Festival Musim Panas Korea yang Menarik di Bulan Juli

Musim panas di Korea Selatan berlangsung mulai bulan Juni – Agustus. Walaupun panas, tapi itu tidak mengurangi semangat orang-orang Korea untuk mengadakan festival yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Di pertengahan musim panas 2014 ini tepatnya di bulan Juli, sudah ada beberapa festival yang akan diadakan di beberapa daerah di sana dan festival itu cukup populer dan seru karena telah menarik minat sejumlah wisatawan yang kebetulan berada di sana untuk datang langsung dan menjadi bagian dari festival itu. Bagi kalian yang juga memiliki jadwal ke Korea di bulan Juli dan memiliki waktu yang cukup lama, kalian pun bisa mengeksplor beberapa daerah di sana sekaligus menjadi bagian dari kemeriahan festival di musim panas ini. Adapun festival-festival itu antara lain :

1. Boryeong Mud Festival (18 – 27 Juli 2014)

Festival Lumpur. Diadakan di propinsi Chungcheongnam (Chungcheongnam-do), tepatnya di pantai Daecheon kota Boryeong (Boryeong-si), festival ini adalah festival yang sangat seru dan paling populer di kalangan orang lokal dan juga wisatawan. Di festival ini, pengunjung akan menikmati banyak kesenangan antara lain bergulat dengan lumpur, mandi di bak besar yang penuh lumpur, lari marathon dengan badan penuh lumpur, melukis badan dengan lumpur, dan jika ingin lebih rileks, mereka bisa mencoba pijat lumpur. Tidak perlu khawatir dengan lumpur ini, karena lumpur dari pantai Daecheon telah diuji secara ilmiah dari beberapa lembaga riset di Korea Selatan bahwa lumpurnya layak digunakan sebagai bahan kosmetik karena mengandung inframerah yang baik untuk tubuh manusia dan juga memiliki kandungan germanium, mineral, dan bentonit yang jauh lebih baik dari kosmetik produk impor. Festival berlangsung sepanjang hari dan di malam hari ada musik dan pesta kembang api. Festival ini bisa dinikmati oleh siapa saja dari anak-anak hingga orang dewasa. Info selengkapnya tentang festival ini bisa di simak di sini | sini | sini.

Boryeong Mud Festival (photo source : KTO)
Boryeong Mud Festival (photo source : KTO)

Adapun harga tiket yang dikenakan untuk berpartisipasi dalam festival ini :

Ticket Price for Boryeong Mud Festival
Ticket Price for Boryeong Mud Festival

Ada 3 alternatif cara untuk menuju ke Boryeong dari Seoul :

  1. Dari Seoul Central City Bus Terminal, ambil Ekspres Bus menuju Boryeong (보령). Durasi perjalanan sekitar 2 jam 20 menit. Setibanya di Boryeong Bus Terminal, naik bus lokal menuju Daecheon Beach. (10 menit interval)
  2. Dari Dong Seoul Terminal Bus Ekspres, ambil Ekspres Bus menuju Daecheon Terminal. Durasi perjalanan sekitar 3 jam. Setibanya di sana, naik bus lokal menuju Daecheon Beach.
  3. Dari Yongsan Station Seoul atau Yeongdeungpo Station, naik kereta ke Daecheon Station. Dari Daecheon Station, mengambil bus lokal menuju Daecheon Beach. Jika titik awal keberangkatan kalian bukan dari Seoul, kalian bisa menyimak infonya di sini.

2. Geochang International Festival of Theatre (25 Juli – 10 Agustus 2014)

Festival teater internasional yang diadakan di Geochang-gun, Gyeongsangnam-do. Festival teater ini diadakan secara outdoor dan diikuti oleh beberapa tim peserta dari luar negeri dengan menampilkan seni teater khas dari negara masing-masing. Jadi bagi kalian yang suka dengan dunia teater, tidak ada salahnya untuk menyaksikan penampilan salah satu tim peserta yang berdurasi sekitar 85 – 115 menit dengan biaya 15.000 won. Info selengkapnya tentang festival ini bisa disimak di sini.

