[Seoul2016] 2nd : Welcome to Land of Morning Calm

27 Oktober 2016…. sekitar pukul 8 pagi mendarat dengan mulus di Incheon Airport dengan hati yang berbunga-bunga. Finally,,, setelah melewati drama-drama itu, kami bertiga benar-benar bisa menginjakkan kaki di Korea. Penerbangan semalam juga berlangsung mulus dan saya bisa tidur nyenyak di kursi no. 50A yang berada kedua dari belakang. Malah lebih enak karena hanya 2 seat dan suasananya lebih tenang plus dekat dengan toilet.

Antrian di imigrasi Incheon cukup ramai dan kami antri sekitar 30 menit. Walaupun antri tapi berlangsung dengan tertib karena petugasnya juga sangat aktif. Di Incheon juga petunjuknya sangat jelas, jadi buat kamu yang pertama kali ke Seoul tidak perlu khawatir. Setelah melewati imigrasi, kami pun mulai mencari bagasi yang isinya selain baju, adalah bahan makanan. Sebenarnya tidak banyak-banyak juga sih, yang dibawa cuma indomie, mie gelas, rendang, sambal abc, saos tiram, cuma kurang margarin aja.

15181116_10211448672082192_1184479115558994341_n
Koper + Bag milikku + Regita

Lalu kenapa kami sampai heboh bawa bekal? Tau sendirilah di Seoul itu banyakan makanannya tidak halal bagi muslim. Kalaupun ada yang halal harganya cukup mahal bila dikonversi ke rupiah. Bayangkan aja jika sekali makan berat yang halal harga per porsinya per orang itu 10.000 won x 12 (kurs pada saat itu). Jadi, demi menghemat kami pun sepakat untuk membawa bekal, dan paling tidak cukup makan siang aja yang makan di luar. Pagi dan malam di penginapan. Buat yang non muslim don’t worry, banyak makanan berat yang harganya cukup murah di bawah 5000 won. Tapi jika ingin tetap berhemat, kalian bisa juga bawa bekal, karena tetap saja dengan bawa bekal bahan makanan dari Indonesia, kalian bisa hemat ratusan hingga jutaan rupiah, dan dananya bisa dialokasikan untuk yang lain.

Back to the topic, setelah bagasi beres, kami pun breakfast dulu bermodalkan roti yang dibeli di KLIA2. Rotinya murah meriah dan enak, sekitar 1 – 2RM. Bisa dibilang 11-12 dengan Bread Talk dan dijualnya di minimarket di KLIA2. Setelah breakfast seadanya, kami pun ke toilet untuk bersih-bersih walaupun gak mandi. Setelah itu kami keluar dan mencari Seven Eleven (SeVel) karena Dewi dan Regita belum mempunyai T-Money Card. Harga T-Money Card yang dijual di SeVel Incheon adalah 4000 won edisi Line. Dan disitu memang hanya tersedia edisi Line, walaupun sebenarnya ada T-Money biasa yang harganya lebih murah cuma 2500 won tapi itu adanya di Seoul. Karena memilih untuk naik subway maka mau tidak mau harus pakai T-Money. Lagipula kami memang harus naik subway mengingat kalau naik bus bandara kami gak tau harus turun di mana 😀

15203315_10211447340928914_5771965331716615594_n

Setelah beli T-Money kami pun segera ke bawah untuk naik subway. Karena penginapan berada di area Sinseoldong (Sinseoldong Station, Line 1,2 Exit 11/12), maka kami harus naik subway yang menuju ke Seoul Station (Arex Line, Line 1 & 4). Sebenarnya ada 2 pilihan untuk sampai ke Seoul Station, yaitu:

  1. dengan kereta Express dari Incheon langsung ke Seoul Station, harganya 10.000 won.
  2. atau dengan All Stop Train alias subway biasa dari Incheon ke Seoul Station di mana subway ini akan berhenti di setiap station yang dilewatinya hingga mencapai Seoul Station. Harganya sekitar 4000 won.

