Kebiasaan Orang Korea di Musim Panas

Bulan Juni telah tiba, itu artinya musim panas telah tiba. Saya jadi ingat saat pertama kali menginjakkan kaki di Korea Selatan di pertengahan Juni 2013 lalu. Saat itu suhu udara sekitar 25°C, dan karena saya tinggal di daerah tropis jadi sudah merasa familiar dengan suhu udara tersebut dan tetap have fun selama traveling singkat di sana. Tapi konon jika sudah memasuki bulan Juli – Agustus maka siap-siap saja merasakan dahsyatnya musim panas di sana. Lalu bagaimana cara orang-orang Korea sendiri menjalani hari-hari mereka di musim panas itu?

1. Rekreasi di Pantai

Biasanya orang-orang Korea yang tinggal di perkotaan akan menghabiskan waktu luang mereka dengan bepergian ke luar kota khususnya ke daerah yang berpantai. Liburan di pantai adalah salah satu cara yang tepat untuk mengisi salah satu hari di musim panas karena di sana mereka bisa melakukan banyak aktivitas refreshing dan olahraga air. Sebagaimana diketahui jika pantai-pantai di Korea Selatan pada umumnya dikelola dengan baik di mana terdapat banyak fasilitas-fasilitas tambahan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Secara geografis, Korea Selatan memiliki banyak pantai. Pantai-pantai ini dibagi dalam 3 wilayah yaitu :

Pantai di Wilayah Timur (East Sea) :

photo source : KTO
photo source : KTO
  • Gyeongpo Beach (Gyeongpodae / 강릉 경포해변) di Gangneung-si, Gangwon-do. Untuk menuju ke tempat ini dari Seoul ada 2 alternatif : Naik subway menuju Gangbyeon Station / Dong Seoul Bus Terminal (Line 2, Exit 4) –> ambil bus menuju Gangneung, durasi perjalanan sekitar 3 jam. | Naik subway menuju Express Bus Terminal (Line 3, 7, 9, Exit 1) –> ambil bus menuju Gangneung, durasi perjalanan sekitar 2 jam 50 menit. Setelah tiba, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik bus kota no. 202 atau taxi.
  • Sokcho Beach (속초해변) di Sokcho-si, Gangwon-do. Untuk menuju ke tempat ini dari Seoul ada 2 alternatif : Naik subway menuju Gangbyeon Station / Dong Seoul Bus Terminal (Line 2, Exit 4) –> ambil bus menuju Sokcho, durasi perjalanan sekitar 3-4 jam. | Naik subway menuju Express Bus Terminal (Line 3, 7, 9, Exit 1) –> ambil bus menuju Sokcho, durasi perjalanan sekitar 3-4 jam. Setelah tiba, cukup berjalan kaki sekitar 500 meter di sisi kiri dari terminal bus Sokcho.
  • Naksan Beach (낙산해수욕장) di Yangyang-gun, Gangwon-do. Untuk menuju ke tempat ini dari Seoul ada 2 alternatif : Naik subway menuju Gangbyeon Station / Dong Seoul Bus Terminal (Line 2, Exit 4) –> ambil bus menuju Yangyang, durasi perjalanan sekitar 3-4 jam. | Naik subway menuju Express Bus Terminal (Line 3, 7, 9, Exit 1) –> ambil bus menuju Yangyang, durasi perjalanan sekitar 3-4 jam. Setelah tiba, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus kota no. 9 atau 9-1 –> turun di Naksan Station –> berjalan sekitar 300 meter.
  • Guryongpo Beach (구룡포해수욕장) di Pohang-si, Gyeongsangbuk-do. Untuk menuju ke tempat ini dari Seoul ada 2 alternatif : Naik subway menuju Gangbyeon Station / Dong Seoul Bus Terminal (Line 2, Exit 4) –> ambil bus menuju Pohang, durasi perjalanan sekitar 4 jam 30 menit. | Naik subway menuju Express Bus Terminal (Line 3, 7, 9, Exit 1) –> ambil bus menuju Pohang, durasi perjalanan sekitar 4 jam 40 menit. Setelah tiba, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus kota no. 200 –> turun di perhentian terakhir (Guryongpo) lalu naik taxi sekitar ₩ 2500.

