Fly To The Sky

Fly To The Sky (Continuum)

Duo Fly To The Sky telah kembali dengan album Continuum! Salah satu grup kpop yang memulai debutnya di akhir tahun 90an tepatnya di tahun 1999 dan album terakhirnya sebelum comeback di tahun ini dibuat di tahun 2009. Sebuah penantian yang cukup lama bagiku yang juga suka sama mereka. Grup yang beraliran pop dan r&b ini telah mencuri perhatianku sejak pertama kali aku mulai menyukai kpop sekitar 11 tahun yang lalu. Lagu pertama mereka yang aku dengar adalah Sea Of Love dan saat itu aku hanya sebatas mendengarkannya saja tanpa mencari tahu tentang penyanyinya dan tidak pernah melihat mvnya. Saat itu aku memang tidak segila sekarang yang bisa dengan mudah mencari tahu tentang artis yang kusuka hanya dengan mengetikkan nama mereka di mesin pencari. Aku pun bisa mendengarkan lagunya hanya karena gak sengaja membeli mp3 lagu korea yang saat itu masih langka 😀

Fly To The Sky (1999)

Seiring berjalannya waktu, ketika aku mulai memperluas wawasan dan pergaulan dengan sesama penggemar Korea khususnya kpop yang aku temui baik di dunia nyata maupun di dunia maya, akhirnya wawasanku bertambah. Aku jadi tahu tentang sistem manajemen artis kpop di Korea. Jadi, Fly To The Sky itu adalah duo kpop yang beranggotakan Brian Joo dan Hwanhee yang keduanya disatukan di tahun 1998 oleh SM Entertainment. Diperkenalkan pertama kali dalam konser grup legendaris H.O.T di bulan November 1999 dan sebulan kemudian mereka pun memulai debutnya dengan mengeluarkan sebuah album yang bertitel Day By Day dan lagu berjudul sama menjadi lagu andalannya. Adapun catatan dari album-album Fly To The Sky :

Wuahh,,, udah banyak aja kan albumnya? Itu artinya mereka sudah punya banyak pengalaman di industri musik kpop karena masih bisa bertahan hingga sekarang (15,5 tahun lho!). Tapi bukan berarti grup ini tidak pernah mendapat masalah. Malah karena beberapa masalah yang membuat mereka bisa bertahan sampai sekarang. Lho? emang masalahnya apa aja? Pertama banyak yang menyayangkan ketika mereka memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan SM Entertainment di tahun 2004 dan mereka justru lebih memilih perusahaan kecil yaitu PFull Entertainment. Alasannya sederhana, mereka hanya ingin dipromosikan sebagai musisi tanpa memperhitungkan unsur komersil semata *woow…. salut!! 😉 .

Brian Joo & Hwanhee
Brian Joo & Hwanhee

Masalah lainnya adalah sempat ada pertengkaran antara kedua member. Aku pernah nonton di acara variety show, Strong Heart (SBS), dengan mata berkaca-kaca, disitu keduanya menceritakan tentang kemelut yang dihadapi yang bahkan membuat mereka bertengkar dan nyaris bubar. Untung saja mereka berhasil didamaikan dan keduanya memutuskan untuk lebih memahami satu sama lain. Dan karena hal itulah mereka kini menjadi lebih kompak dari sebelumnya.

Jeda dari 2009 ke 2014

Selama masa-masa jeda itu pasti akan muncul pertanyaan ada apa dengan mereka? Well, sebenarnya mereka tidak hiatus tapi karena kesibukan personal masing-masing hingga mereka baru bisa mengeluarkan album di tahun ini. Hwanhee mulai sibuk dengan kegiatan aktingnya, mengeluarkan album solonya, dan akhirnya menjalankan wajib militernya di tahun 2011 selama 2 tahun. Begitu pula dengan Brian Joo yang juga mengeluarkan album solonya dengan hits single Let This Die (featuring Tiger JK untuk versi Korea, dan featuring Flowsik of Aziatix untuk versi Bahasa Inggris),  dan sambil menunggu Hwanhee dari wajib militer, ia mulai menggeluti dunia teater musikal. Selain itu keduanya pun mulai eksis di acara variety show di sejumlah stasiun tv, namun walaupun begitu mereka tetap kompak sampai akhirnya di 20 Mei 2014 ini mereka berhasil merilis sebuah album baru dan dengar-dengar akan disusul dengan konsernya… can’t wait! ^^

Fly To The Sky (Continuum)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s