Menyusuri Jalan Kenangan Reply 1988

Meski kdrama Reply 1988 telah berlalu beberapa bulan lalu, namun sebagai penggemar drama bertema keluarga dan persahabatan ini, saya masih setia mengikuti perkembangan berita yang berhubungan dengan drama ini. Kebetulan waktu lagi blog walking, ketemu sebuah artikel menarik dari visitseoul.net yang secara khusus membahas tentang lokasi menarik dari drama ini yang kebetulan berada di kota Seoul.

Salah satu scene dalam Reply 1988 adalah adegan perayaan pesta Olimpiade bertajuk Seoul Olympic Games yang merupakan event terbesar sejak berdirinya Republik Korea dan hal itu telah meninggalkan kesan yang mendalam untuk warga Seoul pada saat itu. Dan pemeran utama wanita, yaitu Sung Deok Sun (Hyeri) menjadi salah satu gadis pengangkat papan nama salah satu negara yang ikut serta dalam pesta olahraga ini.

Scene olimpiade hanyalah salah satu dari scene menarik dalam Reply 1988, dan dibalik semua itu kita pasti tidak akan melupakan sebuah lingkungan tempat tinggal para pemeran utama, yaitu di sebuah gang kecil di area Ssangmun-dong. Itu adalah sebuah tempat penuh kenangan yang bisa memberikan perasaan hangat setiap kali melihatnya. Karena disitulah ke-5 anak itu tumbuh besar dan dewasa bersama, serta melalui segala suka dan duka yang membuat saya sebagai penonton ikut larut di dalamnya. Dan kali ini saya ingin mengenangnya sekali lagi dengan menyusuri jalan kenangan Reply 1988.

Reply-1988-Poster2

Jalan Kenangan Reply 1988

1. Kenangan Sekolah dan Brazil Tteok-bokki

Reply 1988 berkisah tentang persahabatan yang terjalin sejak kecil antara Sung Deok Sun (Hyeri), Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Choi Taek (Park Bo Gum), Sung Sun Woo (Go Kyung Pyo), dan Dong Ryong (Lee Dong Hwi). Dalam drama, digambarkan bahwa Deok Sun adalah siswa kelas 3 SMA Ssangmun Girls High School, sementara itu ke-3 teman laki-lakinya: Jung Hwan, Dong Ryong, dan Sun Woo bersekolah di SMA Ssangmun High School. Dalam kenyataannya, satu-satunya sekolah bernama Ssangmun di area itu adalah Ssangmun Elementary School (SD Ssangmun). Sehingga jika dilihat dari lanskap kota dan rute bus yang dilalui saat mereka pergi ke sekolah maka bisa diasumsikan bahwa kedua sekolah itu adalah: Jung Eui Girls High School dan Sunduck High School.

Jika berkesempatan untuk berkunjung ke area Ssangmun-dong, tentu saja kita bisa naik subway menuju Ssangmun Station (Line 4). Dari sana, keluarlah melalui Exit 4 untuk menuju ke Jung Eui Girls High School. Saat berada di sana, kita masih bisa mengunjungi lingkungan perumahan yang mirip dalam drama Reply 1988 meskipun hanya di sekitar sudut saja, seperti: kios laundry, apotek, serta rumah-rumah kecil yang berdinding batu merah. Dan itu semua bisa membangkitkan kenangan tentang drama Reply 1988 itu sendiri.

stasiun ssangmun-vert
Ssangmun Station (Line 4), Exit 4 & Area Perumahan di Ssangmun-dong

