Seharian di Kuala Lumpur (Selasa, 13 Oktober 2015)

Selasa 13 Oktober 2015…. saatnya berpetualang meskipun ini udah yang ke-3 kalinya tapi tetap aja selalu ada hal baru yang saya dapatkan. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam 30 menit dari KLIA2 ke KL Sentral by Aerobus, akhirnya tibalah kami di ibukota Malaysia yaitu Kuala Lumpur. Kota ini masih dengan hangat menyambutku ketika pagi itu sekitar pukul 10 kami menginjakkan kaki di KL Sentral yang hari itu menjadi rumah kami selama seharian di KL. Langkah pertama yang kulakukan sebagai ketua trip adalah dengan menitipkan ransel-ransel kami di tempat penitipan yang terletak di lantai 1. Karena kami bertiga jadi saya memutuskan untuk menyewa locker seharga 10RM yang ternyata bisa menampung 3 ransel dan 1 tentengan ini. Jangan khawatir, sebelum menyewanya kita bahkan bisa mencobanya dulu. Oiya, ada beberapa jenis ukuran locker, mulai dari yang hanya seharga 5RM hingga 25RM. Semakin mahal maka semakin besarlah ukurannya. Waktu penitipan locker ini tidak kurang hanya hingga sebelum pukul 12 malam aja yaa jadi setelah itu entahlah apa yang akan terjadi dengan titipan kalian, apakah akan berubah seperti Cinderella? Entahlah karena saya pun belum pernah mencobanya hingga selama itu 😀

Penampakan locker yang kusewa di KL Sentral,,, di foto biar gak lupa ^^
Penampakan locker yang kusewa di KL Sentral,,, di foto biar gak lupa ^^

Mungkin ada yang bertanya-tanya gimana cara kerja locker ini? Well caranya ada di petunjuk yang terdapat di sekitar locker, jadi silahkan diikuti karena sangat mudah lho! So u dont have to worry guys!

Setelah urusan locker selesai, waktunya untuk mengisi perut dulu dan pilihan jatuh ke Sam’s Groceria yang terletak di Mal Nu Sentral. Mal ini terletak di dalam KL Sentral jadi nyaman aja gak perlu kena panas matahari ^^ Mal ini letaknya dekat dari tempat naik LRT jadi tinggal pasang mata aja baik-baik pasti ketemu deh penampakan seperti gambar di bawah ini…..

Mal NU Sentral, KL Sentral
Mal NU Sentral, KL Sentral

Setelah melihatnya kami pun naik ke atas, begitu tiba di atas ada petugas polisi dan saya pun bertanya dimana letak Sam’s Groceria. Si polisi itu rupanya chinese n dia gak ngerti bahasa Melayu akhirnya saya nanya pake bahasa internasional n akhirnya dia pun menunjukkan arahnya yang ternyata berada di LG alias lower ground. Turunlah saya 2 level hingga tiba di LG dan Sam’s Groceria berada tepat depan eskalator LG. Begitu tiba di sana nampaklah nasi lemak seharga 2.65RM yang sempat jadi hot topic di grup Backpacker Dunia (BD) dan saya pun berkesempatan mencobanya….

Nasi lemak murah meriah mengenyangkan buat breakfast
Nasi lemak murah meriah mengenyangkan buat breakfast

Rasanya emang enak sayangnya kurang hangat…. isinya adalah ikan teri yang berbumbu khas melayu gitu, sebutir telur yang dibagi 2, dan nasi lemak yang rasanya mirip sama nasi uduk. Oiya, makan di food court-nya Sam’s Groceria itu nyaman banget lho… tempatnya enak, bisa wifi-an. Kalo beruntung bisa dapat tempat yang ada colokannya n saya selalu dapat. Gak heran supermarket ini ramai pengunjung yang hanya pengen makan. Oiya, di sini juga saya mendapatkan sebotol air mineral 1.5 liter dengan hanya seharga 1,10 RM lho! murah bingit kan cyin? hahaha…. pokoknya Sam’s Groceria is d best lah!!!

Setelah puas dengan nasi lemak, waktu telah menunjukkan hampir pukul 11 siang. Waktunya beranjak n mulai mengeksplor kota. Tujuan pertama adalah Batu Caves, sebuah tempat ibadah bagi umat Hindu di Kuala Lumpur, sekaligus tempat wisata. Dari KL Sentral tinggal memilih moda angkutan komuter (sejenis kereta api) dengan harga sangat murah hanya 4 RM pulang-pergi (2 RM sekali jalan).

20151013_110940
nungguin kedatangan train dengan ‘wefie’ dong… thanks to tongsis!

Setelah 10 menit nunggu akhirnya komuternya tiba. Perjalanan dari KL Sentral ke Batu Caves hanya sekitar 30 menit sahaja. Dan setelah 30 menit tibalah di Batu Caves yang juga menjadi stasiun terakhir.

