Impian 10 Juta Rupiah untuk Traveling

Saya memulai kegiatan traveling pertama yang benar-benar mandiri di tahun 2012, dan sejak itu saya ketagihan, apalagi kegiatan traveling itu saya lakukan di mancanegara mengingat saat itu saya tergoda untuk membeli tiket promo dari salah satu maskapai penerbangan. Sejak periode 2012 hingga 2014 saya pun rutin melakukan kegiatan traveling tapi masih selalu saja di mancanegara. Hal itu karena harga tiket yang lebih murah serta kejelasan akomodasi dan transportasi umum yang bisa digunakan selama di sana sehingga saya bisa menghitung dengan cermat bujet yang saya siapkan mengingat saya penganut traveling ala backpacker.

Meskipun begitu saya sangat ingin melakukan traveling domestik karena Indonesia memiliki sejuta tempat wisata yang menarik yang terdapat di setiap propinsinya. Tentu saja destinasi pertama yang akan saya kunjungi adalah Bali dan Yogyakarta. Lalu kenapa harus Bali dan Yogyakarta? Karena kedua kota ini telah dikenal sebagai kota wisata.

Dan sejak Traveloka hadir dengan sejumlah inovasinya, semakin hari saya ingin mewujudkan impian traveling domestik saya, apalagi selama ini saya memang selalu membeli tiket di Traveloka untuk pesanan dari teman-teman karena saya lihat harga yang ditawarkan Traveloka jauh lebih murah dibanding yang lainnya. Dan inovasi terbaru dari Traveloka tentu saja aplikasi mobile-nya dimana harga yang ditawarkan lebih murah lagi ketimbang di website. Jadi lebih mudah dan praktis kan?

Kemudian tak sengaja saya menemukan postingan dari fanpage Traveloka tentang #TiketGratisTraveloka dengan cara membuat tulisan bertema “Jika Aku diberikan uang 10 juta untuk traveling”. Maka saya pun segera bermimpi dan berharap semoga mimpi saya menjadi kenyataan. Lalu apa yang akan saya lakukan jika saya diberikan uang 10 juta untuk traveling? Tentu saja saya ingin mengunjungi BALI dan YOGYAKARTA.

Dan untuk traveling domestik perdana saya yang mandiri, saya ingin mengajak sepupu sekaligus sahabat saya karena saya ingin mengeksplor tempat-tempat wisata yang ada di Bali dan Yogyakarta dengan menggunakan motor yang akan kami sewa. Kebetulan saya tidak bisa naik motor dan sepupu sayalah yang bisa, selain itu karena kamar hotel yang dipesan maksimal untuk 2 orang, jadi tak ada salahnya kan saya mengajaknya sekaligus sebagai hadiah ulang tahunnya yang akan jatuh pada tanggal 7 Mei nanti.

Oke…. tanpa banyak basa basi lagi, saya pun segera membuka aplikasi Traveloka yang telah terinstal di hp saya, dan inilah itinerary yang telah saya buat :

Senin, 4 Mei 2015 — > Makassar to Bali

Makassar to Bali
Makassar to Bali

Tentu saja saya memilih maskapai penerbangan GARUDA, selain kenyamanannya, jadwal terbangnya pun sangat pas yaitu di pagi hari sehingga saya akan tiba pula di Bali pada pagi hari, sehingga saya dan sepupu saya mempunyai waktu yang lebih banyak untuk mengeksplor Bali.

Saya berencana menginap di Bali selama 3 malam. Karena ini adalah kunjungan pertama kami, maka saya melakukan browsing terlebih dahulu mencari informasi seputar kawasan menginap yang tepat, dan ternyata banyak yang menyarankan untuk menginap di kawasan Kuta karena tempat itu mudah diakses. Adapun pilihan tempat menginap saya selama di Bali adalah di Matahari House yang berlokasi di Jalan Tegal Wangi No. 14 Kuta.

Matahari House, Bali
Matahari House, Bali

Harga dasarnya yang memang sudah terjangkau, menjadi lebih terjangkau lagi karena Traveloka yang tidak tanggung-tanggung dalam memberikan penawaran menarik. Ditambah lagi review positif dari sejumlah tamu yang pernah menginap di sini membuat saya semakin mantap untuk memilih hotel ini selama berada di Bali.

Review tamu Traveloka yang pernah menginap di hotel ini
Review tamu Traveloka yang pernah menginap di hotel ini

Well, rencananya setelah saya check-in dengan sepupu saya, maka kami pun akan segera memulai petualangan kami…. here we go :

Day 1 : 4 Mei 2015 : Jalan-jalan di sekitaran Kuta, Legian, dan Seminyak.

Day 2 : 5 Mei 2015 :

  • Pagi-pagi ke Pasar Sukawati dulu karena katanya kalau belanja pagi-pagi harganya lebih murah.
  • Mampir di Ubud dan mengeksplor tempat ini meski tidak semuanya mengingat waktu yang terbatas.
  • Menjelang sore sekitar jam 3 sore menuju ke Tanah Lot untuk menikmati sunset di sana.

