Liburan Menarik untuk Pencinta Taekwondo di Taekwondowon

'Great Change' inti dari Taekwondo
‘Great Change’ inti dari Taekwondo

“if you truly wish to change, first raise your own standards”

Kalian mungkin sudah sering mendengar tentang Taekwondo, sebuah seni bela diri tradisional Korea. Sebagai seni bela diri yang juga sudah mendunia, Taekwondo sebenarnya memiliki nilai inti tentang tercapainya suatu perubahan besar atau “great change” yang memadukan antara unsur spiritual dan latihan fisik. Jadi bisa dikatakan bahwa olahraga ini memiliki manfaat yang sangat positif untuk diri sendiri. Sebagai warisan budaya dunia, Korea Selatan pun membuat sebuah tempat yang bisa dikatakan sebagai surga bagi para pecinta Taekwondo dari seluruh dunia, yaitu Taekwondowon.

Taekwondowon, Muju-gun, Jeollabuk-do, South Korea (photo credit to : KTO)
Taekwondowon, Muju-gun, Jeollabuk-do, South Korea (photo credit to : KTO)

Taekwondowon adalah sebuah pusat pendidikan dan pelatihan olahraga Taekwondo yang dikelola oleh Kukkiwon selaku pusat dari Taekwondo dunia yang bertujuan untuk menyebarkan semangat sejati dari olahraga ini serta menyebarluaskan program pelatihan berkualitas tinggi di seluruh dunia untuk mendorong bakat profesional. Selain merancang program untuk profesional, tempat ini pun menyediakan sejumlah program yang menarik untuk beberapa kalangan pemula seperti pelajar, pekerja, keluarga bahkan wisatawan.

Salah satu program di Taekwondowon
Salah satu program di Taekwondowon

Program yang dirancang di Taekwondowon dikemas semenarik dan seinteraktif mungkin. Program tersebut tentu saja akan membuat kalian mendapat manfaat lebih selain hanya sekedar liburan. Bayangkan saja, dengan hanya mengikuti program pelatihan singkat dengan durasi minimal sehari (Single-Day Training Program), dijamin kalian akan mendapatkan nilai lebih dalam diri kalian begitu selesai mengikuti program pelatihan yang sesuai dengan filosofi dari Taekwondo sendiri, yaitu perubahan besar (great change) yang direfleksikan dalam tubuh, pikiran, dan jiwa. Oleh karena itu, area Taekwondowon juga dibangun sesuai dengan filosofi Taekwondo itu sendiri dimana setiap areanya dibagi pula menjadi 3 bagian, yaitu body (che), mind (in), and spirit (ge).

Body, Mind, and Spirit Zone of Taekwondowon
Body, Mind, and Spirit Zone of Taekwondowon

Lalu, apakah selama mengikuti program di sana kalian hanya akan melihat sebuah arena olahraga? tentu saja tidak karena ada  beberapa tempat menarik yang ada di sana yang bisa kalian kunjungi seperti :

  • Taekwon-jeon : sebuah tempat yang melambangkan filosofi dan dunia spiritual Taekwondo. Didesain dengan harmoni keindahan alam dan tata letak tradisional kuil Konfusius dan sekolah selama masa dinasti Joseon. Ruang terbuka yang menampilkan dataran Korea tradisional ditujukan  untuk menghormati para Grandmaster Taekwondo.
  • Ohaeng Falls : air terjun ini mewakili teknik, karakter, semangat, dan warna sabuk dari Taekwondo.
  • Observatory : didesain menyerupai sisir tembikar dengan panorama Taekwondowon dan Gunung Baekun (Baekunsan).
  • Hoyeonjeong Pavilion : sebuah taman tradisional Korea yang dirancang dengan menonjolkan fitur alami dari lembah.
  • Myoungyegirim : sebuah taman kehormatan untuk para Master Taekwondo yang ditujukan untuk pengembangan dan penyebaran seni bela diri di Korea dan luar negeri, dan untuk menyampaikan makna dan semangat taekwondo kepada masyarakat umum. Taman ini dirancang sesuai dengan 5 unsur dalam filsafat tradisional Asia dan termasuk hutan bambu di dalamnya.
Sejumlah tempat menarik di area Taekwondowon
Sejumlah tempat menarik di area Taekwondowon

Selain tempat di atas, terdapat pula sejumlah tempat wisata menarik lainnya yang berada di sekitar Taekwondowon dimana kalian bisa mengabadikan banyak momen liburan kalian selama berada di sana dengan mengunjungi sejumlah tempat-tempat wisata menarik tersebut antara lain : Deogyusan National Park, Bandi Land, Korean Meoru Wine Cave, Anguksa Temple, Rajetongmun, dan Muju Gucheondong Valley.

Taekwondowon Area
Taekwondowon Area

Jadi tunggu apa lagi? jika kalian ingin merasakan sebuah pengalaman liburan menarik dan sedikit berbeda,  berkunjunglah segera ke Taekwondowon yang terletak di kota Muju (Muju-gun) di provinsi Jeollabuk (Jeollabuk-do). Adapun alamat lengkapnya : 1482 Museol-ro, Seolcheon-myeon, Muju-gun, Jeollabuk-do.

Muju-gun adalah sebuah kota yang mudah diakses dengan menggunakan transportasi darat seperti kereta dan bis, dengan jarak tempuh sekitar 1 – 2,5 jam dari kota-kota sekitarnya seperti Seoul, Busan, Jeonju, dan Daegu.

Petunjuk menuju ke Taekwondowon
Petunjuk menuju ke Taekwondowon

Info selengkapnya tentang Taekwondo-won bisa dibuka di website resminya di sini atau pun info dari KTO di sini.

 

#WowKoreaSupporters

 

***some pictures were taken by screenpic from the brochure

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s