Geochang International Festival of Theater (photo source : KTO)
Geochang International Festival of Theater (photo source : KTO)

Cara untuk menuju ke tempat ini : Dari Dong Seoul Terminal Bus, naik bus menuju Suseungdae Intercity Bus Terminal. Lokasi festival berada di seberang sungai, sekitar 3 menit berjalan kaki.

3. Bonghwa Eun-uh (Sweet Fish) Festival (26 Juli – 2 Agustus 2014)

Festival Ikan Manis yang diadakan di Naeseongcheon Stream, Bonghwa-gun, Gyeongsangbuk-do. Di festival ini, pengunjung akan mengalami keseruan dengan menangkap ikan manis yang mudah ditemukan di Naeseongcheon Stream dengan cara menangkapnya menggunakan alat jaring sendok dengan tongkat panjang atau dengan tangan kosong sekalipun. Hal yang menyenangkan adalah ketika pengunjung bisa langsung menikmati ikan manis hasil tangkapannya yang diolah terlebih dahulu dengan cara dicelupkan ke dalam adonan tepung kemudian digoreng dan disantap dengan saus lobak… hmm yummy ^^

Bonghwa Eun-uh (Sweet Fish) Festival
Bonghwa Eun-uh (Sweet Fish) Festival

Selain itu, ada beberapa program pendidikan dan kebudayaan antara lain : pameran ikan air tawar yang menampilkan beberapa spesies lain, pusat ekologi di mana pengunjung dapat mengamati lingkungan alam dari kehidupan sweet fish, Korea Currency Museum, keramik, hanji (kertas tradisional Korea), kerajinan dan prasasti batu, menunggang kuda, dan menjelajahi hutan pinus Bonghwa. Tiket yang dikenakan untuk berpartisipasi dalam festival ini sebesar 10.000 won untuk dewasa dan 8.000 won untuk anak-anak. Jika kalian tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, kalian bisa menuju ke sana dengan cara naik bus menuju Bonghwa Bus Terminal, lalu menyeberangi Jembatan Naeseong yang berada di sebelah kiri karena Festival venue terletak di sisi kanan jembatan. Info selengkapnya tentang festival ini bisa disimak di sini.

4. Pohang International Firework Festival (31 Juli – 3 Agustus 2014)

Festival kembang api internasional yang diadakan di kota Pohang, (Pohang-si), Gyeongsangbuk-do. Festival yang berlangsung selama 4 hari ini berlangsung di beberapa lokasi di kota ini antara lain di Hyeongsangang Sports Park, Yeongildae Northern Beach, dan Bukbu Beach. Festivalnya dikemas menarik dengan menampilkan parade kembang api, teater ombak, experince program oleh korps marinir, serta kontes bulutangkis nasional. Info selengkapnya bisa disimak di sini.

Pohang Firework International Festival
Pohang Firework International Festival

Cara untuk menuju ke lokasi festival ini :

Bukbu Beach

Dari Pohang Intercity / Terminal Bus Ekspres atau Pohang Station. Ambil Bus 105 atau 200 dan turun di Bukbu Beach Bus Stop.

Hyeongsangang Sports Park

Dari Pohang Intercity / Terminal Bus Ekspres atau Pohang Station, naik taksi ke Hyeongsangang Sports Park (durasi sekitar 10 menit)

Bus Lokal

Ambil Bus 101, 102, 100, 160 atau 200 dan turun di Hyeongsan Rotary Bus Stop.

Nah, itulah beberapa bahasan tentang festival musim panas yang berlangsung di bulan Juli ini, semoga dapat menjadi referensi bagi kalian yang akan berwisata ke Korea Selatan. Happy traveling guys ^^

 

#WowKoreaSupporters

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s