Destinasi Musim Gugur yang Menarik di Kota Seoul

Musim gugur (autumn season) adalah salah satu musim yang menjadi pilihan favorit untuk berkunjung ke Korea Selatan. Di musim ini mata kita akan dimanjakan oleh view kota Seoul yang didominasi warna kuning merah kecoklatan dari daun-daun dan bunga yang berguguran. Selain itu suhu udara yang sejuk bahkan lumayan dingin untuk kita-kita yang berdomisili di negara yang beriklim tropis akan memberikan pengalaman baru dan membuat jalan-jalan terasa lebih menyenangkan. Jika berkunjung ke Seoul untuk jangka waktu yang singkat dan ingin mendapatkan banyak pengalaman dengan biaya yang hemat mungkin berjalan-jalan di beberapa area kota Seoul yang indah selama musim gugur bisa menjadi pilihan kalian. Adapun beberapa tempat yang direkomendasikan oleh KTO antara lain :

1. Berjalan-jalan di Sepanjang Deoksugung’s Dongdam-gil Road

Seperti yang telah dibahas dalam tulisan Menikmati Musim Gugur di Sepanjang Jalan Berdinding Batu Deoksugung, Seoul, di musim gugur 2014 ini, jalan berdinding batu di area Deoksugung Palace yang dikenal sebagai Deoksugung’s Dongdam-gil atau Jeongdong-gil road , dijadikan sebagai area car free zone oleh pemerintah kota Seoul. Area yang dipenuhi dengan pepohononan ginkgo ini akan nampak kekuningan selama musim gugur dan membentang sepanjang 900 meter mulai dari Deoksugung Palace, City Hall, sampai Chongdong Theater. Selain itu, terdapat pula beberapa situs budaya lainnya di sepanjang area itu yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Lokasinya juga cukup dekat dari Myeongdong dan Namdaemun Market.

Deoksugung's doldam gil (photo source credit to : KTO)
Deoksugung’s doldam gil (photo source credit to : KTO)

Jika ingin berjalan-jalan di area ini kalian bisa menggunakan subway menuju City Hall Station (Line 1 or 2, Exit 2 or 12) lalu belok kiri saat keluar dari statiun dan berjalan lurus sekitar 30 meter, lalu mulailah petualangan seru kalian dan nikmati keindahan musim gugur yang romantis di sepanjang jalan ini 😉

2. Berjalan-jalan di Sepanjang Samcheongdong Street

Selama ini kita lebih familiar dengan area Insadong Street sebagai tempat yang terkenal dengan nuansa budaya tradisionalnya. Tapi sebenarnya selain Insadong, Samcheongdong street juga tidak kalah menariknya. Jika kalian penggemar variety showRoommate mungkin pernah mendengarnya sekilas karena di salah satu scene ditampilkan perjalanan beberapa pemain Roommate yang melewati Samcheongdong street dan bahkan membuat kagum salah satu pemainnya karena nuansa budaya di area itu masih terasa sampai sekarang. Jalan ini terletak dekat dari Gyeongbukgung Palace yang dikenal sebagai istana utama dinasti Joseon. Di sepanjang jalan ini pun kalian akan mudah melihat view daun gingko berwarna kekuningan yang berada di balik dinding batu istana Gyeongbukgung.

Samcheongdong-gil street (photo source credit to : KTO)
Samcheongdong-gil street (photo source credit to : KTO)

Jika tertarik, kalian bisa mencapai tempat ini dengan subway menuju Anguk Station (Line 3, Exit 1), dan begitu keluar kalian cukup berjalan lurus sekitar 150 meter dan belok kanan ke arah gang Jongno Culture Center dan nikmatilah walking tour di area bernuansa budaya. Kalian mungkin akan melewati salah satu pintu gerbang istana dan bisa mampir ke National Folk Museum of Korea. Kalian mungkin juga akan melewati jalan yang terdapat banyak galery kecil, toko-toko yang menjual lukisan dan aksesoris, serta restoran. Perjalanan ini dapat kalian akhiri di Samcheong Park yang merupakan salah satu lokasi kdrama lawas, My Lovely Samsoon dan Doctor Gang. Di taman ini kalian bisa bersantai sejenak setelah berjalan-jalan 😉

3. Berjalan-jalan di Sepanjang Nakseongdae’s Garosu-gil Road

Berlokasi di area Bongcheon-dong, Gwanak-gu, mungkin tempat ini kurang familiar bagi sebagian wisatawan, tapi justru karena kurang familiar maka tempat ini sangat layak untuk dikunjungi. Garosu-gil road yang terletak di luar Nakseongdae Station merupakan jalan sepanjang 1 kilometer yang akan tertutupi oleh daun ginkgo berwarna kuning dan daun maple berwarna kemerahan di musim gugur. Sangat cantik ^^

Nakseongdae's Garosu-gil Road (photo source credit to : KTO)
Nakseongdae’s Garosu-gil Road (photo source credit to : KTO)

