Berapa Jumlah Minimal Tabungan untuk Visa Korea?

Salah satu hal penting untuk pengajuan visa Korea Selatan adalah tabungan kita di bank. Tentu saja tabungan punya peranan penting karena gimana caranya kamu bisa bertahan hidup di sana kalau tidak punya tabungan. Mau itu durasi liburanmu di sana singkat (kurang dari seminggu hingga seminggu) ataupun agak lama (lebih dari seminggu hingga 2 minggu), tetap saja syarat rekening koran 3 bulan terakhir WAJIB dimasukkan dalam pengajuan berkas visa Korea. Seiring dengan itu, banyaklah yang bertanya tentang:

BERAPA JUMLAH MINIMAL TABUNGAN UNTUK VISA KOREA?

Sebenarnya Kedutaan Korea sendiri TIDAK memberi patokan minimal berapa untuk tabungan kita agar bisa mendapatkan visa Korea. Tapi sebagai orang yang realistis dengan tujuan HANYA berwisata ke sana, tentunya kamu mau berwisata yang nyaman kan? Kenyamanan itu sudah pasti PERLU duit yang cukup. Jadi berapa minimalnya, saya cukup kasih gambarannya saja berdasarkan 3 biaya inti yang WAJIB kamu penuhi selama kamu berada di sana:

1. Penginapan

kamu bisa mulai mengecek harga-harga penginapan di Korea Selatan terutama di kota Seoul. Biasanya harga yang ditawarkan mulai di kisaran 15.000 krw ke atas. Semakin mahal, maka tipe kamarnya semakin bagus. Perlu diketahui untuk harga penginapan yang murah, biasanya kamarnya berupa tipe dormitory atau asrama dimana dalam 1 kamar, kamu akan bergabung dengan orang lain. Jenis kamar dormitory ini pun ada yang campur (mix dorm) dan juga khusus cewek (female dorm). Sedangkan kalau kamu tipe orang yang tidak bisa berbaur dengan orang lain, kamu bisa menyewa tipe kamar yang lebih privat (single, double, triple, family). Kamu juga bisa menyewa apartemen yang banyak ditawarkan di aplikasi AirBnB. Sedangkan untuk penginapan kamu bisa mencari di beberapa aplikasi seperti agoda.com, booking.com, traveloka, atau beberapa lainnya. Kamu hanya perlu menyimak baik-baik syarat pemesanannya.

Tips memilih penginapan yang oke:

Selain harga murah dan fasilitas yang memadai sesuai kebutuhanmu, paling penting itu pilih penginapan yang jaraknya dekat dari stasiun subway dan halte airport bus.

Rekomendasi lokasi penginapan yang terdekat dari:

  1. Hongik University Station
  2. Myeongdong Station
  3. Chungmuro Station
  4. Dongdaemun Station
  5. Dongdaemun History Culture Park Station
  6. Anguk Station
  7. Jongno 3(sam)-ga Station
  8. Seoul Station
  9. City Hall Station
  10. Jonggak Station

2. Makan

Tak bisa dipungkiri, makan di Korea Selatan terutama di Seoul itu cukup mahal. Untuk sekali makan berat saja, harga yang ditawarkan mulai dari 4000 krw ke atas. Tapi buat kamu yang muslim akan lebih mahal 2 kali lipat di restoran tertentu yang memang menyediakan makanan halal. Ingat ya, itu adalah harga sekali makan.

Sedangkan untuk makanan ringan atau jajanan, harga yang ditawarkan mulai 500 krw, tapi itupun sudah jarang. Saat ini biasanya mulai di kisaran 700 krw ke atas.

