[Seoul2016] 4th : From Sinseoldong to Chungmuro

29 Oktober 2016. Sekitar jam 10 pagi kami check out sementara dari penginapan di Sinseoldong dan akan menginap di Chungmuro tepatnya di Star Hostel Family Myeongdong. Kami bisa nginap gratis di sini tanpa sengaja. Berawal dari sebuah postingan di grup Backpacker Internasional yang kuikuti di FB. Salah seorang membernya menawarkan penginapan gratis 3 malam mulai dari 29 Oktober hingga 1 November 2016. Tentu saja saya langsung mengambil kesempatan ini. Tanpa perlu berlama-lama akhirnya TS-nya, yaitu mba Tabita menghubungiku via inbox FB. Meskipun berhubungan via inbox dan email, tapi saya bisa merasakan kalau orang ini sangat baik dan tulus. Dan semoga Tuhan membalas kebaikannya lebih berlipat ganda… Amiin 🙂

Jadi, meskipun check out sementara, koper bisa dititip di penginapan walaupun disimpan di kantornya, bukan di kamar. Memang sih cukup rempong, tapi demi menghemat bujet itu bukanlah masalah besar. Baik dari mba Tabita sendiri, maupun dari pihak hostel sendiri semuanya kooperatif. Malam sebelum ke sana saya menghubungi pihak hostel, dan salah satu stafnya memberikan kontaknya agar ketika saya tiba bisa segera menghubunginya walaupun belum tiba waktu check in. Perlu diketahui jika check in di Seoul rata-rata dimulai pukul 2-3 sore. Karena tiba lebih cepat, tentu saja saya harus menghubungi pihak hostel karena saya juga ingin berjalan-jalan. Jadi, kami harus ke hostel dulu menyimpan barang lalu jalan-jalan.

Dari Sinseoldong Station (Line 1, 2) menuju Chungmuro Station (Line 3, 4) juga dekat dengan transfer di Dongdaemun Station (Line 1, 4) dan waktu tempuh sektar 15 menit. Tiba di sana, kami pun mencari Exit 1 sebagai pintu keluar terdekat menuju hostel. Ternyata Chungmuro Station sangat modern dan untuk Exit 1 dilengkapi eskalator menuju jalan raya sehingga kalau kamu membawa koper, tidak perlu khawatir. Dan begitu keluar di depan jalan raya, nampaklah Starbucks dan Burger King. Sesuai petunjuk, hostel ini terletak di antara keduanya dengan melewati jalan kecil. Dan ternyata benar, di jalan antara Starbucks dan Burger King nampaklah Star Hostel Family Myeongdong.

58192703
Exit 1 Chungmuro Station, nampak Daehan Cinema, dan di sebelahnya ada Starbucks

Rate harganya pun hampir sama dengan di Sinseoldong. Tapi bangunan dan fasilitasnya lebih modern, hanya saja tidak dilengkapi dengan microwave dan rice cooker dalam kamar, fasilitas setrika, dan fasilitas pengering pakaian; selebihnya sama. Tapi hostel ini punya layanan kebersihan kamar setiap hari, kecuali tempat tidur yang tidak dibereskan. Selain itu ukuran kamarnya pun tergolong luas untuk sebuah triple room yang dilengkapi dengan heater.

58192689
triple room di Star Hostel Myeongdong

Kalau Rooming House di Sinseoldong dekat ke Dongdaemun yang merupakan shopping area, maka Star Hostel di Chungmuro dekat ke Myeongdong dan Namdaemun yang juga merupakan shopping area. Jika berjalan kaki dari hostel ke Myeongdong, hanya perlu waktu sekitar 10 – 15 menit saja. Bisa juga langsung naik subway karena hanya 1 stasiun dan tiba. Ke Dongdaemun Design Plaza (DDP) juga dekat karena hanya 1 stasiun atau naik bus langsung dari halte yang ada dekat Exit 2 yang juga dekat dari Exit 1. Begitu juga untuk bus 02 atau 05 yang merupakan shuttle bus menuju Namsan Tower bisa diakses langsung dari halte tersebut. Info shuttle bus to Namsan Tower –> DI SINI 

15179212_10211448462516953_1943681977543591241_n-1

Sedangkan halte airport limousine (bus bandara) berada di seberang Exit 1. Selain itu, Korea House dan Namsan Hanok Village bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 1-2 menit dari hostel dengan berjalan lurus dari depan Starbucks menuju Exit 3 atau 4. Jadi hostel ini sangat strategis dan sangat layak dimasukkan dalam list sebagai salah satu penginapan yang oke untuk trip rame-rame karena jatuhnya lebih hemat.

map_img03
Map of Chungmuro Station Area

Di sekitar hostel juga ada Daehan Cinema yang merupakan salah satu bioskop terkenal di Chungmuro. Perlu diketahui jika di sekitar tahun 60an, area Chungmuro merupakan pusat industri perfilman Korea Selatan, sehingga tidak heran jika di dalam subway station-nya terdapat foto-foto artis dan aktor sekitar tahun 80an dalam suatu event penghargaan.

15220090_10211448587880087_637512862381906901_n

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s