bisa dengan menggunakan subway menuju ke HYEHWA STATION (LINE 4, EXIT 3) lalu berjalan sekitar 60 meter ke depan.

LOKASI BERTEMA HANSIK & HANOK

1. Yurimmyeon

Yurimmyeon, Seoul
Yurimmyeon, Seoul

Penggemar kuliner Korea pasti akan suka  berkunjung ke tempat ini. Bagaimana tidak, tempat yang ada di episode 7 ketika Cheon Song Yi dan Do Min Joon sedang lahap menikmati Mie Udong (Naembi Udong) langsung dari pancinya yang panas ini memang terkenal dengan mie udongnya yang terkenal sejak 50 tahun lalu. Restoran yang terletak di 139-1 Seosomun-roSogon-dung, Jung-gu, Seoul ini telah dijalankan selama 3 generasi. Mienya terbuat dari bahan-bahan alami memberikan kualitas rasa yang kenyal dan unik. Menu terkenal dari restoran ini selain Naembi Udong, masih ada pula fresh Eomuk (kue ikan), Teokbokki (kue beras), Bibimmyeon, dan Milmyeon (mie yang disajikan dalam kaldu dengan bahan-bahan obat yang sehat). Untuk menuju ke restoran ini bisa dengan menggunakan subway menuju ke CITY HALL STATION (LINE 1 or 2, Exit 11 or 12) karena restoran ini terletak di dekatnya.

2. Korean Folk Village (한국민속촌)   

Korean Folk Village
Korean Folk Village

Karena cerita di drama ini terkadang flashback ke masa lalu ketika Do Min Joon hidup di masa dinasti Joseon, maka untuk adegan masa lalu kehidupan Do Min Joon itu, diambillah lokasi di Korean Folk Village yang memang adalah sebuah tempat di mana kita bisa menemukan rumah-rumah bergaya hanok. Tempat ini berlokasi di Yongin, Gyeonggi-do Untuk menuju ke tempat ini bisa dengan menggunakan subway menuju ke SUWON STATION (LINE 1) dan setibanya di sana kita bisa menggunakan free shuttle bus dengan mendatangi Folk Village Office yang terdapat di depan Suwon Station.

LOKASI BERTEMA LANDMARK KOTA SEOUL

1. N Seoul Tower (N 서울타워)   

N Seoul Tower
N Seoul Tower

Berkunjung ke Seoul, Korea Selatan tidak afdol jika belum mengunjungi N Seoul Tower yang juga terkenal dengan pohon gembok cintanya (love lock tree). Tidak heran jika tempat ini sangat populer dan menjadi a must see place ketika berada di Seoul. Di episode 16 dan 18 kita bisa melihat keindahan tempat ini ketika Cheeon Song Yi dan Do Min Joon melakukan kencan romantisnya di tempat ini. Selain pohon gembok cinta, kita bisa mengunjungi Observatory (biaya 9.000 won) dan Alive Museum (biaya 12.000 won) yang menjadi pengganti Teddy Bear Museum. Cara hemat dan mudah untuk mengunjungi tempat yang menarik ini adalah dengan menggunakan subway menuju CHUNGMURO STATION (LINE 3 or 4, EXIT 2 or 4) atau DONGGUK UNIV. STATION (LINE 3, EXIT 6) lalu ambillah bus YELLOW CIRCUIT (NAMSAN SHUTTLE BUS) #2 atau #5.

2. Dongdaemun Design Plaza / DDP (동대문디자인플라자)

Dongdaemun Design Plaza (DDP), Seoul
Dongdaemun Design Plaza (DDP), Seoul

Sesuai bahasan di blog ini beberapa bulan yang lalu tentang Dongdaemun History and Culture Park, yang di dalamnya terdapat Dongdaemun Design Plaza (DDP) yang baru saja diresmikan pada 21 Maret 2014 lalu. DDP ini adalah sebuah bangunan berdesain unik yang menyerupai sebuah ruang kapal yang dirancang oleh arsitek terkenal dunia, Zaha Hadid dimana terdiri dari 3 lantai di atas dan di bawah tanah yang mencakup museum, pusat bisnis/perbelanjaan, dan taman. Adegan dari episode 14 ketika Cheon Song Yi melakukan aksi syuting di mana kabel melekat di tubuhnya, dilakukan di tempat ini. Jika ingin berkunjung ke tempat baru yang unik dan menarik ini cukup dengan menggunakan subway menju DONGDAEMUN HISTORY AND CULTURE PARK STATION (LINE 2, 4, or 5) dan keluarlah dari EXIT 1 or 2.

