Berkunjung ke Lokasi Syuting Drama Descendants of the Sun (DOTS)

Descendants-of-the-Sun-Poster1

Drama Descendants of the Sun tengah menjadi drama Korea yang paling populer saat ini. Drama yang berkisah tentang kehidupan seorang tentara yang menjalin cinta dengan seorang dokter dan diwarnai dengan liku-liku sesuai story line-nya mampu menghipnotis jutaan pasang mata di seluruh dunia untuk terus mengikuti kisahnya yang tayang setiap Rabu-Kamis. Memanfaatkan kepopuleran DOTS, Korea Selatan pun tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan menjadikan lokasi syuting drama DOTS sebagai salah satu destinasi pilihan saat berkunjung ke sana.

Lokasi syuting atau set drama memang telah menjadi salah satu aset wisata andalan dari Korea Selatan. FYI, setiap lokasi syuting dari DOTS memiliki segi kharismatik tersendiri, misalnya saja situs sejarah untuk adegan di kamp militer atau lokasi artistik yang akan memberi suasana romantis dan sensasional.Nah, jika kamu penggemar berat drama ini dan berniat untuk berkunjung ke Korea Selatan, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke set drama DOTS agar bisa lebih merasakan atmosfer keren dari drama ini. Let’s check it out guys! 😉

1. Camp Greaves DMZ Experience Center

Dalam DOTS ditampilkan sebuah kota fiksi bernama ‘Urk‘. Di kota ini terdapat markas militer dari Kapten Yoo Shi Jin (Song Joong Ki). Markas militer di kota Urk tersebut sebenarnya mengambil lokasi di Camp Greaves DMZ Experience Center (캠프 그리브스) yang terletak di kota Paju (Paju-si), provinsi Gyeonggi (Gyeonggi-do). Markas militer ini terletak hanya sekitar 2km dari garis batas selatan zona demiliterisasi (DMZ) antara Korea Selatan dan Korea Utara. Jadi, kalau kamu berani dan suka tantangan, bisa dicoba untuk berkunjung ke tempat ini.

2375485_image2_1
pic source/credit to: KTO

FYI, kamu tidak bisa ke sini kalau jalan sendiri/individu. Yang diperbolehkan hanya jika kamu bergabung dalam 1 grup yang terdiri minimal 30 orang dengan melakukan pemesanan minimal 2 minggu sebelumnya melalui agen resmi. Dan saat berada di sini, jangan lupa tunjukkan paspor karena ini merupakan pemeriksaan wajib bagi yang ingin berkunjung ke wilayah DMZ. Biayanya sendiri tergantung dari masing-masing agen.

2. Bundang Jeongja-dong Cafe Street (분당 정자동 카페 거리)

1054028_image2_1-vert

Tebak…. di kafe mana ketika karakter utama, Yoo Shi-Jin dan Seo Dae-Young (Jin Goo) sedang bersantai di kafe dengan boneka binatang lucu?. Ternyata itu adalah Dal.kkom Coffee yang merupakan salah satu kafe yang terletak di Jeongja-dong Cafe Street yang merupakan deretan kafe-kafe unik dan lucu sepanjang 500m di jalan Jeongja (Jeongjail-ro). Suasana tempat ini sangat chic menyerupai Cheongdam-dong di  Seoul atau barisan kafe jalanan di Eropa. Tempat ini telah menjadi daya tarik populer untuk dikunjungi apalagi bagi mereka yang memiliki pasangan. Karena kepopulerannya pula maka tempat ini sering dijadikan lokasi drama, selain DOTS juga ada A Gentleman’s Dignity.

Kalau hanya ingin sekedar nongkrong atau jalan-jalan depan kafe boleh banget, sambil foto-foto tentunya. Dan pastinya ke sini tidak akan menguras banyak biaya transportasi karena mudah dicapai dengan subway jika kamu stay di Seoul. Caranya:

  • Naik subway ke Jeongja Station (Bundang/Shinbundang Line), keluar melalui Exit 5
  • Setelah keluar di Exit 5, berbalik dan menyeberang jalan
  • Belok kiri ke jalan Neuti-ro (로 느티) dan berjalan lurus sekitar 60m
  • Belok kanan sebelum gedung apartment Paragon 101, dan berjalan lurus sekitar 160m.
  • Menyeberang jalan di depan gedung apartment Paragon 104, hingga tiba di Bundang Jeongja-dong Cafe Street di jalan Jeongjail (Jeongjail-ro).

