Free Walking Tour Guide di Seoul

Sudah bukan rahasia lagi jika kota Seoul memiliki sejumlah tempat wisata yang wajib dikunjungi. Jika kalian hendak ke Korea Selatan tepatnya Seoul dan masih bingung dengan sejumlah itinerary yang belum maksimal dipersiapkan, tak perlu khawatir sebab di Seoul terdapat sejumlah komunitas independen yang bergerak di bidang jasa panduan wisata. Komunitas ini biasanya dikelola oleh sekelompok orang yang terdiri dari pelajar SMA, mahasiswa, bahkan orang biasa yang mendedikasikan hidupnya untuk membantu para wisatawan yang berkunjung ke kota Seoul dengan memberikan panduannya secara cuma-cuma. Biasanya mereka mengadakan tur secara berkelompok, jadi kalian akan disatukan dengan beberapa wisatawan lain yang telah melakukan reservasi sama seperti kalian lalu pemandu akan membawa kalian ke tempat-tempat yang telah ada dalam daftar mereka. Kegiatan ini pastilah sangat menyenangkan karena selain mengunjungi sejumlah tempat-tempat wisata di kota Seoul, kalian pastinya akan mendapatkan lagi teman baru dan itu adalah manfaat plus dari kegiatan traveling ini. Apa-apa saja sih komunitas Free Walking Tour Guide yang ada di kota Seoul? Let’s check it out….

1. Goodwill Guide

Sekelompok relawan yang terdaftar di KTO pada tanggal 31 Desember 2009 ini dibentuk untuk membantu wisatawan dengan menyediakan layanan jasa panduan gratis dan juga mereka menghadiri sejumlah festival dan acara seperti acara pertukaran budaya. Bila kalian memerlukan pemandu untuk berwisata, mereka akan dengan senang hati membantu dan menawarkan layanan secara gratis. Tetapi itu tidak termasuk dengan sejumlah biaya untuk menjangkau tempat wisata yang akan kalian kunjungi. Relawan ini bisa berbahasa asing (Inggris) meski untuk level yang biasa karena latar belakang dari relawan ini beragam. Ada yang berstatus sebagai pelajar sekolah, pekerja kantoran, ibu rumah tangga, bahkan pensiunan. Sebisa mungkin mereka akan membantu kalian dalam memberikan informasi dan saran tentang tempat wisata, transportasi, dan akomodasi selama kalian berada di Korea. Jadi jika kalian berminat menggunakan jasa mereka, hal pertama yang kalian lakukan adalah tentukan kota yang akan kalian kunjungi kemudian mendaftar untuk aplikasi Goodwill Guide yang ada di website KTO. Info selengkapnya bisa kalian dapatkan di sini dan di sini.

2. SeoulMate

Komunitas ini terdiri dari relawan yang berstatus sebagai mahasiswa di mana mereka menawarkan jasa free walking tour guide di kota Seoul dengan memberikan pemahaman tentang budaya kota Seoul melalui program tour yang telah mereka rancang. Melalui program walking tour yang sedikit berbeda dari komunitas sejenis, diharapkan para peserta tour berkelompok kecil ini bisa menikmati pengalaman hidup khas warga kota Seoul. Turnya sendiri dirancang sedemikian rupa sehingga nampak lebih menyenangkan, aktif, dan lebih dekat dengan kehidupan nyata orang Korea. Turnya diadakan setiap hari Sabtu dan untuk reservasi bisa dilakukan secara online. Pastikan reservasi paling lambat sampai hari Rabu untuk 1 (satu) paket tur yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu. Mau tahu lebih banyak tentang komunitas ini? kalian bisa membuka langsung fanpage facebook SeoulMate  😉

SeoulMate (photo source credit to : SeoulMate FP)
SeoulMate (photo source credit to : SeoulMate FP)

3. Meteor Youth Voluntary Club

Komunitas ini terdiri dari sejumlah pelajar SMA, mahasiswa, dan warga asing yang menetap di Seoul. Komunitas ini menyediakan jasa free walking tour guide yang menyenangkan baik itu secara individu maupun kelompok kecil. Hal ini bisa dilihat dari testimoni peserta tur yang ditinggalkan melalui facebook group Meteor Youth. Kalian juga bisa mendapatkan sejumlah informasi lainnya tentang komunitas ini melalui facebook fanpage maupun website 😉

Meteor Youth
Meteor Youth

4. i-Seoul Walking Tourist Guides 

Pemandu yang tergabung dalam kelompok ini dikerahkan melalui jasa Seoul’s Volunteer Center to Seoul dan mereka biasanya berada di tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sangat mudah mengenali keberadaan pemandu ini di tempat wisata karena mereka biasanya mengenakan topi krem dan rompi merah.

5. Seoul Cultural Tourism Volunteer Guides

Pemandu wisata yang tergabung dalam komunitas ini adalah relawan yang ahli dan memiliki pengetahuan dalam hal sejarah dan budaya kota Seoul. Mereka secara sukarela akan memberi panduan untuk membantu wisatawan yang berkunjung ke Seoul secara lebih mendalam. Mereka melakukan tugasnya dalam program Seoul City Walking Tours yaitu program gratis yang ditawarkan untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke sejumah tempat wisata di Seoul dengan berjalan kaki di bawah bimbingan ahli dari pemandu wisata. Tentu saja kegiatan ini sangat menyenangkan sebab kita akan dipandu oleh tur guide yang berpengalaman dan kalian bisa bertemu dengan wisatawan lain yang ikut bergabung dalam program ini. Programnya pun di bagi ke dalam beberapa tema dan sub tema yang bisa menjadi pilihan seperti :

Program Tur dari Seoul Cultural Tourism Volunteer Guide (picsreen from VisitSeoul)
Program Tur dari Seoul Cultural Tourism Volunteer Guide (picsreen from VisitSeoul)

Untuk bergabung dalam program yang menarik ini caranya sangat mudah, kalian tinggal membuka websitenya di VisitSeoul City Walking Tours dan kalian bisa memilih lokasi tour yang ingin kalian ikuti. Jika tertarik, kalian bisa melakukan reservasi online di sini,dimana reservasinya dilakukan minimal 3 hari sebelumnya.

Jadi jika kalian berencana ke Korea Selatan tanpa teman atau tidak mengikuti paket tur manapun, mungkin kalian bisa mencoba untuk bergabung dalam paket tur gratisan yang dirancang oleh sejumlah komunitas pemandu wisata di atas. Make your travelling be great, amazing, and different! ^^

Referensi : korea4expats seoulistic 

#WowKoreaSupporters

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s