Info lengkap: KTO | fortwoplz

Selain itu, bisa juga dengan airport bus asal kalian sudah tahu nomor busnya dan akan turun dimana. Ohya, kalau naik subway kalian tentunya akan lebih lelah karena di dalam subway station itu banyak tangga dan jalan menuju keluar dari subway station itu yang kadang panjang. Jadi, siapkan stamina karena di sana kalian harus angkat sendiri koper dan ransel. Kalian tentunya akan familiar dengan tangga-tangga di subway station yang ada di Seoul.

Dan ternyata transfer dari jalur Arex di Seoul Station menuju jalur subway biasa untuk ke Sinseoldong Station itu benar-benar melelahkan. Entah berapa tangga yang harus kami lewati padahal kami membawa koper dan ransel. Tapi gak boleh nyerah karena gak ada oppa yang mau bantuin. Belum lagi orang-orang di sana itu kalau jalan cepat-cepat banget, jadi bersiaplah dengan segalanya. Akhirnya setelah melewati kelelahan itu, kami pun tiba di Sinseoldong Station yang menurutku paling jelek station-nya karena gak ada counter jualan. Tapi bagus juga karena jalannya gak gitu jauh begitu turun dari subway menuju keluar.

40719096
Sinseoldong Station Exit 11, di samping bangunan hijau-kuning itulah jalan kecil ke penginapan…. sangat dekat!

Setelah keluar dari exit 12, sayapun mengamati sejenak suasana di sekitar, dan dengan feeling yang kuat saya berjalan ke kiri, dan benar! Penginapanku, Rooming House sudah nampak, kami pun segera ke sana. Sangat penting untuk memilih penginapan yang dekat dari subway station karena gampang kemana-mana. Sayangnya, begitu kami tiba, dan memencet bel berkali-kali ternyata tidak ada orang. Untung aja ada tempat duduk, lalu kami pun duduk menunggu. Tapi karena udara terasa dingin dan kami lapar, akhirnya kami pun berinisiatif untuk bertanya di sebuah warung makan di depan penginapan. Dan dalam hal ini, Dewi-lah yang bertanya. Walaupun terjadi roaming karena Dewi berbahasa Inggris dan ahjumma berbahasa Korea, tapi semuanya berjalan lancar. Ahjumma lalu menelpon oppa penginapan, dan menyuruh kami menunggu beberapa menit. Ahjumma lalu memberikan kami 2 cup kopi gratis dari mesin minumannya. Ahh baiknya ^^

Sementara itu, Regita duduk diluar menjaga koper-koper. Karena masih menunggu, saya pun berinisiatif untuk mencari ATM karena kami memang hanya menukar 50.000 won saja waktu di Indonesia. Saya dan Dewi yang pergi, dan ternyata dekat situ ada Woori Bank. Kami pun mencoba global atm yang ternyata ada pilihan menu bahasa Indonesia. Tapi ternyata, kartu atm BNI tidak bisa. Lalu ada satpamnya yang asli ganteng banget menyuruh kami menemui CS. Dan ternyata CS-nya itu mirip Ryu Jun Yeol dan sangat fasih berbahasa Inggris. Belum cukup sehari, kami telah menemukan banyak oppa ganteng yang lebih real dan di hadapan mata. Sebelumnya waktu di subway juga sudah ada beberapa yang menyita mata hati 😀

Karena belum berhasil mengambil uang, kami pun kembali ke penginapan yang ternyata sudah ada oppa-nya. Koper-koper pun sudah ada di kamar, dan kami pun diperkenalkan tentang kamar yang kami tempati. Kebetulan sayalah yang memesan penginapan itu via agoda.com , dan mendapatkan harga yang lumayan murah untuk sebuah triple room yang lengkap dengan fasilitasnya berupa toilet dalam kamar, mesin cuci, kulkas kecil, microwave, rice cooker, kompor dan ketel listrik, hairdryer, serta ukuran kamar yang pas (tidak sempit tapi juga tidak luas). Belum lagi free breakfast, setrika di depan kamar, dan mesin pengering pakaian di lantai 4. Harga yang didapatkan saat itu adalah sekitar Rp. 230 ribu/orang/malam. Beda tipis dengan kamar tipe dormitory yang juga hampir 200 ribuan tapi fasilitasnya biasa aja.

