Hal yang Perlu Diketahui Tentang Wisata Singkat di Penang

31 Maret – 2 April 2016 lalu saya berkesempatan untuk berkunjung ke Penang, tepatnya di Georgetown yang merupakan ibukota dan pusat kotanya. Penang yang disebut Pinang atau Pineng oleh orang lokalnya, merupakan salah satu negara bagian Malaysia yang masuk dalam wilayah Malaysia Barat sekaligus menjadi negara bagian Malaysia yang terkecil ke-2 setelah Perlis. Meskipun begitu, Penang telah dinobatkan sebagai salah satu kota yang memiliki warisan dunia (world heritage) oleh UNESCO pada tahun 2008 bersama dengan Melaka.

Meskipun waktu kunjungan saya terbilang singkat, namun saya telah mendapatkan banyak hal selama di sana, terutama pengetahuan tentang kota Georgetown yang di dalamnya banyak terdapat situs warisan dunia serta art street yang tersebar di kota itu. Untuk art street sendiri, saya tidak berniat untuk mencari semuanya dan hanya mencari yang kelihatan unik dan bagus saja. Berdasarkan kunjungan singkat inilah, saya ingin membagikan tentang beberapa hal yang perlu diketahui tentang wisata singkat di Penang sehingga bisa menjadi panduan untuk diri sendiri * sekiranya lupa * dan juga bagi orang lain yang membutuhkannya.

Hal yang Perlu Diketahui tentang Wisata Singkat di Penang

1. Moda Transportasi

Kebetulan saya beruntung ketika mendapatkan promo tiket dari AirAsia di mana saya mendapatkan tiket PP Kuala Lumpur (KL) – Penang hanya 250ribu atau sekitar 74 ringgit (37 ringgit sekali jalan). Durasi perjalanan 40 menit.

Meskipun setara dengan harga tiket bus dari KL ke Penang, tapi tentu saja naik pesawat jauh lebih efektif, apalagi biaya bus airport di Penang menuju kota Georgetown sangat murah, hanya 2,70 ringgit dengan memilih bus Rapid Penang 401 jika tujuanmu adalah pusat kota Georgetown.

Jika penginapanmu di wilayah heritage, kamu bisa turun di Komtar, sebuah gedung perbelanjaan yang juga menjadi tempat singgah bus-bus Rapid Penang. Atau bisa juga turun di Jetty yang merupakan terminal Ferry yang juga menjadi tempat singgah bus-bus Rapid Penang.

Jika kamu memilih naik bus dari KL, ada 2 pilihan untuk turun, apakah ingin turun di terminal bus Sungai Nibong atau di Butterworth. Tapi berdasarkan pengamatan saya, sebaiknya pilihlah bus yang turun di Butterworth.

Dari sana kamu bisa lanjut naik ferry menuju Georgetown dengan durasi perjalanan yang hanya beberapa menit saja. Biayanya pun murah hanya 1,20 ringgit dan cukup membayar sekali saja. Jadi jika ingin balik lagi ke Butterworth, tidak perlu membayar lagi biaya ferry.

Ferry yang berangkat dari Butterworth akan berhenti di Weld Quay yang populer disebut Jetty. Dari sini,  bisa naik bus Rapid Penang yang gratis atau disebut juga CAT BusJetty sendiri sangat dekat dari pusat-pusat heritage yang terdapat di Georgetown. Info Penang Ferry –> di sini.

penang-heritage-city-map
Peta Kota Georgetown, Penang (pic credit to: pulaupinang.com)

2. Lokasi Menginap

Jika kamu memilih traveling ala backpacker, tentunya lokasi penginapan yang strategis adalah hal yang sangat layak dipertimbangkan. Berdasarkan review, ada yang lebih suka menginap di dekat Komtar karena Komtar merupakan sebuah gedung perbelanjaan dan menjadi tempat singgah semua bus rapid Penang lokal yang ada di sana.

Tetapi menurutku jika ingin yang lebih oke, menginaplah di kawasan Lebuh Chulia atau jalan Chulia. Jalan ini dimulai dari seberang Jetty yang merupakan Gat Lebuh Chulia dan berakhir di Jalan Penang. Informasi Lebuh Chulia –> di sini. Rate penginapan di Lebuh Chulia pun banyak yang murah mulai dari 100ribuan per malam.

12963415_10209233764350883_5089138972224880314_n
Lebuh Chulia

Jika kamu turun di Jetty, pasanglah mata dengan baik ke arah seberang dan jika melihat plang nama jalan Gat Lebuh Chulia, tak perlu naik bus, tapi cukup susuri jalan itu karena itu adalah sebuah jalan yang lurus. Lalu mulailah mencari tempat penginapanmu. Tak perlu takut nyasar selama di Penang. Orang-orang lokal yang kutemui di sana ramah. Apalagi di Lebuh Chulia sendiri memang menjadi pusat penginapan backpacker jadi lokasi ini emang sangat welcome terhadap wisatawan.

