Pengalaman Membuat Visa Korea Selatan untuk Freelance

Hai, kali ini saya mau sharing pengalaman membuat visa Korea Selatan untuk yang aktivitasnya sebagai freelance.
Freelance dalam artian kamu bekerja sendiri (self-employee) misalnya aja pemilik online or offline shop, blogger, content writer, gabung di MLM seperti NuSkin, Oriflame, dll. Intinya penghasilan yang kamu dapatkan itu berasal atas usahamu sendiri & tidak dinaungi satu instansi pun baik swasta apalagi pemerintah.

Well, tanpa perlu banyak pembahasan saya akan sharing pengalaman saya & teman dalam mendapatkan visa Korea Selatan mulai dari visa single hingga akhirnya kami mendapatkan MULTIPLE VISA untuk kunjungan berikutnya. Ini artinya kami gak perlu lagi ngurus berkas-berkas visa Korea Selatan selama 5 tahun ke depan ini.

SYARAT DOKUMEN VISA KOREA SELATAN (UPDATED)

Ini adalah syarat dokumen untuk pengajuan visa Korea Selatan yang berlaku mulai 1 Maret 2018:

1.Formulir Aplikasi Visa (foto langsung ditempel pada kolom foto) : Isi Formulir dengan lengkap

2.Paspor Asli dan Fotokopi Identitas Paspor (paspor lama jika ada) : Jika sudah pernah mengunjungi Amerika atau Negara OECD lampirkan fotokopi visa Negara tersebut

β€» Selain Visa Negara OECD, tidak perlu melampirkan fotokopi Visa

3.Surat Keterangan Kerja atau Surat Keterangan Mahasiswa (Asli)
– Pelajar/Mahasiswa : Surat Keterangan Mahasiswa/pelajar dalam bahasa Inggris
– Karyawan : Surat Keterangan Kerja dalam bahasa Inggris
– Wiraswasta : Fotokopi SIUP

4.Dokumen Keuangan : Rekening Koran atau Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT) atau Slip Gaji
– Pelajar/Mahasiswa wajib melampirkan Rekening Koran Orang Tua
– Ibu Rumah Tangga ataupun yang tidak bekerja dan tidak memiliki rekening koran pribadi, wajib melampirkan rekening Koran Suami/Istri.

β€» Tiket Pesawat dan reservasi tempat menginap bukan persyaratan dan TIDAK PERLU dilampirkan

β€» Dokumen di atas wajib disusun sesuai urutan dan distreples dengan rapi.

*) sumber: KEDUTAAN KOREA

Jadi, dokumen di atas berlaku untuk pengajuan visa, baik jenis SINGLE & MULTIPLE. Lalu bagi kamu yang pengen ngajuin visa MULTIPLE, ini dia ketentuan-ketentuannya:

*) Sumber: Kedutaan Korea

Saya & teman juga berpegang pada poin no. 3 & Alhamdulillah, kami berdua berhasil mendapatkannya.

Dan ini dia dokumen-dokumen yang kami masukkan saat mengajukan visa Korea Selatan, yaitu visa MULTIPLE untuk kunjungan kami berikutnya di sana:

  1. Form yang sudah dilengkapi pas foto ukuran 4×6 1 lembar + foto tambahan 1 lembar berukuran sama.
  2. Paspor asli + foto copy halaman identitas + foto copy visa Korea Selatan sebelumnya.
  3. Surat pernyataan yang kami buat sendiri sebagai pengganti surat keterangan kerja. Surat ini semacam “curhat” yang menceritakan/menyatakan tentang aktivitas pekerjaanmu sebagai seorang freelance. Jangan lupa bubuhi dengan materai 6000 rupiah & tanda tangan agar lebih menguatkan.
  4. Surat ijin dari orangtua (bagi yang single) & surat ijin dari suami bagi yang telah menikah. Surat ini bisa dilengkapi dengan foto copy buku nikah bagi yang telah menikah. Surat inipun dibubuhi materai 6000 rupiah.
  5. Dokumen keuangan: rekening koran 3 bulan terakhir. Jika kamu punya NPWP, maka kamu bisa menambahkan SPT & bukti lapor pajak di tahun berjalan. Bukti lapor ini bisa didapatkan di kantor pajak sesuai alamat di NPWP & prosesnya pun berlangsung cepat & tanpa dipungut biaya kecuali penghasilan kamu yang lebih dari PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak).
  6. Foto copy Kartu Keluarga (KK) & KTP (walaupun tidak diminta).
  7. Surat keterangan distributor + foto copy kartu member jika kamu adalah pelaku MLM seperti NuSkin, Oriflame, dll.
  8. Foto copy SIUP jika kamu seorang pengusaha/wiraswasta yang memiliki CV, PT, dll.

Proses pengajuan visa Multiple hanya berlangsung 1 hari kerja saja, sedangkan visa Single sekitar 6 hari kerja & terhitung mulai hari berikutnya setelah pengajuan.

Buat teman-teman yang bekerja freelance, jangan ragu untuk mengajukan visa Korea Selatan sebab syaratnya semakin mudah & tidak ada minimal saldo yang ditetapkan oleh pihak kedutaan. Tapi tentu saja kamu harus punya tabungan yang bisa mencukupi kehidupanmu selama berlibur di Korea Selatan.

8 comments

  1. Assalam .. mbak bs cantumkan isi curhatannya sprti apa mbak soal kerjaannya,sy jg freelance dan berniat jln2 ke Korea tp sdkt kendala di pekerjaan Krn TDK punya NPWP..sementara salah satu syaratnya hrs punya itu.Mohon bantuannya .Terimakasih,Wassalam

    Like

  2. Halo kak maaf mau tanya soal npwp itu.. jadi saya ada npwp dari lama tapi pekerjaan saya sekarang tidak dikenakan pajak,jadi untuk laporan tahunan saya cuma pakai SPT 1770SS . Apakah masih bisa ya seperti itu? Atau baiknya saya tetap melampirkan surat keterangan bahwa penghasilan saya tidak dikenakan pajak? Terimakasih

    Like

    • hai….pakai aja spt yg terbaru. Surat keterangan bisa diganti dgn slip gaji 3 bulan terakhir. Disitu bakalan kelihatan kalau gaji kamu tidak masuk dlm kategori kena pajak, so u dont have to worry πŸ˜‰

      Like

  3. hai kak? yang 8 kategori untuk mulitple visa diatas itu, salah satu aja nggak masalah ya kak? aku juga cuma syarat point 3 aja. sedangkan kayak penghasilan tahunan dari SPT nggak nyampe 8000USD pertahun? agak deg-deg an soalnya

    Like

    • yuppp,, syarat di poin 3 pun tak masalah…dan kamu bisa cek lagi di website kedutaan Korea RI kali aja update-an terbaru tentang syarat pengajuan multiple visa saat ini. Semoga membantu πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s