 

3. Samtan Art Mine

Samtan Art Mine (삼탄아트마인) yang terletak di Jeongseon-gun, provinsi Gangwon (Gangwon-do) dulunya merupakan tempat pertambangan yang terdapat di kaki gunung Taebaek (Taebaek-san). Pertambangan ini lalu ditutup sejak Oktober 2001 setelah dibuka pertama kali pada tahun 1964. Setelah ditutup, pertambangan ini pun dijadikan sebagai situs wisata yang akhirnya menjadi kompleks seni budaya. Nama ‘Samtan‘ mengacu pada ‘Samcheok Tanjwa‘ yang merupakan salah satu tambang batu bara besar di Korea. Sementara itu, ‘Art Mine‘ merupakan kata bahasa Inggris yang bermakna perubahan dari sebuah tambang batu bara menjadi kompleks seni budaya.

2365282_image2_1-vert
pic source/credit to: KTO

Samtan Art Mine terdiri dari pusat seni, gua anggur, restoran, museum kereta api, serta beberapa fasilitas tambahan lainnya. Dengan view sekelilingnya yang menarik, tak heran jika tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi syuting program acara TV di Korea seperti Running Man atau beberapa serial/drama dan film Korea. Begitupun dalam DOTS, kita bisa mendapati lokasi ini dalam episode ke-5 dimana tempat ini menjadi markas bagi Ah Goo Seu (David McInnis).

 

Cara Menuju Ke Sini

  • Dari Terminal Bus Dong, Seoul, ambillah bus antar kota menuju terminal Bus Gohan Sabuk, Gangwon-do
  • Setelah itu, naiklah bus lokal yang menuju Sanggallae Manhang, lalu turun di Motgol Bus Stop (Halte No. 8)

Samtan Art Mine terletak di sisi kanan belakang, sekitar 450m dari halte. Bisa juga naik taxi dari terminal Bus Gohan Sabuk, Gangwon-do, dengan jarak sekitar 7,5km. Biaya masuk: 13.000 won. Tutup setiap Senin.

Karena masih berada dalam wilayah Jeongseon-gun, Gangwon-d0, maka jangan lewatkan pula untuk berkunjung ke tempat wisata lainnya yang berada di dekat Samtan Art Mine, seperti:

Jeongseon Rail Bike (정선레일바이크)

618910_image2_1-vert
pic source/credit to: KTO

Tempat ini dikhususkan buat kamu yang ingin mencoba bersepeda di atas rel kereta api sepanjang 7,2km dengan sajian pemandangan yang indah. Perjalanan akan dimulai dari stasiun Gujeol-ri dan berakhir di stasiun Auraji, setelah itu kamu bisa balik ke Gujeol-ri dengan kereta gratis. FYI, sepeda rel biasanya ditemukan juga di daerah pegunungan Eropa, jadi mumpung ada di sana, kamu juga bisa sekalian mencobanya!  Jika berminat, berikut jadwal operasinya:

  • Maret – Oktober: 08:40, 10:30, 13:00, 14:50, 16:40 (5 kali sehari)
  • November – Desember: 08:40, 10:30, 13:00, 14:50 (4 kali sehari)

Tarif Sewa Sepeda:

  • 2 seat: individu ₩ 25.000 / grup ₩ 22.500
  • 4 seat: individu ₩ 35.000 / grup ₩ 31.500
  • Diskon 10% yang ditawarkan untuk kelompok minimal 10 orang ke atas.
  • Untuk kelompok, diperlukan reservasi. (Tlp. + 82-33-563-8787).
  • Tiket yang telah di reservasi dapat diambil di loket tiket dengan identifikasi.
  • Penumpang harus tiba di Gujeol-ri Station 20 menit sebelum berangkat berdasarkan jadwal yang dipilih.

Cara Menuju Ke Sini:

  • Dari Terminal Bus Dong, Seoul, ambillah bus antar kota menuju Terminal Bus Jeongseon Intercity. (Waktu perjalanan sekitar 3 jam 20 menit)
  • Dari Terminal Bus Jeongseon Intercity, naiklah taksi menuju Gujeol-ri Station (구절리 역). (Waktu perjalanan sekitar 40 menit)

Karena drama ini masih tayang, kemungkinan akan ada tempat lain yang menyusul so postingan ini masih akan di update…. ^^

 

#ImagineYourKorea

Source From: Official KTO

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s