Pyeongchang-dong, Area Elit di Seoul yang Menjadi Lokasi Syuting Another Oh Hae Young

untitled

Kamu suka kdrama ‘Another Oh Hae Young‘? Kalau iyaa kita sama dong! Karena saya juga lagi suka-sukanya dengan kdrama ini. Dan ketika memasuki episode 15, saya baru ngeh dengan alamat rumah Park Do Kyung yang disitu tertulis:

PYEONGCHANG 47-GIL

Itu artinya, rumah Park Do Kyung yang diperankan oleh Eric Moon oppa berada di area Pyeongchang-dong yang setahuku adalah salah satu area elit di kota Seoul selain Gangnam. Area ini termasuk dalam distrik Jongno (Jongno-gu) yang memang memiliki banyak view menarik dan klasik. Berbekal dari artikel yang pernah kubaca di Seoul Times tentang Pyeongchang-dong, saya pun menuliskannya di sini sebagai bekal kalau ke Korea kelak. Kamu juga bisa search di google dengan kata kunci ‘Pyeongchang-dong‘ dan akan muncul hasil seperti ini:

untitled

Sekilas Tentang Pyeongchang-dong

Pyeongchang-dong dianggap sebagai kawasan Beverly Hills versi Korea karena terletak di lereng gunung Bukhan (Bukhan-san) yang indah dan megah. Area ini dihuni oleh kalangan elit di Korea termasuk politisi, pengusaha, seniman, serta warganegara asing termasuk diplomat. Karena keelitannya, maka area ini dihindari oleh kawanan perampok dan pencuri mengingat tingkat keamanannya yang tinggi. Untuk itu, area ini juga dianggap sebagai kawasan perumahan terbaik di Seoul.

thi-tran-pyeongchang-dong-noi-sinh-song-cua-nhung-nguoi-giau-nhat-han-quoc-ivivu-2
source: handbooktravel.com

Satu lagi yang membuat area ini menarik karena warga yang tinggal di sini relatif mendaapatkan udara yang jauh lebih bersih dibandingkan area lain di kota Seoul yang semakin hari mengalami efek samping dari polusi udara yang semakin memburuk. Karena terletak di lereng gunung Bukhan, maka udaranya lebih sejuk sekitar 2 – 3 derajat lebih dingin daripada di area yang berada di pusat kota Seoul. Bahkan warga yang tinggal di area ini tidak perlu AC di tengah musim panas.

11212-20111230144043
source: The Seoul Times

Arsitektur beberapa rumah hunian di Pyeongchang-dong juga seperti yang ada dalam drama ‘Another Oh Hae Young‘ dengan dinding seperti susunan bata yang menambah kesan klasik dan artistik dari area ini. Ditambah lagi sejumlah galeri seni dan museum serta restoran khusus yang tersebar di area ini. Itulah sebabnya area ini menjadi populer sebagai lokasi syuting beberapa drama dan film Korea.

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s