7 Keuntungan dan Manfaat Traveling

Bagi kamu yang senang traveling atau bepergian, mungkin sering mendapat pertanyaan dari orang-orang di sekitarmu mengenai hobimu ini mengingat traveling pasti membutuhkan uang meskipun tingkat mahal tidaknya ditentukan lagi dari gaya traveling yang dilakukan. Bagi sebagian orang yang tak paham, mereka menganggapnya hal ini hanya membuang-buang uang, padahal sebenarnya banyak hal yang menguntungkan sekaligus manfaat dari kegiatan traveling itu sendiri.

Traveling bukan hanya berarti kamu berada di suatu tempat, mengambil gambar keren, lalu membagikannya di sosial media. Lebih dari itu, banyak hal yang bisa didapatkan dari kegiatan traveling, terlebih jika kamu melakukannya di luar negeri yang berbeda bahasa dan budaya. Itulah mengapa orang-orang yang pernah traveling di luar negeri dan melakukannya secara mandiri cenderung untuk mengulanginya lagi sebab selalu ada tantangan sekaligus pelajaran yang didapatkan saat traveling. Nah, berikut ini 7 keuntungan dan manfaat traveling:

1. Kamu akan lebih menghargai apa yang dimiliki di rumah

pic credit to: hippoquotes.com
pic credit to: hippoquotes.com

Tentu saja saat memutuskan traveling, kamu sudah siap menanggung resiko, yaitu kemungkinan untuk sesekali berada dalam zona ketidaknyamanan. Pada saat kamu jauh dari rumah dan berada di tempat yang asing disitulah kamu akan diingatkan betapa kamu memiliki hal-hal baik yang ada di rumah. Kamu bahkan akan lebih menghargai setiap hal kecil yang ada di rumah.

2. Kamu akan belajar banyak hal tentang dunia

wpid-quote-about-travel-012111
pic credit to: esteraprillia.com

The world is a book, and those who do not travel read only one page.

Itu adalah sebuah kutipan menarik yang dituliskan Saint Augustine dalam salah satu buku karangannya. Ia mengatakan bahwa dunia adalah sebuah buku, dan mereka yang tidak melakukan perjalanan hanya membaca satu halaman. Meskipun kamu bisa mendapatkan gambaran tentang belahan bumi yang lain melalui buku, televisi, film, atau drama, tapi sebenarnya itu berbeda jika kamu bisa benar-benar berada di sana atau mengalaminya sendiri. Perjalanan akan membuatmu menyadari betapa sedikit hal-hal yang kamu ketahui tentang dunia dan ini bisa membuatmu senang dan bersyukur ketika benar-benar mengalaminya karena bumi ciptaan Tuhan ini sangat luas.

3. Kamu berkesempatan merasakan hal-hal yang baru

pic credit to: backpackerguide.nz
pic credit to: backpackerguide.nz

Bagiku yang senang traveling di luar negeri, kegiatan ini sama halnya dengan memberi diriku kesempatan merasakan hal-hal yang baru. Mulai dari tidur dan mandi ala kadarnya di airport, atau berjalan kaki yang mungkin berjarak cukup jauh namun karena ada rasa excited sehingga sering mengabaikan jarak. Jika kamu sudah mengingatkan pada diri sendiri bahwa traveling untuk merasakan hal-hal baru, maka segala rintangan dan ketidaknyamanan cukup dibawa enjoy aja. Kapan lagi bisa merasakannya kalau bukan pas traveling? Hal-hal baru itu juga sekaligus akan membantu dalam membangun karakter, membantu agar mudah beradaptasi dan berdamai dengan situasi yang baru, serta membuat diri menjadi lebih mandiri dan berani. Mau coba?

4. Kamu akan menyadari bahwa kita semua memiliki kebutuhan dasar yang sama

pic credit to: fodors.com
pic credit to: fodors.com

Sekarang dan lebih dari sebelumnya, dunia membutuhkan solidaritas. Ketika kamu melakukan perjalanan ke suatu negara, kamu akan bertemu banyak orang dan pada akhirnya kamu akan menyadari bahwa semua orang memiliki kebutuhan dasar yang sama terlepas dari keyakinan, warna kulit, dan budaya. Kebutuhan dasar dan keinginan yang sama itu berupa rasa aman dan solidaritas.

5. Kamu bisa menghilangkan stress

pic credit to: aluxurytravelblog.com
pic credit to: aluxurytravelblog.com

Jika stres melingkupi hidupmu saat ini, maka traveling akan menjadi penawar yang ideal. Jika kamu seorang pekerja kantoran, maka kamu perlu melakukannya untuk lebih memanjakan diri sendiri, mengalami hal-hal baru, sekaligus melupakan sejenak aturan-aturan yang ada di kantor yang bersifat monoton. Traveling berbeda dari hanya sekedar melepas stress dengan berbelanja. Dengan traveling, kamu akan merasakan kebebasan yang tidak dapat diukur dengan materi, sekaligus juga akan menyegarkan pikiran dan tubuhmu. Cobalah melakukannya dengan mengunjungi suatu tempat yang baru.

6. Kamu pasti akan mencicipi makanan baru

pic credit to: travelandfoodlover.com
pic credit to: travelandfoodlover.com

Lupakan diet selama traveling. Kapan dan dimana lagi kamu bisa mencicipi makanan baru dan tidak ada di kotamu jika bukan karena traveling?. Terlebih jika kamu traveling ke luar negeri, kamu akan mendapat tantangan melalui makanan, entah karena selama ini kamu menjalani program diet atau karena kamu seorang muslim yang harus lebih aware terhadap makanan yang akan dicoba.Yang pasti, saat melihat makanan baru kamu akan tergoda untuk mencicipinya, entah karena makanan itu terkenal dengan rasanya yang enak atau karena penampakannya yang menggiurkan.

7. Kamu akan kembali ke rumah dengan energi baru

pic credit to: relatably.com
pic credit to: relatably.com

Kamu pasti lebih sering berjalan kaki saat melakukan kegiatan traveling di luar dan mengeluarkan banyak energi, tapi percayalah bahwa ketika kamu kembali ke rumah, kamu akan mendapatkan energi baru setelah melihat dunia, bertemu orang baru, dan merasakan banyak hal-hal baru yang seru. Itu semua akan menjadi energi yang membantumu dalam merencanakan kemana lagi kamu akan melangkah selanjutnya. Dengan begitu kamu akan lebih semangat dan memiliki motivasi untuk bekerja lebih baik demi bisa mewujudkan rencana travelingmu berikutnya.


Bagaimana Gaya Travelingku?

Sebelum menutup tulisan ini, aku ingin menceritakan sedikit tentang gaya travelingku selama ini. Sesuai dengan tulisan ini, traveling mengajarkan kemandirian dan itu memang benar. Saat memutuskan untuk mulai traveling di luar negeri pada pertengahan 2012, aku pun melakukannya secara mandiri. Mulai dari memesan tiket pesawat, mencari penginapan murah, serta menyusun rencana perjalanan (itinerary) berdasarkan informasi yang bertebaran di internet. Jadi, jika kamu ingin berhemat dan merasakan keseruan, cobalah untuk traveling secara mandiri. Tersesat sesaat di suatu tempat yang baru adalah hal yang wajar tapi dari situ kamu pasti akan mendapatkan hal yang baru pula 😉

Pada akhirnya hadiah terbesar yang diberikan traveling untukku adalah kebahagiaan dan kekayaan jiwa.

12439441_10209234564250880_7627452695211680910_n

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s