My Seoul Bucket Wish 2017…. What I Want, What I Get

Di sela-sela waktu kunjunganku yang singkat, aku menyempatkan diri untuk memenuhi bucket wish-ku akan tempat-tempat menarik di Seoul yang belum kukunjungi serta hal-hal yang ingin kulakukan saat berada di sana.

3 November 2017

Menginap di Hostel Tommy

Menemukan hostel ini dari promo Agoda yang dikirim via emailku. Dari sekian banyak penginapan yang promo di hari itu, Hostel Tommy salah satunya. Aku sendiri tak pernah mendengar tentang hostel ini sebelumnya. Pertimbanganku memilih Hostel Tommy saat itu selain karena harga yang ditawarkan oleh Agoda saat itu betul-betul menarik, ada juga beberapa lainnya seperti:

Lokasinya sesuai keinginanku, tepatnya di Jongno-gu area. Ini adalah historical area di mana banyak sekali spot-spot wisata budaya yang menarik. Hostel Tommy terletak di pusat Jongno, tepatnya di jalan Donhwamun-ro, Waryong-dong. Biasanya hostel-hostel di Korea terletak di dalam gang kecil, tapi jangan khawatir, sebab hostel ini terletak di depan jalan raya seperti nampak pada gambar di bawah. Jadi sangat mudah menemukannya.

untitled

source: Hostel Tommy’s website

Selain itu, owner-nya, Mr. Tommy Kim yang lebih senang dipanggil namanya saja atau oppa, orangnya sangat baik. Selama 6 malam menginap di sana, aku sangat betah dan seperti di rumah sendiri karena kebaikan dan keramahan sang owner beserta staf-stafnya. Tak perlu khawatir sebab semua fasilitas yang dideskripsikan di website maupun di Agoda, memang sesuai. Itulah mengapa menginap di hostel ini serasa berada di rumah sendiri…feel like home!

untitled1

source: Hostel Tommy’s Instagram
6 female dorm, kamar yang kutempati, luas & nyaman + kamar mandi dalam kamar jadi tidak perlu keluar kamar untuk mandi

Sosial Media Hostel Tommy: Website | Facebook | Instagram

Makan di Halal Kitchen

img-20171103-wa0014-130410761

Hal yang ingin sekali kucoba setelah mengikuti laman facebook Halal Kitchen. Akhirnya kesampaian juga mencoba makanan Korea yang otentik dan tentu saja halal. Restoran ini milik Mr. Hassan Lee Kyung Yup. Saat itu aku tiba disana sekitar jam 7 malam dan disambut hangat oleh beliau yang kebetulan ada di sana.

menu yang tersedia di Halal Kitchen
Makanan yang kupesan 'bulgogi-deopbab'
Bulgogi-Deopbab, menu yang kupesan & rasanya sangat enak
tangga menuju Halal Kitchen

Lokasinya pun cukup dekat dari penginapanku sehingga aku cuma berjalan kaki menuju Halal Kitchen yang berada di Samcheong-dong. Penyuka kdrama pasti akan senang berjalan-jalan di sini karena banyak kdrama yang mengambil lokasi syuting di sini, salah satunya drama Temperature of Love.

4 November 2017

Menjelajahi Ihwa-dong, Naksan Park, dan Berakhir di Dongdaemun

Ini adalah bucket wish yang udah lama banget tapi baru bisa diwujudkan sekarang. Sejak tahu tentang Ihwa Mural Village dan sempat menuliskannya di blog ini pada 1 Oktober 2014 “Mengintip Kawasan Unik ‘Ihwa Village’ Seoul“, akhirnya pada hari sabtu, 4 November 2017 aku punya waktu untuk sekedar melepas rasa penasaran tentang kawasan unik ini.

tangga pertama menuju kawasan Ihwa Mural Village

Berbekal petunjuk dari website KTO , aku pun berhasil menemukan kawasan ini. Selain mengikuti petunjuk dari KTO, akupun menyimak petunjuk-petunjuk arah yang terpajang di sana. Aku juga bertanya pada polisi yang kebetulan ada di sekitarku saat itu dan ternyata jalan yang kutempuh sudah benar.

Jadi saat itu aku naik subway via Gwanghwamun Station (Line 5) karena sebelumnya aku jalan-jalan dulu ke arah Insadong yang dekat dari penginapanku & sekalian melewati istana Gyeongbukgung dan Gwanghwamun yang kebetulan saat itu dipenuhi oleh banyak orang yang akan melakukan demo. Aku turun di Hyewa Station (Line 4) dan keluar dari exit 2. Setelah itu aku mulai berjalan sesuai petunjuk dari website di KTO.

salah satu petunjuk menuju Ihwa Mural Village

Meski saat aku berkunjung banyak tangga di sana yang sudah dihapus lukisannya seperti tangga bunga matahari dan ikan, tapi tidak mengurangi minatku untuk mengeksplor kawasan Ihwa-dong yang konon dulunya adalah wilayah yang kumuh. Hingga akhirnya pemerintah kota Seoul mengadakan program restorasi kota dan kawasan ini termasuk salah satunya.

dulunya tangga ini dilukis dengan gambar ikan

Kawasan Ihwa-dong terhubung dengan Naksan Park. Ini juga adalah salah satu bucket wish-ku dan aku sempat menuliskannya dalam bentuk artikel berjudul “Menikmati View Kota Seoul dari Naksan Park“.