3. Hangang River Ferry Cruise

Hangang River Ferry Cruise
Hangang River Ferry Cruise

Kapal feri pesiar yang mewah ini terdapat di episode 4 yaitu adegan pesta ulang tahun salah satu teman artis Cheon Song Yi yang pestanya berlangsung di atas kapal feri yang terdapat di salah satu taman sungai Han. Sungai Han sendiri memiliki sekitar 12 taman (*baca : TAMAN DI SEPANJANG TEPIAN SUNGAI HAN) yang terdapat di sepanjang alirannya mulai dari ujung paling barat sampai ujung paling timur. Nah, taman yang memiliki terminal feri itu terdapat di Yeouido Hangang Park dan Jamsil Hangang ParkUntuk menuju ke Yeouido Hangang Park bisa dengan menggunakan pilihan cara :

  1. menuju National Assembly Station (Line 9, Exit 1). ATAU :
  2. menuju Yeouido Station (Line 5, Exit 3), berjalan sekitar 5 menit melewati gedung Majelis Nasional. ATAU :
  3. menuju Yeouinaru Station (Line 5, Exit 2 or 3).

sedangkan untuk menuju ke Jamsil Hangang Park kalian bisa menggunakan subway dengan pilihan cara berikut :

  1. menuju ke Jamsillaru Station (Line 2, Exit 3 or 4). ATAU :
  2. menuju ke Jamsil Station (Line 2, Exit 6). ATAU :
  3. menuju ke Sincheon Station (Line 2 or 8, Exit 7)

Lalu jika kalian masih ingin melihat air mancur pelangi (Rainbow Fountain) yang populer itu, kalian bisa berkunjung ke Banpo Hangang Park dengan menggunakan subway dengan pilihan cara berikut :

  1. menuju ke Dongjak Station (Line 4, Exit 1 or 2). ATAU :
  2. menuju ke Express Bus Terminal Station (Line 3,7, or 9, Exit 8-1), berjalan sekitar 250m dan belok kanan di persimpangan Express Bus Terminal dan berjalan lurus sekitar 400m melewati underpass untuk tiba di taman ini.

4. Ilsan Lake Park

Ilsan Lake Park
Ilsan Lake Park

Masih ingat adegan di episode 17 ketika Do Min Joon dan Cheon Song Yi rada marahan dan tiba-tiba muncul Suzy Miss A yang menjadi cameo di drama ini? Nah, adegan ini diambil di Ilsan Lake Park yang terdapat di kota Goyang (Goyang-si) yang sebenarnya adalah salah satu kota dari propinsi Gyeonggi yang tidak jauh dari kota Seoul. Ilsan Lake Park sendiri adalah sebuah danau buatan yang airnya berasal dari reservasi air Jamsil. Selain danau, terdapat pula taman yang menjadi sarana relaksasi dan olahraga bagi warga sekitar. Untuk menuju ke tempat ini cukup dengan menggunakan subway menuju JEONGBALSAN STATION (LINE 3, EXIT 1 or 2) lalu berjalan sekitar 10 menit di sepanjang Jungangro-1261 Beon-gil atau Jungangro-1275 Beon-gil.

LOKASI BERTEMA PERANCIS

1. Petite France (쁘띠프랑스)

Petite France, South Korea
Petite France, South Korea

Seperti yang telah saya bahas di postingan beberapa bulan yang lalu, resort yang bernuansa perkampungan Perancis yang terletak di Provinsi Gyeonggi (Gyeonggi-do) ini menjadi lokasi syuting episode 15 drama ini yaitu scene ketika Cheon Song Yi syuting hingga larut malam dan tanpa sengaja ditinggalkan sendiri oleh para kru, dan Do Min Joon tiba-tiba muncul dan kissing scene pun terjadi di sini ^^  Untuk menuju ke PETITE FRANCE bisa menggunakan alternatif cara di bawah ini :

  • Menggunakan subway yang berada di LINE 1 misalnya dari SEOUL STATION atau CITY HALL STATION dan berganti jalur/line di CHEONGNYANGNI STATION atau HOEGI STATION yang berada di GYEONGCHUN LINE untuk meneruskan perjalanan sampai di CHEONGPYEONG STATION. Setibanya di sana naiklah GAPYEONG CITY TOUR BUS yang akan mengantarkan kita ke tempat ini. Atau :
  • Menggunakan subway yang berada di LINE 2 menuju GANGBYEON STATION dan keluar melalui EXIT 4 untuk mengambil bus di DONG SEOUL BUS TERMINAL dan ambillah bus antar kota (intercity bus) menuju CHEONGPYEONG TERMINAL lalu ambillah bus lokal menuju GOSEONG-RI (고성리)

2. Provence Village (프로방스 마을)

Provence Village, Paju, Gyeonggi-do, South Korea
Provence Village, Paju, Gyeonggi-do, South Korea