13001307_10209324399136696_2029713297446335777_n-vert
Tentang Lebuh Chulia (Chulia Street)

Lalu jika sore menjelang malam, Lebuh Chulia akan ramai dengan penjual makanan. Penang yang juga dikenal sebagai tempat wisata kuliner menyediakan beragam jenis makanan mulai dari Chinese food, Melayu, India, atau Timur Tengah. Selama di sana tentu saja saya doyan dengan makanan Melayu seperti nasi Lemak atau Sate Ayam karena entah kenapa rasanya lebih enak, harganya murah, dan pastinya halal. Sementara itu, kalau masakan India atau Timur Tengah, saya tidak mencicipinya karena kurang suka dengan makanan yang terlalu berempah.

Tapi yang saya suka dari Lebuh Chulia karena cukup mudah mendapatkan makanan, mudah akses ke tempat-tempat yang wajib dikunjungi (must visit place), dan jika capek cukup naik bus CAT yang bisa didapatkan di Jetty atau di Lebuh Pantai. Ingat ya, naiklah bus di haltenya sebab bus juga tidak akan berhenti jika bukan pada haltenya.  Info bus Rapid Penang CAT –> di sini.

Selain itu, jika kamu muslim, sangat mudah beribadah di sini karena terdapat 2 masjid, yaitu Masjid Kapitan Keling dan Masjid Jamek. Dari Lebuh Chulia ke Komtar sendiri bisa ditempuh dengan berjalan kaki santai. Dan jika ingin berbelanja cemilan khas Malaysia, bisa berburu di MyDin yang letaknya di jalan Penang dan dekat dari Lebuh Chulia dan Komtar tentunya. MyDin juga dilewati oleh bus CAT.

12994426_10209324403936816_8532608840711243028_n
Masjid Kapitan Keling

3. Berburu World Heritage

Georgetown, Penang telah dinobatkan sebagai kota heritage karena di kota ini terdapat banyak bangunan warisan dunia yang masih terawat baik hingga sekarang. Untuk mengunjungi semuanya sebenarnya bisa memakan waktu sehari saja. Mengapa demikian? Sebagai penyuka bangunan klasik, bangunan-bangunan kuno yang paling oke menurutku ada di Lebuh Pantai atau jalan Pantai. Jalan ini sangat dekat dengan Lebuh Chulia karena berada di kawasan yang sama. Karena banyak gedung klasik, suasananya mengingatkan pada Eropa. Sementara world heritage lainnya berupa tempat-tempat ibadah seperti kuil-kuil yang tersebar di beberapa tempat dan kesemuanya masih terawat dengan baik.

12801691_10209233766590939_960728777281216985_n-horz
Bangunan klasik yang menjadi salah satu world heritage di Lebuh Pantai, Georgetown

4. Berburu Art Street

Di Georgetown terdapat banyak art street yang bisa dijumpai secara tidak sengaja karena biasanya terdapat di jalan-jalan kecil seperti gang atau lorong. Namun tak perlu khawatir sebab kamu bisa mendapatkan panduannya di banyak tempat dan dari situ kamu bisa mulai mencari. Saya sendiri tidak berniat untuk mencari semuanya dan hanya mencari yang terlihat unik. Alhasil hanya mendapatkan art street sekitar 7 buah. Jika berniat mencarinya, bisa memakan waktu sehari dua hari mengingat suhu udara di Penang yang sangat panas menjelang siang hingga sore hari.

12933132_10209234571531062_1670734565747878095_n-vert-horz
Art Street di Georgetown, Penang

5. Mengunjungi Lokasi Wisata di Luar Georgetown

Selain world heritage, art street, dan wisata kuliner Penang yang terkenal lezat, kamu juga bisa mengunjungi lokasi wisata lainnya yang terkenal, seperti Penang Hills. Untuk menuju ke sana, cukup naik bus Rapid Penang 204 dengan tarif 2 ringgit dan tujuan akhirnya adalah Penang Hills atau Bukit Bendera. Sesampainya di Penang Hills, kamu bisa mencoba naik kereta yang menuju ke atas bukit dengan membayar tarif sebesar 30 ringgit pulang – pergi. Ini worth it karena kamu bisa melihat Penang dari atas bukit dan di atas juga banyak atraksi menarik. Info bus menuju Penang Hills –> di sini.

Selain Penang Hills, kamu juga bisa berkunjung ke pantai Batu Ferringghi. Sebuah pantai berpasir putih dengan suasana yang tenang. Disarankan ke tempat ini pagi-pagi sekali atau sore menjelang malam. Untuk menuju ke sini cukup dengan naik bus Rapid Penang 101 yang juga melewati Lebuh Chulia. Info bus menuju Batu Ferringghi –> di sini. Selain itu, Penang masih mempunyai sejumlah tempat wisata alam yang informasinya bisa didapatkan dari brosur gratis yang berisi map (peta) serta informasi wisata Penang.