Kalian bisa berkunjung ke sini dengan menggunakan subway menuju Nakseongdae Station (Line 4, Exit 4). Di sekitar area ini kalian bisa mengunjungi Nakseongdae Park  dengan menggunakan bus #02. Taman ini  cukup luas dan di salah satu bagiannya terdapat Seoul Science Park yang letaknya cukup dekat dari Seoul National University yang terkenal dengan keindahan kampusnya. Di kampus ini terdapat Museum of Art yang bangunannya dirancang oleh arsitek Belanda terkenal di dunia, Rem Koolhaas. Jalan gerbang utama Seoul National University menuju subway stasiunnya menawarkan pemandangan dari gunung Gwanaksan yang nampak indah dari kejauhan 😉

4. Berjalan-jalan di Sepanjang Bugaksan Mountain Fortress Wall

Bagi yang suka hiking pasti akan memasukkan Bugaksan Mountain yang terletak di wilayah Seongbuk-dong, Seongbuk-gu sebagai salah satu destinasi untuk dikunjungi saat berada di Seoul. Kita memang bisa dengan mudah melihat pegunungan dari kejauhan saat berada di kota Seoul. Di masa pemerintahan King Taejo dari dinasti Joseon, telah dibangun benteng pertahanan di sekitar pegunungan kecil yang mengelilingi kota Seoul. Salah satunya adalah Bugaksan Mountain yang terletak di sebelah utara. Sebagaimana yang pernah dibahas di postingan lalu tentang walking tour di Seoul Fortress Wall, untuk bisa berjalan-jalan di tempat ini, selain menyiapkan stamina yang prima, bawalah tanda identitas kalian seperti passport karena area ini dijaga oleh tentara militer di setiap pos. Tapi jangan khawatir, mereka adalah tentara yang ramah dan ditugaskan di tempat ini untuk berjaga-jaga mengingat tempatnya tidak jauh dari perbatasan Korea Utara dan juga dekat dari kediaman Presiden Korea Selatan yaitu Blue House (Cheongwadae Sarangchae) sehingga ada beberapa tempat dimana kita tidak boleh mengambil foto.

Bugaksan Mountain Fortress Wall (photo source credit to : Korea Culture Heritage Foundation / KTO)
Bugaksan Mountain Fortress Wall (photo source credit to : Korea Culture Heritage Foundation / KTO)

Jika tertarik ke tempat ini kalian bisa mencapainya dengan menggunakan subway menuju Anguk Station (Line 3, Exit 2) / ambil bus #02 dan turun di Waryong ParkBerjalan sekitar 10 menit untuk sampai ke Waryong Park dan berjalanlah di sepanjang dinding benteng yang terdapat di sana. Setelah berjalan sekitar 20 menit maka akan melewati pusat informasi Malbawi dan hiking pun bisa dimulai dari sini 😉

5. Berjalan-jalan di Sepanjang Seoul Grand Park Forest Park

Seoul Grand Park Forest Park yang terletak di Makgye-dong, Gwacheon-si, Gyeonggi-do adalah tempat yang bisa menjadi alternatif pengganti Nami Island jika tidak sempat berkunjung ke sana. Viewnya pun tidak kalah menarik dan tentu saja lebih menghemat waktu dan biaya mengingat tempat ini mudah dijangkau dari kota Seoul. Jenis pohon yang terdapat di taman hutan ini pun beragam mencakup pohon akasia, chestnut, dan pinus. Disediakan 11 tema yang berbeda tentang hutan untuk pengunjung. Cukup menarik bukan?

Seoul Grand Park Forest Park (photo source credit to : Seoul Grand Park / KTO)
Seoul Grand Park Forest Park (photo source credit to : Seoul Grand Park / KTO)

Jika tertarik mengunjungi tempat ini kalian bisa menggunakan subway menuju Seoul Grand Park Station (Line 4, Exit 2), lalu berjalan sekitar 20 menit menuju Seoul Grand Park Zoo karena taman hutan terdapat di area ini. Selain itu, terdapat taman bermain Seoul Land di sekitar area ini.

6. Berjalan-jalan di Sepanjang Redwood Trees Hanul Park

Hanul Park merupakan salah satu dari 5 taman yang terdapat di World Cup Park yang terletak di wilayah Sangam-dong, Mapo-gu. Hanul yang berarti langit diibaratkan sebagai taman yang memiliki tempat tertinggi. Untuk mencapai puncak taman, kita akan mendaki sekitar 290 langkah ke atas. Tapi pemandangan yang ditawarkan benar-benar mengesankan seperti pemandangan kota Seoul, gunung Namsan, Bukhansan, dan Gwanaksan. Hal berkesan lainnya tentu saja barisan pepohonan redwood di sepanjang jalan sekitar 900 meter. Di setiap musim gugur, diadakan Eulalia Festival di mana ilalang akan tersorot dari bagian atas dan bergerak seperti gelombang perak.

Haneul Sky Park (photo source : KTO)
Haneul Sky Park (photo source : KTO)

Jika tertarik, kalian bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan subway menuju World Cup Stadium Station (Line 6, Exit 1) dan berjalan sekitar 20 menit ke arah Haneul Park dan menyeberangi jembatan. Setelah tiba di tangga, belok ke kiri dan kalian akan langsung mendapati jalan menuju Redwood Tree.

#WowKoreaSupporters

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s