Hampir sama dengan Petite FranceProvence Village juga menawarkan tempat yang bertema perkampungan kecil ala Perancis dimana di area ini terdapat restoran, fashion gallery, kafe, serta bangunan lainnya yang bergaya Perancis (Eropa). Tempat yang cukup populer sebagai salah satu destinasi wisata saat berada di Korea Selatan ini menjadi lokasi syuting drama ini untuk episode ke-16 yaitu adegan dimana Do Min Joon jatuh pingsan setelah menerima ciuman dari Cheon Song Yi yang akhirnya Cheon Song Yi mengomel dan membawanya pulang. Yahh,, terjadi perubahan latar dari Petite France, di Gapyeong, Gyeonggi-do ke Provence Village, di Paju, Gyeonggi-do. Jika kalian tertarik untuk berkunjung ke tempat ini cukup dengan menggunakan subway menuju GEUMCHON STATION (GYEONGGI LINE), sesampainya di sana ambillah bus lokal bernomor #2 atau #3 untuk mengantarkan kalian ke tempat ini. Perjalanan bus sekitar 30 menit. Alternatif cara lainnya untuk menuju ke tempat ini bisa dilihat di link Paju Travel.

LOKASI BERTEMA ALAM

1. Jangam Reservoir

Jangam Reservoir, Pucheon-si, Gyeonggi-do
Jangam Reservoir, Pucheon-si, Gyeonggi-do

Jangam Reservoir menjadi tempat syuting adegan di episode 10 ketika Cheon Song Yi dan Do Min Joon menghabiskan waktu bersama di tempat bersalju. Tempat ini merupakan bagian dari Gungmangbong Recreational Forest (국망봉자연휴양림) yang terdapat di kota Pocheon, Gyeonggi-do. Walaupun tempat ini masih kurang familiar di kalangan orang-orang di sana, tetapi tempat ini memiliki pemandangan alam yang indah seperti puncak gunung dan danau. Jika kalian tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, kalian bisa ke sana dengan cara menggunakan subway menuju GANGBYEON STATION (LINE 2, EXIT 4) untuk menuju ke terminal bus DONG SEOUL BUS TERMINAL (동서울종합터미널) yang akan mengantar kalian hingga ke kota Pocheon, Gyeonggi-do. Setelah tiba di sana, gunakan taxi untuk menuju ke Gungmangbong Recreational Forest dengan biaya sekitar 7.000 won.

2. Jangsado Sea Park (장사도 해상공원)   

Jangsado Sea Park, Gyeongsangnam-do
Jangsado Sea Park, Gyeongsangnam-do

Ini adalah lokasi terjauh sekaligus terindah menurutku. Jangsado Island menjadi lokasi syuting untuk adegan di episode 19 ketika Do Min Joon berteleportasi bersama Cheon Song Yi saat semua orang telah mengetahui identitas Do Min Joon. Di tempat ini pula Do Min Joon melamar Cheon Song Yi ^^ Tempat yang sangat indah dan terkenal dengan bunga Kamelia-nya yang akan bermekaran pada saat winter ini terdapat di Geoje Island yang terletak di kota Tongyeong (Tongyeong-si), propinsi Gyeongsangnam (Gyeongsangnam-do). Adapun cara untuk menuju ke tempat ini :

  1. Gunakan subway menuju NAMBU BUS TERMINAL STATION (LINE 3, EXIT 5) -> lalu naiklah bus antar propinsi menuju Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do. Lama perjalanan sekitar 4,5 jam (372 km) dengan biaya sekitar 21.800 won
  2. Setibanya di sana pergilah ke Tongyeong Ferry Terminal untuk menuju ke Jangsado Sea Park dengan biaya feri sebesar 15.000 won (dewasa). Biaya masuk ke tempat ini sebesar 8.500 won (dewasa).

*other source : [Filming Location, Tongyeong ] You who came from the Stars @ Jangsado Sea Park.

Nah, masih di seputaran Gyeongsangnam-do, masih ada 1 lagi lokasi syuting drama ini tepatnya di episode 6 dan 7 yaitu adegan ketika Cheon Song Yi berada di sebuah taman bermain bersama Hwi Kyung untuk merayakan ulang tahun Song Yi. Berdasarkan info dari link ini, taman bermain ini berada di Yangsan-si tepatnya beralamat di 68 Tongdo 7-Gil, Habuk-myeon, Yangsan-si, Gyeongsangnam-do, South Korea.

Tongdo Fantasia, Yangsan-si, Gyeongsangnam-do
Tongdo Fantasia, Yangsan-si, Gyeongsangnam-do

photo source >> HERE

Nah itulah bahasan tentang lokasi-lokasi syuting drama You Who Came From The Stars. Semoga informasi ini bisa membantu dan menjadi referensi bagi kalian yang akan berkunjung ke Korea Selatan. Happy traveling ^^

#WowKoreaSupporters

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s