Menikmati View Kota Seoul dari Naksan Park

CERITAIRMA.COM – Naksan atau gunung Nakta yang berarti ‘unta’ dalam bahasa Korea. Hal ini dikarenakan penampakannya yang menyerupai punduk unta sehingga dinamakanlah gunung Nakta atau Naksan. Gunung ini termasuk dalam 4 gunung utama yang mengelilingi sekaligus melindungi kota Seoul bersama-sama dengan Namsan (gunung Nam), Bugaksan (gunung Bugak), dan Inwangsan (gunung Inwang). Naksan termasuk gunung granit yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter (328 kaki). Di masa dinasti Joseon, keluarga kerajaan senang berkunjung ke gunung ini untuk menikmati keindahan alam kota Seoul di masa yang sangat lampau.

open_space_with_wonderful_views_naksan_park
Pelataran Naksan Park yang menawarkan pemandangan yang indah (pic credit to: theseoulguide.com)

Selama masa invasi Jepang, banyak ruang hijau di sekitar gunung yang hancur. Untung saja sekitar Naksan masih tersisa sehingga pada tahun 2002 pemerintah kota Seoul memutuskan untuk menjadikannya taman dengan menyediakan fasilitas yang memadai bagi pengunjung termasuk: ruang pameran, paviliun dengan bangunan tradisional Korea berbentuk heksagonal, fasilitas olahraga seperti lapangan basket dan badminton, taman bermain, dek observatori, rumah rakyat Korea di masa lalu (biudang), serta toko.

20101011180056
Biudang adalah rumah rakyat tradisional di masa dinasti Joseon dimana penghuninya hampir tidak bisa berteduh dari hujan karena hanya beratap jerami (pic credit to: visitseoul.net)

Untuk sampai ke puncak Naksan, ada 2 pilihan rute dimana kedua rute tersebut memiliki jalan yang berkelok-kelok mengikuti kemiringan gunung. Pada saat tiba di Naksan Park kita akan menemukan Naksan gallery, panggung kecil, tempat parkir, toko, serta beberapa bangku untuk bersantai. Pada jejak atas, akan ditemukan banyak pepohonan, bunga-bunga, dan mesin latihan olahraga kebugaran. Lalu setengah jalan di atasnya barulah ditemukan banyak paviliun di mana kita bisa bersantai sambil menikmati pemandangan kota Seoul dari atas.

pavilion_at_naksan_park
Paviliun di Naksan Park (pic credit to: theseoulguide.com)

 

Tempat yang Ideal untuk Hiking dan Fotografi

Jika kalian salah satu penggemar hiking, maka patut mencoba hiking di sepanjang tembok Naksan park karena temboknya termasuk dalam barisan Seoul Fortress Wall (Seoul Seonggwak) yang membentang sekitar 2km dari Hyehwamun (east small gate) ke Heunginjimun (east big gate) yang termasuk dalam 8 pintu gerbang utama yang mengelilingi kota Seoul. Pemandangan menakjubkan bisa didapatkan pada bentangan menurun Hyehwamun sehingga lokasi ini menjadi populer di kalangan fotografer. Jadi, buat kalian yang ingin mendapatkan gambar terbaik, pastikan untuk mencobanya.

DSCN5656-vertfff
pic credit to: exploringkorea.com

Cara Menuju ke Naksan Park (낙산공원)

Untuk mencapai Naksan park maka diperlukan stamina yang oke karena kita harus jalan mendaki mulai dari Hyehwa Station (Line 4) Exit 2 di Daehangno sekitar 450 meter atau sekitar 10 menit. Tapi tidak perlu khawatir sebab banyak petunjuk arah berbahasa Inggris dan Korea untuk mencapai taman ini. Berikut detil petunjuknya:

  • Keluar dari Exit 2 pada Hyehwa Station (Line 4)
  • Berjalan sekitar 70 meter lalu belok di kiri pertama dimana terlihat patung di Marronnier Park
  • Lanjutkan berjalan sekitar 180 meter di Daehak-ro-8ga-gil (jalan Daehak-ro-8ga) sampai di ujung jalan lalu belok kanan
  • Lanjutkan berjalan sekitar 50 meter lalu belok di kiri kedua menuju Guldari-gil (jalan Guldari)
  • Lanjutkan berjalan dalam tanjakan sekitar 200 meter untuk mencapai taman yang berada di sebelah kiri.
untitled
Petunjuk arah dari theseoulguide.com

ATAU:

  • Naik subway menuju Changsin Station (Line 6) Exit 3 dan naik bus no. 03 lalu turun di pemberhentian terakhir ; atau
  • Naik subway menuju Dongdaemun Station (Line 1) Exit 5 dan naik bus no. 03 dan turun di pemberhentian terakhir
untitled
Petunjuk arah dari visitseoul.net
1554766_image2_1
Pintu masuk Naksan Park (pic credit to: visitkorea)

Walaupun butuh stamina yang kuat untuk mencapai tempat ini tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Sebagai saran datanglah di sore hari menjelang malam agar bisa mendapatkan 2 view sekaligus, terang dan gelap seperti di kdrama Kings 2 Heart ^^

751_2

Source: theseoulguide | visitseoul | visitkorea | exploringkorea

Primary pic credit to: Wikipedia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s