Kemeriahan Menyambut Pesta Olahraga 17th Asian Games 2014 di Incheon

Sebulan lagi tepatnya di tanggal 19 September 2014 kota Incheon, Gyeonggi-do, Korea Selatan akan meriah dengan penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games yang ke-17 yang akan diikuti oleh 45 negara Asia termasuk Indonesia ini. Incheon adalah kota ketiga di Korea Selatan setelah Seoul (1986) dan Busan (2002) yang berhasil terpilih sebagai kota penyelenggara pesta olahraga se-Asia yang dilaksanakan tiap 4 tahun sekali. Pesta olahraga Asia yang ke-17 ini berslogan Diversity Shines Here (keanekaragaman bersinar di sini) menandakan tentang pentingnya keragaman Asia yang indah dalam sejarah, budaya, dan agama. Pesta olahraga ini akan berlangsung hingga tangga 4 Oktober 2014.

Dalam rangka menyambut kemeriahan ini, pemerintah Korea Selatan bersama pemerintah kota Incheon sudah mulai berbenah mulai dari stadion-stadion unggulan yang akan digunakan selain stadion utama yaitu, Incheon Asiad Main Stadium sampai pada konstruksi jalur Incheon subway yang dipersingkat masa penyelesaiannya dari rencana semula yang diperkirakan akan selesai di tahun 2018. Selain itu, prosedur pelayanan imigrasi di bandara Incheon juga ditingkatkan selama masa penyelenggaraan Asian Games tersebut demi kenyamanan penumpang.

Asiad Main Stadium, Incheon
Asiad Main Stadium, Incheon

Lambang dan Maskot Asiad

Sudah menjadi tradisi dalam penyelenggaraan sebuah pesta olahraga pasti akan menghadirkan suatu lambang dan maskot yang menjadi ikon dari pesta olahraga tersebut. Untuk penyelenggaraan Asian Games yang ke-17 ini, telah diciptakan sebuah lambang dan maskot yang memiliki makna khusus.

Gambar yang berada di sebelah kiri atas adalah Lambang dari Asian Games yang ke-17 yang menggambarkan sayap besar yang terdiri dari serangkaian huruf “A” yang menandakan huruf awal dari kata Asia dengan matahari yang bersinar di kiri atasnya yang melambangkan tentang orang Asia yang saling berpegangan tangan di atas langit.

Lalu gambar yang berada di sebelah kanan atas adalah Maskot dari Asian Games yang ke-17 yang diresmikan pada tanggal 4 November 2010 di Songdo Island, Incheon dan dijadikan sebagai maskot resmi pesta olahraga ini. Ketiga maskot ini di kenal sebagai :

  • Barame (Angin) yang melambangkan kemampuannya untuk bergerak cepat seperti angin untuk menginformasikan tentang penyelenggaraan Asian Games ke-17.
  • Chumuro (Tari) yang melambangkan kemampuannya untuk membuat suasana dunia menjadi damai dan menginformasikan tentang semangat yang menyenangkan dari Asian Games ke-17.
  • Vichuon (Cahaya) yang melambangkan kemampuannya untuk menyinari dunia dan menginformasikan tentang persiapan pelaksanaan Asian Games ke-17 ini.
Barame, Chumuro, Vichuon
Barame, Chumuro, Vichuon

Ketiga ikon ini juga melambangkan tentang perdamaian di masa mendatang antara Korea Selatan dan Korea Utara. Yahh… I hope so… hopefully it will happen someday ^^

Medali untuk pemenang yang bergambar lambang resmi Asian Games ke-17
Medali untuk pemenang yang bergambar lambang resmi Asian Games ke-17

Uang Koin Khusus untuk 17th Asian Games 2014

Tak mau ketinggalan dalam kemeriahan Asian Games ke-17, Bank of Korea pun mengeluarkan seri uang koin khusus di bulan Agustus ini yang terdiri dari satu set koin emas , perak, dan perunggu. Untuk koin emas terdiri dari 99,9% emas, perak terdiri dari 99,9% perak, sedangkan perunggu terdiri dari 65% tembaga dan 35% seng.