Meski belum sempat mengeksplor semuanya, setidaknya aku sudah tahu tempat ini dan di kesempatan mendatang akan berkunjung ke sini lagi.

Set rumah ‘Do Bong Soon‘. Aslinya ini adalah sebuah kafe.
IMG-20171104-WA0048
Salah satu tempat di Naksan Park untuk menikmati view kota Seoul dari atas
IMG-20171104-WA0072
Duduk di tembok ala-ala Kdrama^^

Setelah puas dan lelah mengeksplor Ihwa dan Naksan, aku pun mengakhirinya dengan menuruni barisan tembok yang terhubung dengan kawasan Dongdaemun.

IMG-20171104-WA0052
berjalan turun menyusuri tembok yang terhubung dengan kawasan Dongdaemun
Akhirnya sampai juga di Dongdaemun. Dari seberang nampak Heunginjimun Gate & Dongdaemun Design Plaza (DDP)

Aku memutuskan untuk berjalan kaki dari Ihwa ke Dongdaemun setelah menonton video dari Feed the Cory, hanya saja aku melakukannya dari arah sebaliknya.

Naksan Park tak kalah bagusnya dengan Namsan Park. Malah jika aku disuruh memilih, aku lebih menyukai Naksan Park karena lebih tenang dan aku bisa menikmati view kota Seoul yang indah. Medan untuk mendaki kaki gunung ini juga tidak terlalu berat dan lokasinya yang berada di tengah kota membuatku memilih Naksan Park sebagai tempat yang layak dikunjungi di Seoul.

6 November 2017

Mengeksplor Olympic Park

Apa yang membuatku sangat ingin berkunjung ke Olympic Park? Tak lain dan tak bukan adalah karena ingin berkunjung ke One Tree Hill yang ada di sana. Karena saat ke sana aku hanya mendapatkan sedikit info, maka aku pun turun di Olympic Park Station (Line 5) exit 3. Sesampainya di sana, ternyata Olympic Park jauh lebih luas dari yang kubayangkan. Jadi, kalau turunnya via Olympic Park Station, maka kamu akan menemukan gerbang timur (East Gate). Untung saja tak jauh dari gerbang ada pusat informasi dan disitulah aku mendapatkan map Olympic Park yang sangat luas.

Meski jalannya jauh tapi sangat worth it karena disuguhi banyak view keren seperti ini
25498285_10215199430408806_6352585098154448052_n
ada ladang ilalang di salah satu lokasi di Olympic Park

Setelah map itu kuamati, ternyata kalau mau lebih cepat ke One Tree Hill, lebih bagus turun di Mongchontoseong Station (Line 8) exit 1 dan berjalan lurus ke arah Olympic-ro dan masuk melewati gerbang barat yakni West Gate 2. Dan setelah itu tinggal mengikuti petunjuk yang ada di map. Meski begitu, setelah menempuh jalan berliku diselingi foto-foto, akhirnya sampailah aku ke tujuan utama…senangnya!

Bahagia itu adalah ketika telah sampai di tujuan utama setelah melewati jalan berliku
Subhanallah…maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?
masih sendiri? tak mengapa… meski berdua lebih baik (Insya Allah)
salah satu view yang sangat keren di jalan dekat Olympic Park ketika aku berjalan pulang meninggalkan tempat yang sangat cantik ini

7 November 2017

Mengeksplor Seoul Forest

Aku penasaran dengan Seoul Forest setelah melihat gambarnya. Tapi ternyata apa yang digambar tidak seindah kenyataan. Meski begitu aku sudah tidak penasaran dengan tempat ini.

barisan pohon ginkgo di Seoul Forest

8 November 2017

Mengeksplor Bukchon Hanok Village Mulai dari 1st – 8th View

Di hari terakhirku di Seoul, aku memilih untuk menaklukkan kawasan Bukchon Hanok Village setelah di kunjungan sebelumnya aku hanya sekedar foto beberapa menit lalu pindah lokasi. Hari itu aku benar-benar mengikuti map Bukchon dimana aku mengikuti arahnya mulai dari view pertama (1st view) hingga view terakhir (8th view).Ternyata tidak sulit dan lebih mudah dari yang kubayangkan. 1st view dimulai dari samping istana Changdeokgung tepatnya di Changdeokgung gil dan akan berakhir di 8th view tepatnya di Bukchon-ro 5na-gil, dimana terdapat tangga yang terhubung ke Samcheong-dong.

Lokasi syuting ‘Temperature of Love’
IMG-20171108-WA0064
Di depan Jungang High School yang menjadi set sekolah Ji Eun Tak (Goblin)
berakhir di Samcheong-dong. Lokasi populer yang sering ada di kdrama ^^

Dengan waktu sekitar 2 jam berjalan kaki dan diselingi dengan foto-foto, akhirnya aku berhasil mengeksplor Bukchon Hanok Village dan aku benar-benar puas dan bahagia.

Perjalanan ke Seoul tahun ini semakin menambah wawasanku dan menghilangkan rasa penasaranku akan tempat-tempat menarik yang ada dalam bucket wish-ku. Dan aku masih akan pergi ke sana karena sebenarnya masih banyak tempat menarik lainnya yang belum sempat kueksplor.