Kesimpulan tentang Penang

Kesimpulan ini kubuat berdasarkan pengalaman pribadi selama 3 hari 2 malam di sana:

  • Tempat menginap paling oke di Lebuh Chulia.
  • Tempat sarapan pagi paling oke ada di Lebuh Pantai karena ada Medan Selera (semacam foodcourt) yang buka dari pagi hingga menjelang siang. Cobalah nasi lemaknya yang rasanya paling enak dan harganya murah hanya 1,80 ringgit. Kalau kurang kenyang bisa beli 2 porsi dan pilihan isiannya beragam, ada ikan bilis (ikan teri), udang, dan sotong.
  • Tempat ngopi-ngopi paling oke di restoran India yang bertebaran hampir di sepanjang Lebuh Chulia karena ada roti tissu yang harganya cuma 2 – 3 ringgit dan ice milo yang harganya cuma 2 ringgit.
  • Kalau mau kemana-mana di sekitaran Jetty – Komtar cukup berjalan kaki atau naik bus CAT yang gratisan.
  • Es krim mcD yang cone hanya 1 ringgit 😀
  • Penang adalah kota yang tenang dan rada sepi di malam hari tapi cukup hidup jika kamu menginap di Lebuh Chulia.
  • Banyak makanan chinese food yang nampak lezat di Lebuh Chulia, ketahuan dari jumlah pengunjung yang memadati kedainya.
  • Waktu 3 hari 2 malam terasa cukup untuk menjelajahi Penang dengan estimasi tujuan wisata yang dibahas di atas.
  • Kota Georgetown mudah dipelajari dan warga lokal Penang ramah jika ditanya tentang arah apabila kamu merasa tersesat.
  • Banyak bagunan tua seperti ruko tua khas Pecinan, tak ketinggalan nuansa India di Little India yang terdapat di Lebuh Chulia.
  • Beberapa jalan di Georgetown berbau Inggris, seperti Lebuh Victoria dan Lebuh Buckingham. Jika menemukan plang nama jalan yang unik, abadikanlah! 😀
  • Bisa sewa sepeda atau motor bila ingin berkeliling di sekitaran Jetty – Komtar. Tapi lebih enak jalan kaki karena kebanyakan jalan di Georgetown adalah jalan satu arah (jalan sehala)
  • Suhu udara di siang hari sangat panas hingga mencapai 35°C. Jadi disarankan untuk memakai topi atau payung. Tapi jika stay di Lebuh Chulia, bisa tidur siang dulu, sorenya baru lanjut jalan lagi. Tak perlu khawatir, waktu magrib di sana adalah pukul 07.30 pm dan waktu subuh adalah pukul 06.00 am.

Lalu apakah saya masih tertarik untuk berkunjung ke Penang? Tertarik tapi tidak untuk waktu dekat. Mungkin saja 5 tahun dari sekarang Penang akan lebih maju. Tapi jujur tempat ini memang benar-benar murah lho!

Info komplit tentang Penang bisa dilihat di web Penang Travel Tips.

penang
brosur wisata Penang yang didapatkan di Penang Airport
  • TAKE OUT WITH FULL CREDIT. THANK U 😉 *

 

Advertisements

9 comments

  1. Wah lengkap sekali infonya Mbak. Notes ini wajib disimpan untuk bekal kalau balik ke Penang. Memang yang paling menarik di Georgetown, menurut saya, adalah gedung-gedung tuanya itu selain art street. Kreatif banget mereka 🙂

    Like

  2. Wahh…ulasannya tentang Penang sangat membantu…
    Aku akan berangkat Sabtu subuh besok sampai hari Senin (24-26 Dec 2016)…pas 3 hari 2 malam spt Mbak Irma…
    Definitely bakal ikutin itinerary-ny Mba Irma…
    Thanks a lot! It’s really helpful…

    Like

  3. Rencana ke penang juga sebulan lagi. sudah book vouk hotel di jalan sultan ahmad shah daerah georgetown juga sih. tapi kira2 jauh gag dengan tempat2 yang disebutkan mbk irma ?

    Like

    • kalau liat di peta georgetown penang, tempat itu agak jauh dr tempat2 yg saya tuliskn di atas…tapi krn george town kota kecil mungkin masih bisa dijangkau dgn berjalan kaki atau bus 🙂

      Like

    • iyaa saya backpackeran…. di sepanjang jalan lebuh chulia banyak penginapan bersih dan murah dgn tarif kurang dari 100rb per mlm,, saya lupa nama penginapan yg saya tempati kmrn tpi kamu bisa search via agoda.com dengan memilih “lebuh chulia” atau jalan lebuh chulia. Menurutku jalan ini yg paling recommended sekaligus paling hidup di sepanjang George Town 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s