15178110_10211447342128944_6772834955252995287_n
triple room on 2nd floor at Rooming House, Dongdaemun

Setelah membeli nasi instan di SeVel dekat penginapan, kami pun makan siang sepuasnya dengan rendang homemade from Regita’s mom. Rasanya sangat enak karena pas kami lagi lapar-laparnya. Setelah itu, kami istirahat sebentar sambil menunggu baju yang langsung dicuci. Setelah istirahat sekitar 2 jam, kami pun bergegas untuk jalan-jalan. Tapi kami hanya ingin mencari atm dulu, dan untunglah setelah mengitari sekitar penginapan, ternyata di sebrangnya ada Hana Bank dan saya pun berhasil menarik uang 300.000 won + admin 5000 won, total tertarik dalam rupiah sekitar 3.500.000 rupiah. Uang itu adalah untuk transportasi, makan, dan belanja pribadi selama di Seoul. Kurang? tidaklah…itu sangat cukup untuk 10 hari kok. Percayalah ^^

Setelah berhasil mengambil uang, kami pun berjalan-jalan sekitar situ karena masih lelah dan sudah malam. Ternyata sekitar penginapan sangat strategis karena dekat dari Daiso dan Homeplus. Di Homeplus kami selalu membeli kebutuhan bahan makanan lainnya, yaitu nasi instan. Ada nasi Park Bogum yang harganya 5700 won 6 pcs ukuran 210 gram, tapi ada yang lebih murah, yaitu nasi Ottogi yang harganya 7500 won 10 pcs ukuran 210 gram. Selain nasi, kami juga sempat membeli telur, banana milk, dan seafood karena di kamar kami bisa masak. Jadi, urusan makanan aman dan kami bisa jalan-jalan dengan tenang dan bahagia ^^

page
Park Bogum’s rice vs Ottogi rice, keduanya sama-sama enak.

Petunjuk Arah dari Rooming House ke Homeplus:

20161102_194952-vert
map of Sinseoldong Station Area
  • Homeplus Dongdaemun Branch (Yongdu Station). Yongdu Station adalah stasiun setelah Sinseoldong. Dari Rooming House bisa masuk lewat stasiun dan keluar dari Exit 8 or 9. Berjalan lurus sampai menemukan Yongdu Station (Line 2) Exit 3. Bisa juga dari Sinseoldong Station keluar dari Exit 3 or 4 dan berjalan lurus sampai mencapai Jegidong Station (Line 1) Exit 3. Di Homeplus juga ada Daiso.
  • Homeplus Express (Dongmyo Station). Dongmyo Station adalah stasiun sebelum Sinseoldong. Dari Rooming House bisa berjalan lurus searah Exit 11 hingga di ujung jalan yang ada Dongmyo Station (Line 1, 6) Exit 10Homeplus Express ada dekat situ. Dekat dari situ juga ada Daiso.

OTHER INFO:

  • Hunting penginapan bisa via agoda.com or booking.com dimana tiap minggunya ada banyak penawaran. Saya mulai hunting ketika tiket pesawat sudah di tangan. Semuanya aman dan pembayaran belum ditarik selama kebijakannya adalah FREE CANCELLATION.
  • Begitu tiba di Incheon, jangan lupa ambil map/peta di booth tourist information yang ada di luar dekat SeVel.
  • Instal aplikasi metroidhd di playstore untuk info jalur subway karena aplikasi ini bisa dibuka walaupun tidak ada koneksi internet.
  • Kalau ingin berbelanja baju di Seoul, sebaiknya bawa aja baju 1 – 2 pcs dari Indonesia karena harga baju di Seoul itu lumayan murah, mulai dari 5000 won ke atas. Bisa hunting di universitas shopping area seperti di Ehwa or Konkuk, atau di shopping area seperti Dongdaemun, Namdaemun, Gangnam Underground, dan masih banyak lagi lainnya. Rajin-rajin hunting info aja ^^

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s