Lalu setelah itu, apakah tertarik untuk mencoba Brazil tteok-bokki yang sering dikunjungi Deok Sun dan 2 sahabat perempuannya, Wang Ja Hyun dan Jang Mi Ok?. Perlu diketahui jika kedai tteok-bokki ini memang pernah benar-benar ada mulai dari pertengahan hingga akhir tahun 1990-an. Itu adalah sebuah kedai (snack bar) yang terkenal di depan Jung Eui Girls High School. Meski kini sudah tak eksis lagi, namun kita masih bisa mendapati sejumlah restoran kecil saat melewati jalan sempit di depan Jung Eui Girls High School yang juga telah beroperasi sekian lama. Pada umumnya, restoran-restoran kecil itu menyajikan menu andalan yang sama, yaitu “nasi keju” (cheese rice) dalam bentuk nasi goreng dengan rumput laut cincang dan keju mozzarella. Hidangan ini bahkan sangat populer di kalangan pelajar di area itu karena rasanya yang enak dan harganya yang murah.

서울시_추천_응답하라1988_관광_코스_(호호분식)
Hoho Snack Bar di Ssangmun-dong dengan menu andalan, nasi keju

Alamat Hoho Snack Bar:

 32, Dobong-ro 121, Dobong-gu, Seoul
Transportasi: Subway Ssangmun Station (Line 4), Exit 4
Sekitar 15 menit berjalan kaki (pintu masuk terletak di belakang Jung Eui Girls High School)

2. Kenangan Dooley

Dooley adalah karakter kartun yang populer di tahun 1980-an. Dooley berupa karakter bayi dinosaurus yang merupakan karya seniman Kim Su Jeong yang dipublikasikan secara luas di area Ssangmun-dong. Dooley sendiri mulai dipublikasikan sejak tahun 1983 melalui majalah komik “Treasure Island” dan juga serial animasi di televisi yang merupakan favorit Jin Joo (adik Sun Woo). Jika penasaran, kita bisa menjelajah segala sesuatu tentang Dooley di Ssangmun-dong karena sejak Juli 2015, museum tentang Dooley dibuka untuk umum.

Di museum ini, kita bisa berfoto dan bernyanyi dengan Dooley. Selain itu, kita bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang proses pembuatan komik seperti Kim Su Jeong yang berhasil membangun karakter Dooley hingga populer. Jika senang membaca komik, kita bisa membaca koleksi komik yang ada di sini, tapi tentu saja dengan tulisan hangul 😉 .

Lalu jika sudah puas di museum, kita bisa berjalan-jalan di Bukhansan Dulle-gil melalui Dooley Park atau tepi sungai Uicheon melalui Dobong-gu. Jika berjalan ke arah Ssangmun 1-dong Community Service Center selama sekitar 15 menit, kita akan mencapai Uicheon yang dekat dari jembatan Suyugyo yang merupakan tempat kelahiran Dooley.

Di titik awal jembatan, bisa didapati lukisan dinding (mural) yang penuh dengan karakter Dooley sekitar 150 meter. Lukisan ini pada awalnya dilukis langsung oleh Kim Su Jeong, lalu diselesaikan oleh mahasiswa Duksung Women University serta seniman profesional yang terdiri dari lebih 70 seniman untuk menyelesaikan mural Dooley. Sebagai anak sungai terbesar dari Jungnangcheon Stream, Uicheon Stream memiliki panjang sekitar 8 km dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk berjalan karena di sepanjang tepi sungai terdapat mural Dooley serta bunga-bunga liar yang nampak cantik.

dooley
Dooley Museum

 

Alamat Dooley Museum

6, Sirubong-ro 1-gil, Dobong-gu, Seoul
Tel. 02-990-2200
Transportasi : Subway Ssangmun Station (Line 4), exit 4 (berjalan kaki sekitar 15 menit)
atau Subway Ssangmun Station (Line 4), exit 1, (naik bus lokal #7 lalu turun di Ssangmun Kukdong Apt. / Daewoo Iaan Apt.)

Rekomendasi Tur:

Station Ssangmun – Hoho Snack bar di depan Jung Eui Girls High School – Museum Dooley – tepi sungai Uicheon

 

#ImagineYourKorea

 

Source: visitseoul | koreandrama

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s