Pantai di Wilayah Barat (West Sea) :

photo source : KTO
photo source : KTO
  • Daecheon Beach (대천해수욕장) di Boryeong-si, Chungcheongnam-do. Untuk menuju ke tempat ini dari Seoul ada 2 alternatif : naik subway menuju Express Bus Terminal (Line 3, 7, 9, Exit 1) –> ambil bus menuju Daecheon Terminal, durasi perjalanan sekitar 2 jam 20 menit. Setelah tiba perjalanan dilanjutkan dengan naik bus lokal yang menuju ke Daecheon Beach, perjalanan sekitar 20 menit. | Di setiap musim panas biasanya ada bus langsung dari Express Bus Terminal menuju ke Daecheon Beach.
  • Muchangpo Beach (무창포해수욕장) di Boryeong-si, Chungcheongnam-do. Untuk menuju ke tempat ini dari Seoul : naik subway menuju Express Bus Terminal (Line 3, 7, 9, Exit 1) –> ambil bus menuju Daecheon Terminal, durasi perjalanan sekitar 2 jam 20 menit. Setelah tiba perjalanan dilanjutkan dengan naik bus lokal yang menuju ke Muchangpo Beach, perjalanan sekitar 40 menit.
  • Byeonsan Beach (변산해수욕장) di Buan-gun, Jeollabuk-do. Untuk menuju ke tempat ini dari Seoul : naik subway menuju Express Bus Terminal (Line 3, 7, 9, Exit 1) –> ambil bus menuju Buan Terminal, durasi perjalanan sekitar 3 jam 10 menit. Setelah tiba perjalanan dilanjutkan dengan naik bus lokal yang menuju ke Gyeokpoperjalanan sekitar 30 menit lalu turun di Byeonsan Beach.

Pantai di Wilayah Selatan (South Sea) terdapat di propinsi yang sudah cukup familiar bagi penggemar Korea yaitu di Busan (Haeundae Beach) dan Jeju (Hyeopjae Beach). Tetapi masih ada 1 lagi pantai di wilayah selatan yaitu di propinsi Gyeongsangnam-do tepatnya di Namhae-gun yaitu Sangju Silver Sand Beach (상주 은모래비치). Untuk menuju ke tempat ini dari Seoul : naik subway menuju Nambu Bus Terminal Station (Line 3) –>ambil bus menuju Namhae, durasi perjalanan sekitar 4 jam 30 menit. Setelah tiba perjalanan dilanjutkan dengan naik bus lokal yang menuju ke Sangju Beach, perjalanan sekitar 30 menit.

photo source : KTO
photo source : KTO

Nah, itulah beberapa pantai di Korea Selatan yang biasanya menjadi tujuan dalam mengisi musim panas di Korea. Selain itu telah disediakan pula kereta api yang melewati wilayah-wilayah berpantai. Infonya bisa disimak di sini.

2. Mengkonsumsi Makanan Khas Musim Panas

Kebiasaan lainnya dari orang Korea di musim panas adalah makan makanan musim panas (summer food). Makanan khas yang populer di saat musim panas di sana antara lain : mie dingin berkuah kaldu (Naengmyeon/냉면) yang disajikan dalam mangkuk besi (stainless steel) dengan serutan es juga bahan sayuran lainnya. Selain itu ada es serut kacang merah (Patbingsu/팥빙수) yang disajikan dengan variasi tambahan seperti es krim, yoghurt, susu kental manis, sirup buah, kue beras (tteok), ataupun sereal. Selain makanan yang disajikan dalam keadaan dingin, juga ada makanan panas yang menyehatkan yaitu Samgyetang /삼계탕 berupa sup yang berisi 1 ekor ayam muda utuh yang telah dikeluarkan isi dalamnya lalu direbus bersama ginseng dan juga bahan lainnya yang menyehatkan tubuh.

photo source : wikipedia
photo source : wikipedia

3. Menonton Film Horor/Thriller

Summer biasanya identik dengan perilisan film bergenre horor/thriller di Korea Selatan. Hal ini mungkin juga diilhami dari salah satu tradisi dari sekelompok orang yang mengadakan camping musim panas lalu mereka berkumpul di depan api unggun di tengah malam dan menceritakan tentang kisah horor. Dan Korea Selatan telah dikenal reputasinya sebagai salah satu negara dengan produksi film horor/thriller terseram dan menegangkan selain Jepang dan Thailand. Beberapa film horor/thriller yang akan rilis di musim panas ini berdasarkan informasi dari Hancinema antara lain : No Tears For The Dead  (4 Juni 2014) yang dibintangi oleh Jang Dong Gun dan Kim Min Hee dan Mourning Grave (Juli 2014) yang dibintangi oleh Kang Ha Neul dan Kim So Eun. 

photo source : Hancinema
photo source : Hancinema

4. Lagu Musim Panas

Biasanya di musim panas akan dirilis lagu-lagu kpop bertema musim panas. Seperti di tahun lalu, lagu musim panas yang cukup populer adalah lagu dari 2NE1 yang berjudul Falling In Love. Kira-kira musim panas tahun ini akan diisi dengan lagu musim panas dari siapa yaa?? Sambil menunggu, mari kita refreshing kembali dengan lagu 2NE1 tersebut yang sebentar lagi akan berkunjung ke Indonesia dalam rangka tur konser dunia mereka, All Or Nothing yang diselenggarakan pada 8 Juni 2014 di MEIS, Ancol, Jakarta. Wooww… be ready dear all Blackjacks, YG Stand, and all kpopers ^^

2NE1 AON Indonesia
2NE1 AON Indonesia

#WowKoreaSupporters

References : KTO and Blog Korea

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s