Welcome to Batu Caves
Welcome to Batu Caves

Saya menghabiskan waktu di Batu Caves hanya 30 menit mengingat udara cukup panas dan juga banyak monyet-monyet kecil berkeliaran n bikin nyali menciut karena keburu ilfil melihat kelincahannya. Berhubung ke-2 travelmate saya gak bisa diandalkan dalam hal foto2an karena mereka sibuk sendiri saling berfoto-fotoan akhirnya saya nyadar diri n menikmati selfie2an… hasilnya lumayan juga… gak kalah sama cara selfie celeb Korea. Irmoon gitu lho!! 😀

Batu Caves's Selfie #1
Selfie pertama di Batu Caves
Selfie yang salah karena tongsisnya kelihatan.... tapi sebenarnya ini baru tes2 angle aja ^^
Selfie yang salah karena tongsisnya kelihatan…. tapi sebenarnya ini baru tes2 angle aja ^^
Selfie yang benar n gak kalah sama cara selfie celeb Korea ^^
Selfie yang benar n gak kalah sama cara selfie celeb Korea ^^

Setelah masing-masing puas dengan foto-fotoan dan selfie2an, akhirnya kami memutuskan kembali ke KL Sentral. Udara yang panas bikin perut lapar lagi n minta diisi lagi. So let’s go back to KL Sentral n makan lagi di Sam’s Groceria. Let’s go…..!!!

Tiba di KL Sentral udah menunjukkan waktu sholat Dhuhur. Akhirnya memutuskan untuk sholat dulu, istirahat bentar trus makan siang. Tujuan selanjutnya setelah itu adalah Dataran Merdeka. Dari KL Sentral menuju Dataran Merdeka sangat mudah. Hanya dengan naik LRT tujuan Masjid Jamek yang mengarah ke Gombak. Biayanya cuma 1.30 RM sekali jalan. Begitu tiba di Masjid Jamek LRT Station, saya menemukan mural yang kreatif seperti ini:

#FOR THE MAKERS OF TOMORROW
#FOR THE MAKERS OF TOMORROW

Setelah itu, keluar dari stasiun n nampaklah Masjid Jamek. Sayangnya pada saat itu, Masjid Jamek lagi direnovasi sehingga tak bisalah kami berfoto di situ. So, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Dataran Merdeka. Dari Masjid Jamek ke Dataran Merdeka membutuhkan waktu jalan kaki sekitar 3 menit. But no problemlah kan sepanjang jalan kita bisa foto-foto dengan latar bangunan peninggalan masa penjajahan Inggris di negeri jiran itu. Cantik-cantik lho!

Salah satu bangunan cantik di area Dataran Merdeka, yaitu Musium Tekstil
Salah satu bangunan cantik di area Dataran Merdeka, yaitu Museum Tekstil
Selfie2 di Dataran Merdeka
Selfie2 di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur (Selasa, 13 Oktober 2015)

Setelah sekitar sejam di sana tiba-tiba hujan akan turun, akhirnya kami pun menyudahi jalan-jalan ini dan kembali ke KL Sentral padahal sebelumnya kami berencana untuk ke Petronas. Namun karena hujan jadinya stay aja di KL Sentral. Tak perlu mati gaya saat menunggu hujan reda di KL Sentral yang merupakan pusat dari hampir segala moda transportasi darat itu. Di sana saya bahkan sempat mandi hanya dengan membayar 5 RM. Setelah itu bisa ngopi-ngopi di Burger King yang gak ada di Makassar. Harga paket makanannya pun murah. Hanya sekitar 7 RM untuk sebuah burger + french fries krim keju + ice milo… enak dan mengenyangkan lho! Setidaknya bisa menetralisir asupan nasi lemak dan nasi goreng yang juga telah dimakan sebelumnya.

Begitu jam menunjukkan pukul 21.30 kami pun naik ke lantai 2 untuk menunggu keberangkatan menuju Singapura naik kereta api sleeper train alias yang bisa tidur seperti ini….

Kelas Sleeper Train dari kereta Senandung Sutra tujuan Kuala Lumpur - Johor Bahru (Negara Bagian Malaysia yang berbatasan dengan Singapura)
Kelas Sleeper Train dari kereta Senandung Sutra tujuan Kuala Lumpur – Johor Bahru (Negara Bagian Malaysia yang berbatasan dengan Singapura)

FYI, untuk penghematan biaya penginapan maka pilihlah kereta api yang berangkat dari Kuala Lumpur menuju Johor Bahru pada pukul 22.30 malam dan akan tiba di Johor Bahru pada pukul 06.30 pagi. Untuk kereta malam pilihannya adalah Senandung Sutra.

  • Harga untuk sleeper train ranjang atas 39 RM, ranjang bawah 41 RM.
  • Harga untuk kelas biasa (duduk) 33 RM.

Tiket untuk sleeper train sebaiknya pesan online 2 minggu sebelum berangkat mengingat peminat kelas ini sangat banyak. Untuk pemesanan online pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan ada biaya administrasi sebesar 2 RM sekali jalan. Untuk pemesanan online sila buka di website ktmb.com.my

Advertisements

2 comments

  1. Salam kenal ya mba 🙂
    Awal tahun insyaAllah saya mau ke KL juga. Terima kasih untuk rekomendasinya ttg Sam’s Groceria 😉

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s