Koin emas (gold) yang diedarkan sebanyak 8.000 koin terdiri dari nominal 20.000 won (3.000 koin) dan 15.000 won (5.000 koin) photo credit to : http://www.coin-database.com
Koin emas (gold) yang diedarkan sebanyak 8.000 koin terdiri dari nominal 20.000 won (3.000 koin) dan 15.000 won (5.000 koin)
photo credit to : http://www.coin-database.com
Koin perak (silver) yang diedarkan masing-masing sebanyak 12.500 koin terdiri dari nominal 10.000 won, 5.000 won berlambang olahraga taekwondo dan 5.000 won berlambang olahraga renang photo credit to : http://www.coin-database.com
Koin perak (silver) yang diedarkan masing-masing sebanyak 12.500 koin terdiri dari nominal 10.000 won, 5.000 won berlambang olahraga taekwondo, dan 5.000 won berlambang olahraga renang
photo credit to : http://www.coin-database.com
Koin perunggu (bronze) yang diedarkan sebanyak 17.500 koin dengan nilai nominal 1.000 won photo credit to : http://www.coin-database.com
Koin perunggu (bronze) yang diedarkan sebanyak 17.500 koin dengan nilai nominal 1.000 won
photo credit to : http://www.coin-database.com

Lagu Pendukung

Suatu penyelenggaraan pesta olahraga akan lebih meriah dengan adanya lagu resmi (official song). Dan yang beruntung menjadi penyanyi untuk official song-nya adalah grup JYJ dengan lagunya Only One yang dipilih sebagai lagu resmi dari Asian Games ke-17 ini. Simak klipnya di bawah ini :

Sedangkan musisi dari beberapa negara Asia masing-masing juga memberikan dukungannya dalam bentuk lagu salah satunya Andra and the Backbone untuk mendukung tim Indonesia dengan lagunya yang berjudul Victory. Lagu-lagu pendukung yang dinyanyikan oleh beberapa musisi Asia inipun dibuatkan dalam sebuah album kompilasi yang dirilis oleh Universal Music pada tanggal 20 Juni 2014. Info selengkapnya di sini.

Kemeriahan Opening Ceremony

Dan jangan sampai melewatkan kemeriahan opening ceremony yang berlangsung di tanggal 19 September 2014 karena acara ini akan dimeriahkan oleh artis-artis Korea yang sangat terkenal dan menjadi idola kalian. Selain JYJ sebagai perwakilan, acara ini juga akan dimeriahkan oleh BigBang yang baru saja merayakan ulang tahun ke-8 mereka pada 19 Agustus lalu, sehari setelah ulang tahun sang leader, G-Dragon pada 18 Agustus. Lalu ada juga Exo, CN Blue, Psy, aktris Lee Young Ae yang dikenal lewat aktingnya yang memukai di serial Jewel In The Palace, juga ada sang alien ganteng, Kim So Hyun yang juga akan bernyanyi dalam opening ceremony tersebut. Info selengkapnya di sini.

JYJ

 

Seragam Staf 

Dilansir dari korea.net, pada 19 Agustus 2014 kemarin seragam untuk staf Asian Games ke-17 resmi diluncurkan di sebuah gymnasium di Bupyeong-gu, Incheon bersamaan dengan penyambutan sekitar 5.000 relawan (volunteer) untuk kelancaran penyelenggaraan pesta olahraga ini. Ada tujuh set seragam termasuk untuk para juri, Dewan Olimpiade Asia, dan komite penyelenggara.

seragam staff Asean Games ke-17 (photo courtesy of the IAGOC)
seragam staff Asean Games ke-17 (photo courtesy of the IAGOC)

Untuk mendapatkan berita ter-update tentang 17th Asean Games 2014 Incheon, kalian bisa mengaksesnya di official website | facebook | twitter ^^

References : Here | Here Here

#WowKoreaSupporters

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s