Day 3 : 6 Mei 2015 : Nusa Dua, Pantai Pandawa (opsional), dan menjelang malam ke Jimbaran untuk menikmati sunset sambil makan malam seafood yang ada di sana.

Di malam hari setelah pulang dari destinasi-destinasi utama, kami hanya akan mengeksplor kota Denpasar saja tentunya 🙂

Day 4 : 7 Mei 2015 : check out setelah sholat Subuh karena akan melanjutkan penerbangan ke kota Yogyakarta pada pukul 8 pagi.

Kamis, 7 Mei 2015 –> Bali to Yogyakarta

Bali to Yogyakarta
Bali to Yogyakarta

Untuk penerbangan dari Bali ke Yogya, saya cukup memilih menggunakan AirAsia dengan pertimbangan harga yang lebih murah dan waktu terbang yang juga bagus. Selama di Yogya, saya berencana menginap di kawasan Malioboro tepatnya di Hotel Rene yang berlokasi di jalan P. Mangkubumi No. 57/59.

Rene Hotel, Yogyakarta
Rene Hotel, Yogyakarta

Harganya juga cukup terjangkau untuk berdua kan? ditambah lagi review positif yang lagi-lagi diberikan oleh tamu Traveloka tentang hotel ini sehingga saya pun mantap untuk memilihnya.

Review tentang Rene Hotel
Review tentang Rene Hotel

Lalu apa saja yang akan saya lakukan di Yogya selama 5 hari 4 malam di sana? let’s see….

Day 1 : 7 Mei 2015 : Begitu tiba di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta pada pukul 8.10 pagi, kami akan langsung menuju ke Candi Borobudur dan Kaliurang dengan menggunakan mobil yang kami sewa dari Bandara dan akan mengantarkan kami ke tempat wisata tersebut, dan menjelang sore baru kami kembali ke kota Yogya menuju penginapan. Referensinya ada di sini.

Day 2 : 8 Mei 2015 : Kami akan menikmati fasilitas bus trans Jogja dan mengunjungi sejumlah tempat yang dijangkau dengan trans Jogja termasuk Candi Prambanan. Saya mendapatkan referensinya di sini.

Day 3 : 9 Mei 2015 : Saya berencana untuk mengunjungi markas band idola saya, Sheila on 7 dan ingin menikmati suasana kota Yogya dengan mengunjungi tempat-tempat menarik yang saya lihat di sana.

Day 4 : 10 Mei 2015 : Masih di Yogya dan saya masih ingin mengeksplor kota ini saja dengan mengunjungi sejumlah tempat seperti menikmati wisata kulinernya. Untuk city tour, selain menggunakan bus trans Jogja, saya akan memilih motor dengan bermodalkan peta Yogya dan referensi tempat wisata yang saya dapatkan dari sebuah website tentang Yogya.

Day 5 : 11 Mei 2015 : Saya masih memiliki waktu setidaknya hingga pukul 3 atau 4 sore sebelum menuju bandara Adi Sucipto, Yogyakarta untuk penerbangan saya di jam 6 sore. Untuk itu, saya akan memanfaatkannya dengan mencari oleh-oleh sekedarnya saja dan menimati kulinernya. Rencananya saya akan ke Bandara dengan menggunakan bus Trans Jogja.

Senin, 11 Mei 2015 –> Yogyakarta to Makassar

Yogyakarta to Makassar
Yogyakarta to Makassar

Akhirnya, tuntas sudah perjalanan saya selama 8 hari dari Senin ke Senin lagi dengan mengunjungi 2 kota impian awal saya untuk traveling domestik perdana saya secara mandiri. Dan tentu saja saya sangat berterima kasih kepada Traveloka dengan sejumlah alasan yang perlu saya tuliskan di bawah ini :

  • Harganya lebih terjangkau
  • Jika menggunakan aplikasi mobile yang bisa diinstal di smartphone, kita bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau lagi
  • Penggunaan aplikasinya sangat mudah dan kita bisa memesan tiket pesawat juga hotel langsung dari hp, dan khusus untuk hotel tentu saja lengkap dengan review-nya
  • Pilihan pembayarannya mudah, jadi yang biasanya terkendala traveling karena susah dalam memesan yang mengharuskan adanya kartu kredit, maka Traveloka hadir untuk menjawab keresahan kalian itu

Jadi tunggu apalagi? jika kalian hobi traveling dan ingin mendapatkan harga yang terjangkau, maka gunakan segera aplikasi mobile dari Traveloka ^^

Dan sebagai penutup, berikut ini rincian biaya yang saya gunakan selama traveling dari Makassar – Bali – Yogyakarta – Makassar mulai dari 4 Mei – 11 Mei 2015 (7 hari) :

Estimasi biaya traveling selama 8 hari
Estimasi biaya traveling selama 8 hari

Ternyata masih ada kelebihannya yaa? tentu saja kelebihan dana itu digunakan untuk hal-hal tak terduga dan membeli oleh-oleh dong 🙂

Happy traveling guys ^^

*) Tulisan ini dibuat dalam rangka kuis berhadiah #TiketGratisTraveloka

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s