Tips hemat makan selama di Korea Selatan:

  • Bawa makanan dari Indonesia, misalnya saja rendang kering, kering kentang, paru rica, atau apapun yang menurutmu tahan lama. Bisa juga bawa mie instan beserta pelengkap-pelengkapnya seperti saos cabe sachetan.
  • Kalau suka makan nasi, kamu juga bisa lho bawa rice cooker mini sekaligus beras yang ditakar 1 – 1,5 cup sehari hanya untuk kamu sendiri. Percayalah ini bisa menghemat bujetmu hingga 50%. Sebagai gambaran, harga nasi instan di Seoul itu 7500 krw untuk 10 cup atau sekitar 3 hari makan. Lebih mahal dibandingkan harga sekarung beras kepala berukuran 5kg di Indonesia yang bisa didapatkan mulai di kisaran Rp. 60.000,-. Untuk durasi 5 hari di sana, kamu hanya perlu membawa sekitar 7 cup saja. Emang sih kedengarannya rempong karena harus bawa rice cooker mini + beras, tapi gak ada salahnya juga dicoba kan? 🙂
  • Jangan merasa rempong untuk menyiapkan bekal sebelum jalan-jalan. Tenang aja, banyak kok tempat untuk makan bekalmu di sana. Kamu bisa nyari tempat duduk atau taman dan silahkan makan bekalmu tapi ingat ya, sampahnya jangan buang sembarangan. Untuk itu sediakan selalu kantong plastik dalam tas untuk antisipasi sekiranya ada sampah makananmu dan kamu belum menemukan tempat sampah.
  • Bukan berarti kamu tak boleh mencoba makanan Korea, bisa kok tapi kalau setiap hari bisa bangkrut juga. Mungkin kamu bisa selang-seling aja.

3. Transportasi

Selama di Seoul, saya selalu menggunakan transportasi publik berupa kereta api bawah tanah (subway) dan sesekali bus. Tarif untuk subway dan bus pun hampir sama, yakni 1250 krw untuk jarak hingga 10km, dan akan bertambah 100 krw untuk penambahan hingga 5km.

Tips hemat transportasi selama di Seoul:

Susun jadwal perjalanan (itinerary) berdasarkan lokasi stasiun kereta dimana lokasi tujuanmu berada. Misalnya hari ini kamu mau main ke Gwanghwamun. Kamu bisa sekaligus memasukkan istana Gyeongbukgung dan Bukchon Hanok Village karena lokasinya berdekatan. Kalau kamu suka jalan kaki, kamu cukup berjalan dari Gyeongbukgung ke Buchon Hanok Village. Maka dari itu kamu harus banyak-banyak googling dan pintar baca peta (map). Tapi jangan khawatir sebab map wisata di Seoul itu sangat jelas. Saya sudah membuktikannya sendiri ^^ Dan ingat, menyusun jadwal perjalanan itu sangat penting karena bisa menghemat waktu dan bujetmu selama disana.

CONTOH PERHITUNGAN:

Biaya penginapan + makan + transportasi (estimasi per hari)

20.000 krw + 20.000 krw + 10.000 krw = 50.000 krw

1 krw = Rp. 13,-

50.000 krw x Rp. 13,- = Rp. 650.000 per hari

Rp. 650.000 x 5 hari = Rp. 3.250.000,-

Dengan jumlah Rp. 3.250.000,- untuk biaya inti, minimal isi tabunganmu Rp. 5 juta dengan syarat kamu sudah punya TIKET PESAWAT PP. Kalau mau aman, Rp. 8 – 10 juta.

LAIN-LAIN

Yang tak kalah pentingnya adalah arus keluar masuknya uang di tabunganmu harus aktif. Banyak lho kasus orang-orang yang ditolak visanya justru mereka yang punya jumlah rekening kebanyakan. Kenapa? mungkin saja sebelumnya isi rekeningnya hanya 2 juta, dan begitu akan mengajukan berkas visa Korea, ia mengisi rekeningnya hingga puluhan juta. Emang sih jumlah tabungan seperti itu pasti akan sangat cukup untuk membiayai kebutuhan hidupnya selama berlibur di sana, tapi percayalah bahwa dana dadakan seperti itu berpotensi untuk membuat aplikasi visamu ditolak alias REJECTED.

So, happy traveling guys! 😉

#DILARANG KERAS MENG-COPY PASTE ISI TULISAN INI, KARENA TULISAN INI SAYA BUAT BERDASARKAN PENGALAMAN SENDIRI. TERIMA KASIH 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s